Home News Punya Akun MyFitnessPal? Waspada, Akunmu Kemungkinan Diretas

Punya Akun MyFitnessPal? Waspada, Akunmu Kemungkinan Diretas

MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi lintas perangkat yang menyediakan layanannya bagi iOS, Android, dan Windows Phone/Windows 10 Mobile. Jika kamu adalah salah seorang penggunanya, kamu perlu waspada karena kemungkinan besar akunmu sudah diretas!

Jim Finkle dan Nivedita Balu melaporkan dari Reuters sebagai berikut:

Data yang dicuri mencakup nama pengguna, alamat email, dan kata sandi dari aplikasi seluler dan situs web MyFitnessPal. Under Armour, developer MyFitnessPal membuat pernyataan resmi bahwa nomor jaminan sosial, nomor SIM, dan data kartu pembayaran belum dikompromikan.

Ini adalah pembobolan data terbesar yang terjadi selama tahun 2018 (yang baru berjalan empat bulan) ini dan dinilai oleh perusahaan keamanan SecurityScorecard sebagai insiden lima besar pembobolan data sepanjang masa.

Under Armour menyatakan bahwa mereka kini tengah bekerja dengan perusahaan keamanan data dan penegak hukum untuk mencegah hacker tersebut melakukan kerusakan dan pencurian data lebih lanjut.

Berdasarkan berita ini, kamu sepertinya perlu untuk mengubah password kamu sekarang juga jika kamu juga adalah salah satu pengguna aplikasi MyFitnessPal. Kemungkinan besar hacker sudah mencoba untuk mengompromikan data milikmu dan yang diincar adalah informasi keuangan yang kamu gunakan untuk mengakses MyFitnessPal.

Oya, jangan gunakan password yang sudah pernah digunakan. Karena ada kebiasaan dari peretas ini untuk mencoba memasukkan kata sandi milikmu berulang-ulang dengan asumsi bahwa suatu saat kata sandi yang diperolehnya bisa masuk. Jika kamu kesulitan mencatat password yang pernah digunakan, pakailah aplikasi password manager  untuk memudahkan kamu mengelola password milikmu.

Sumber: HowtoGeek, Reuters

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta