Salah satu hal menarik dan menjadikan Windows 10 Mobile berbeda adalah UI-nya yang khas. Karena dibuat dengan mempertimbangkan fitur Continuum, maka saat kita memutar ponsel Windows 10 Mobile ke arah horizontal, maka akan muncul tampilan unik seakan-akan aplikasi ini dibuka di layar komputer desktop. Ini mirip dengan tampilan di iPhone seri ‘Plus’ atau layar iPad. Layar seolah terbagi dua dengan fungsionalitas tambahan. Pada awalnya ini hanya dilakukan oleh aplikasi milik Microsoft seperti Skype, Outlook Calendar, Weather, Messages, dan sebagainya. Namun beberapa aplikasi lain yang sudah menerbitkan versi UWP akhirnya juga mengikuti langkah ini sehingga menjadikan tampilannya sebenarnya cukup potensial untuk bersaing dengan OS lain.

Apa saja aplikasi yang memanfaatkan tampilan horizontal ala Windows 10 Mobile ini? Kita lihat beberapa di antaranya.

Skype

Tampilan Skype jika perangkat diarahkan horizontal sangat mirip dengan tampilan desktop. Kamu akan mendapatkan dua kolom. Satu kolom menunjukkan akun atau orang yang menghubungi kamu, sedangkan di kolom kanan menampilkan percakapan yang kamu lakukan.

Messaging

Messaging juga memiliki tampilan yang mirip dengan Skype. Kolom kiri menampilkan orang yang mengirim SMS ke kamu, sedangkan kolom kanan menampilkan pesannya.

Outlook Calendar

Memiringkan perangkat akan menjadikan kalender kamu ditampilkan seolah sebuah kalender meja. Skema tampilannya juga intuitif. Dengan mengetuk hari tertentu, maka kamu akan mendapatkan jadwal lengkap yang sudah kamu buat pada hari tersebut.

Settings

Jika kamu memiringkan perangkat, maka Settings akan tampil dalam ikon-ikon besar seakan kamu berada dalam perangkat desktop. Tampilan unik ini memudahkan kamu mencari pengaturan untuk fungsi tertentu.

Masuk ke dalam, maka kamu akan mendapati dua kolom. Kolom kiri menampilkan fungsi utama, sedangkan kolom kanan akan memberikan pengaturan mendetail.

Weather

Meskipun tidak tampil sefungsional aplikasi lainnya, namun Weather kelihatan keren jika kamu memiringkan perangkat. Keterangan cuaca ditampilkan di sebuah layar utama dengan ikon-ikon fungsi mengitarinya, menjadikan kamu lebih mudah membaca laporan cuaca hari ini.

Microsoft Store

Microsoft Store memiliki tampilan unik saat kamu memiringkan perangkat. Nampaknya ini lebih ke upaya mempromosikan aplikasi yang sedang dalam sorotan (highlight) dengan ditampilkannya aplikasi tersebut di sebuah layar utama

Groove

Pemutar musik Microsoft ini memiliki tampilan unik yang cantik saat perangkat dimiringkan. Apalagi didukung fluent design yang memberikan nuansa blur yang cantik. Lebih unik lagi adalah saat kamu menampilkan lagu yang tengah diputar.

Groove akan menampilkan album kecil yang menunjukkan lagu yang sedang diputar, dipadu dengan foto penyanyi sebagai background. Menurut saya Groove adalah pemutar musik dengan tampilan paling cantik jika dibandingkan dengan kedua OS lainnya.

OneDrive

Mungkin tidak seunik aplikasi yang sebelumnya dibahas, akan tetapi jika kamu memiringkan OneDrive, maka folder simpanan kamu akan ditampilkan dalam dua kolom yang cukup manis.


Sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi UWP yang mengikuti langkah Microsoft ini dan memberikan tampilan yang unik pada UI-nya saat kita pasang dalam posisi landscape. Inilah beberapa di antaranya.

Dropbox

Dimotori Rudy Huyn, Dropbox mengikuti tren perkembangan UWP. Mengubah orientasi perangkat ke Landscape menjadikannya tampil dengan empat kolom folder yang rapi, ikon fungsi yang berjajar di sebelah kiri, serta juga ikon tanda plus yang fungsional.

myTube

Disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi terbaik di Windows 10 Mobile, jika kamu membuka myTube dan mengubah orientasi perangkat, maka UI myTube akan tampil unik, di mana kolom kiri menampilkan identitas akun, sedangkan kolom kanan menampilkan deretan video yang siap ditonton. Ini memberikan kesegaran tersendiri.

2Day

2Day merupakan aplikasi to-do list dan project management terbaik Microsoft. Begitu bagusnya sampai developer aplikasi ini ditarik masuk ke tim Microsoft To-Do. Jika kamu mengubah orientasi perangkat ke Landscape maka UI 2Day akan mirip seperti tampilan desktop, lengkap dengan sistem kartu berjajarnya. Sedangkan jika kamu membuka 2Day dengan orientasi portrait, maka proyek yang kamu tuliskan ditampilkan seperti sebuah daftar. Keunikan ini selain cantik juga fungsional untuk digunakan. Belum pernah menggunakan 2Day? Saya menulis beberapa tips tentang 2Day yang dapat kamu manfaatkan di sini.


Jika melihat potensi dari visi Microsoft ini, rasanya memang sayang sekali bahwa OS ini akan segera dihentikan pengembangannya. Kamu punya beberapa wawasan lain terkait landscape UI dari Windows 10 Mobile? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar.

 

Credit to: Steve Litchfield who highlighted this topic

  Akhir dari Notch di Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.