Home News Precision Touchpad akan Jadi Syarat Minimal di Windows 10

Precision Touchpad akan Jadi Syarat Minimal di Windows 10

Apple TouchpadDalam sejarah touchpad di laptop, dari dulu hingga sekarang, Apple memegang gelar sebagai pemilik touchpad terbaik. Apalagi setelah Apple memperkenalkan teknologi multitouch yang dikombinasikan dengan OS X/macOS, lari Apple semakin tak terbendung. Apalagi, touchpad milik Apple sekarang bisa mendeteksi tekanan dan bisa menge-klik dimana saja. Tak mau kalah, sedikit demi sedikit Windows mulai mengejarnya. Mereka memahami betapa pentingnya touchpad di sebuah laptop.

Pada awalnya, teknologi dari Synaptics menjadi pilihan utama di laptop-laptop berbasis Windows. Namun sejak teknologi multitouch menjamur. Synaptics mulai ditinggalkan. Apalagi sejak Windows 8 diperkenalkan, touchpad bukan sekedar untuk navigasi mouse dan scroll naik turun saja, tapi juga sebagai shortcut berbagai fitur. Terlebih, di Windows 10 fitur seperti membangunkan Cortana, membuka notifikasi, berganti desktop, merotasi foto, zoom, semua bisa diakses dengan gesture sederhana di touchpad. Karena itulah, kenapa saat ini Precision Touchpad sangat diperlukan. Sederhananya, Precision Touchpad adalah, touchpad yang sudah mendukung native multitouch, gesture dan jauh lebih akurat.

windows-10-touch-gestures

Microsoft sendiri akan memasukkan Precision Touchpad pada spesifikasi minimal Windows 10 generasi selanjutnya. Entah setelah Creators Update atau kedepannya. Dengan adanya dukungan Precision Touchpad, kamu bisa merasakan pengalaman Windows 10 yang lebih baik. Pengumuman ini disampaikan oleh Microsoft saat acara WinHEC kemarin. Bisa jadi Microsoft berencana menanamkan fitur baru yang lebih banyak menggunakan gesture kedepannya.

precision

Lantas apakah laptop tanpa Precision Touchpad tidak bisa digunakan lagi? Mungkin masih bisa, bahkan jajaran laptop HP terbaru masih menggunakan teknologi Synaptics. Hanya saja kamu tidak akan merasakan pengalaman maksimal Windows 10. Sekali kamu terbiasa menggunakan gesture, kamu akan merasa ‘ada yang kurang’ ketika kembali memakai Synaptics.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah laptopmu masih menggunakan Synaptic? Atau sudah Precision? Bagikan juga pendapat, pengalamanmu dan ceritamu mengenai touchpad disini yak! :)

 

via Windows Central

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.