via Fortune

Selepas meninggalkan posisi CEO, pendiri Microsoft, Bill Gates memang dikenal hartawan yang dermawan. Dan baru ini, Bill Gates menyumbangkan hartanya untuk melunasi hutang suatu negara.

Bill Gates melalui yayasan amal yang ia dirikan bersama sang istri, Melinda Gates, Bill and Melinda Gates Foundation akan melunasi hutang Nigeria ke Jepang sebesar USD 76 juta atau sekitar Rp 1,01 Triliun.

Pemerintah Nigeria sendiri meminjam uang ke Jepang pada 2014 lalu. Pinjaman ini memiliki masa tenor 20 tahun, dan sediakan dari dari Overseas Development Assistance (ODA) Pemerintah Jepang.

Uang sebesar itu digunakan untuk memberantas penyakit polio di Nigeria.

Bill Gates sendiri bersedia membayar lunas hutang Nigeria tersebut karena Nigeria berhasil menurunkan bahkan menghilangkan penyakit polio, hingga mencapai lebih dari 80% cakupan vaksinasi setidaknya dalam satu putaran setiap tahun di daerah berisiko sangat tinggi di 80% wilayah pemerintah daerah.

Kini, Nigeria sudah terbebas dari penyakit polio. Tahun 2017 dilalui tanpa kasus Polio apapun.

Meski demikian, Country Director Bill and Melinda Gates Foundation di Nigeria, Paulin Basinga mengatakan Pemerintah Nigeria tetap harus waspada mengingat virus polio belum sepenuhnya hilang.

Nigeria terbilang sukses dalam memberantas penyakit polio. Hanya dalam waktu enam tahun, negara dengan ekonomi terbesar di Afrika ini sudah berhasil menurunkan hingga separuh kasus wabah penyakit polio.

Pemberantasan penyakit polio memang menjadi perhatian khusus dari Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan ini telah sering menyumbang untuk mengupayakan penghilangan penyakit polio.

via The Independent

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.