Home PC Review Windows 10 Cloud: Inilah Tampilan dan Fiturnya

Review Windows 10 Cloud: Inilah Tampilan dan Fiturnya

Belakangan ini tentu kamu tahu, bahwa Microsoft telah menyediakan versi baru dari Windows 10 yaitu Windows 10 Cloud. Tentu yang terbesit di benak kita adalah, apa bedanya versi ‘Cloud’ dengan versi lainnya seperti Home, Professional ataupun Enterprise?.

Review Windows 10 Cloud Inilah Tampilan dan Fiturnya (13)

Melalui artikel ini, saya akan memberikan sedikit Review mengenai Windows 10 versi Cloud ini.

 

Tampilan

Review Windows 10 Cloud Inilah Tampilan dan Fiturnya (1)

Dari segi tampilan, tidak ada perubahan yang mencolok atau mungkin sama saja dengan versi Windows lainnya. Fitur-fitur dasar seperti Start Menu, Action Center, Task View, dll masih bisa digunakan seperti biasa.

 

Tidak bisa menjalankan aplikasi .exe

Seperti yang sudah dikabarkan melalui bocoran gambar dari WindowsBlogItalia, Windows 10 versi Cloud ini memang tidak bisa menjalankan aplikasi executable Win32 (.exe), ketika coba menjalankannya maka akan keluar pop up yang mengatakan bahwa versi Windows tidak bisa menjalankan aplikasi terakit.

Review Windows 10 Cloud Inilah Tampilan dan Fiturnya (4)

Ironisnya, tidak hanya berlaku pada aplikasi pihak ke-3 saja, aplikasi yang native dengan sistem seperti Command Prompt, PowerShell, Regedit, dll juga mengalami hal serupa, meskipun tidak semua karena masih ada beberapa aplikasi desktop yang masih bisa dijalankan seperti Paint, Control Panel, Notepad, dll.

Jika sedikit disimpulkan, Microsoft mungkin bertujuan untuk membatasi pengguna dalam melakukan konfigurasi pada tingkat advanced, jadi hanya diizinkan untuk menjalankan sistem operasi sewajarnya saja (dumd user) tetapi mungkin saja limitations ini akan berubah kedepannya seiring perkembangan Windows 10 Cloud.

 

Hanya bisa menjalan Universal Windows Apps

Seperti pada informasi sebelumnya, versi Cloud ini pada dasarnya hanya bisa menjalankan Aplikasi UWP saja yaitu aplikasi yang bisa berjalan pada Windows 10 PC dan Windows 10 Mobile.

Review Windows 10 Cloud Inilah Tampilan dan Fiturnya (5)

Lalu bagaimana dengan aplikasi Windows Store yang non-UWP?, tentu tidak bisa berjalan pada versi Cloud ini dan akan mengeluarkan pesan error yang sama ketika coba menjalankan file .exe.

Review Windows 10 Cloud Inilah Tampilan dan Fiturnya (2)

 

Bisa Diupgrade ke Versi lain

Review Windows 10 Cloud Inilah Tampilan dan Fiturnya (14)

Meskipun ini merupakan versi Starter, pengguna tetap bisa upgrade ke versi. Dari informasi dari file EditionMatrix.xml, Windows 10 versi Cloud bisa diupgrade ke versi lebih tinggi seperti Professional, tentunya upgrade dengan Product Key Professional.

 

Galery Windows 10 Cloud

Kesimpulan

Dengan beberapa keterbatasannya, Windows 10 versi Cloud ini mirip dengan Windows 7 Starter ataupun Windows 8.1 with Bing yang tentunya Microsoft akan memasang harga yang jauh lebih murah untuk versi ini dibandingkan versi normal.

Dari segi fungsionalitas, bisa dikatakan masih jauh dibawah harapan. TetapiĀ  karena image yang saya dapatkan bukan merupakan versi publik, tentunya kedepannya Microsoft tetap akan melakukan pengembangan agar bisa bersaing dengan kompetitor seperti Chromebook.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.