Torrent, siapa yang tidak tahu dengan Torrent ini, mengenai pengenalan dan semua hal mengenai Torrent sudah pernah dibahas WinPoin beberapa tahun lalu pada halaman berikut.

Dan kita sendiri tahu, untuk mendownload Torrent membutuhkan sebuah Torrent Client, misalkan saja yang paling umum itu adalah uTorrent, BitTorrent dan Vuze, saya sendiri pernah mencoba ketiga aplikasi tersebut, dan saya rasa cukup bagus juga karena memang berfungsi dengan sangat baik ketika mendownload file Torrent yang kita butuhkan.

Artikel Terkait : Apa itu Torrent? – Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

Dan pada artikel kali ini, saya akan sedikit membahas sebuah aplikasi Torrent Client yang bisa kamu download pada Halaman Microsoft Store, dengan kata lain aplikasi ini adalah UWP atau Universal Windows Apps dan sangat cocok sekali dengan Windows 10, namanya adalah Torrex Pro.

Yap untuk pembaca lama WinPoin mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, terutama bagi mereka pengguna Windows Phone karena memang sudah pernah dibahas @febian lima tahun lalu ketika saat itu aplikasi ini sedang gratis dengan masa terbatas khusus untuk Windows Phone, sayangnya dulu saya masih jarang download Torrent sehingga tidak sempat claim license terlebih sekarang Windows Phone sudah menjadi sebuah sejarah.

Artikel Lama : Aplikasi Torrent untuk Windows Phone — Torrex Pro Kini Gratis Terbatas!

Cara Downloadnya Bagaimana?

Karena Torrex Pro ini adalah aplikasi berbayar, tentunya seperti kebanyakan aplikasi premium lainnya, akan ada masa trial nya, saya sendiri mendapatkan masa trial atau percobaan selama 7 hari dan itu sudah cukup untuk mencoba segala fitur yang ada didalamnya, untuk mendapatkannya kita hanya perlu klik saja ‘Free Trial‘ di halaman Microsoft Store Torrex Pro, selanjutnya akan diikuti proses Download Torrex Pro.

Harga!

Ketika artikel ini pertama kali ditulis 05 Mei 2020, sedang ada Diskon yang cukup menarik, dimana kita mendapatkan potongan harga menjadi 1.99 USD saja dari 9.99 USD, jika masa trial sudah habis mungkin akan saya beli sebelum potongan harga tidak berlaku. (Cara pembelian akan saya buat pada artikel terpisah ya 👌)

System Requirements

Untuk mendownload dan menggunakan Torrex Pro ini, setidaknya kamu sudah harus menggunakan Windows 10 build 18362 atau Windows 10 May 2019 Update.

Fitur Yang Diberikan Apa Saja?

Ada beberapa fitur utama yang diberikan dalam Torrex Pro ini, diantaranya adalah:

  • Flight: Torrex is now much lighter and faster.
  • Mimicry: the design adapts to any type of devices.
  • Invisibility: Torrex works in the background without any problems.
  • Mutation: a built-in player. Watch media content right in the application.
  • Time jump: watch a movie or listen to music while the download is still in progress.
  • Extended vision: improved detection of torrent sources.
  • Speed control: you can limit the speed and total amount of downloaded data.
  • Agility: you can now enable downloads over Wi-Fi only to save mobile traffic.
  • Telepathy: share data remotely using “Share Contract”.
  • Empathy: Torrex speaks over 32 languages and is learning new ones all the time.

Dan selain itu ada juga Technical Features yang juga disertakan dalam halaman Deskripsi Torrex Pro di Microsoft Store. Diantaranya adalah :

  • Simple and intuitive interface.
  • Smart adaptive design.
  • Fully universal application (UWP).
  • Support of the Continuum technology.
  • Background mode support.
  • Ability to play media files immediately after the start of downloading (streaming).
  • Built-in viewer for music, video, images and text files.
  • Plays MKV formatted video files.
  • Configurable content view (tiles, table, tree) and various color themes.
  • Download priority management, filters.
  • Possibility to stop seeding upon completing a download.
  • Possibility to restrict downloads to non-mobile connections only.
  • Possibility to change the download destination.
  • Connection encryption.
  • Download speed control.

Yang Saya Suka Dari Torrex Pro?

Banyak hal yang cukup saya suka dari semua fitur yang diberikan Torrex Pro, namun yang paling saya suka jelas adalah tampilan-nya yang minimalis dan Windows 10 banget, dalam halaman Settings Personalization di Torrex Pro, kita juga bisa memilih Skema Warna yang kita suka, dan bahkan Background Transparency yang bisa kita atur.

Hanya saja nih, saran saya jika kamu ingin menerapkan Skema Warna Dark, sebaiknya pilih yang Dark Knight jangan yang Black, karena nantinya Font dan tulisannya akan sedikit sulit terbaca.

Color Theme Black
Color Theme Dark Knight

Selain dari tampilan, pengaturannya sendiri bisa dibilang cukup lengkap dengan Speed Control, Download Folder Locations, Disk Write Cache dan lainnya.

Settings, dengan Color Theme Default.

Ukuran, Performa dan Kecepatan Download

Ketika proses download tidak membutuhkan lebih dari 30 MB, dan setelah selesai terpasang tidak menggunakan lebih dari 75 MB Storage di SSD sehingga cukup ringan dan tidak memberatkan media penyimpanan.

Selain itu, ketika aplikasi dibuka dan proses download sedang berlangsung, pemakaian RAM sendiri menurut saya tidak terlalu besar dengan hanya RAM Usage sekitar 160 – 170 MB saja (Dua Download Process sedang berjalan).

Lalu kecepatan download nya bagaimana?, terkait poin ini, itu kembali ke kecepatan internet rumah kita masing masing, dan bisa dibilang menurut saya nih jika dibandingkan dengan uTorrent. Torrex Pro memiliki kecepatannya hampir sama dan tampak tidak ada perbedaan, karena memang semua tergantung koneksi internet rumah kita sendiri.

Pengen upgrade speed rumah indie 😢

Pengalaman Pemakaian

Sejak 05 Mei 2020, sampai sekarang 15 Mei 2020 (ketika artikel ini diselesaikan), kurang lebih sudah satu minggu lebih ini saya menggunakan Torrex Pro ini untuk keperluan Download Torrent tentunya, dan selama pemakaian itu pula saya merasa cukup dan ter-puaskan, karena memang kembali lagi pada fitur yang diberikan cukup lengkap, desain yang Windows 10 banget, dan terlebih lagi ini adalah aplikasi Pro alias Premium dengan tanpa ada iklan ganggu didalamnya.

Sekarang sendiri saya sudah membeli lisensi Torrex Pro seharga 1.99 USD, yang artikel pembeliannya sudah bisa kamu lihat pada halaman berikut.

Gambar via : Blog Sayugi

Boleh dibaca : Cara Membeli Aplikasi Premium di Microsoft Store

Kenapa saya membutuhkan aplikasi Torrent Client?, jawabannya tentu saja karena ya kalian bisa tebak sendiri deh. hehehe. Selain itu nih, selain dari Torrex Pro, ada varian lain yaitu Torrext Lite yang mana itu adalah versi Gratis-nya.

Torrex Pro vs Torrex Lite

Berbicara tentang dua varian berbeda dari Torrex ini, versi Litenya sendiri memiliki fitur yang hampir sama persis dengan versi Pro dengan adanya Speed Limit, dan lainnya, hanya saja memang sedikit terbatas dengan tidak dapat berjalan di background ketika proses download, tidak bisa memutar MKV Files, dan tentunya mengandung iklan yang akan muncul ketika aplikasi sedang berjalan.

Torrex Lite

Selain pembelian lifetime, dalam torrex lite tersedia juga pilihan Subscriptions atau langganan untuk mendapatkan semua fitur yang hadir di Torrex Pro tanpa harus membeli Pro Version nya, harganya sendiri bervariasi, mulai dari $1.99 untuk langganan satu bulan, $2.99 untuk langganan per tiga bulan, dan $7.99 untuk langganan per tahun, menurut saya sendiri jika dilihat berdasarkan value per cost, maka membeli versi Pro lebih baik dibandingkan jika harus membeli lisensi langganan-nya karena kita akan mendapatkan license full time tanpa ada batas waktu tertentu.

Namun jika kamu tidak terlalu membutuhkan aplikasi agar berjalan di Background, tidak perlu memutar MKV Files, dan tidak masalah dengan adanya iklan, Torrex Lite sudah sangat cocok dan cukup saya rekomendasikan juga.

Kesimpulan

Sekitar satu minggu lebih ini saya menggunakan Torrex Pro untuk keperluan download file Torrent, saya sendiri merasa cukup nyaman dan puas, bahkan sampai rela mengeluarkan sedikit dana untuk membeli lisensi Pro nya. Selain itu, desain yang minimalis dengan menerapkan fluent design dan transparansi yang menyatu dengan Windows 10 menjadikan aplikasi ini berbeda dengan torrent client lain yang pernah saya gunakan sebelumnya. Terlebih lagi Torrex Pro adalah aplikasi UWP yang bisa didownload dan diupdate dengan sangat mudah secara langsung melalui halaman Microsoft Store.

Dan satu lagi mungkin yang perlu diketahui terkait aplikasi ini, di Microsoft Store sendiri reputasi dan review dari Torrex Pro bisa dibilang cukup bagus dengan mendapatkan bintang lima sebanyak 77% dari 362 Pengguna (17 Mei 2020), sedangkan untuk Torrex Lite mendapatkan 68% bintang lima dari 626 Pengguna.

Jika kamu tertarik untuk mencoba aplikasi ini, kamu bisa mendownload Torrex Pro pada halaman Microsoft Store berikut. Sedangkan jika ingin mencoba versi Torrex Lite, kamu bisa mendownloadnya pada halaman berikut.

Perlu diketahui bahwa artikel ini berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi saya pribadi, silahkan kamu coba untuk merasakan pengalaman menggunakan Torrex Pro ini. Semoga bermanfaat dan jika punya rekomendasi torrent client lain yang lebih bagus, silahkan komen dibawah guys.

  PSSSST….!! Unboxing Mi Smart Band 4C yang Ternyata….. 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.