Home Editorial Benarkah Skype di Windows Phone 8.1 Akan Berhenti Berfungsi Bulan Depan?

Benarkah Skype di Windows Phone 8.1 Akan Berhenti Berfungsi Bulan Depan?

Jika kamu adalah seorang pengguna berat Skype seperti saya, maka mungkin kamu agak cemas mendapati rumor yang beredar bahwa mulai tanggal 1 Maret mendatang, maka Skype akan berhenti bekerja untuk beberapa perangkat lama, termasuk perangkat Windows Phone 8/8.1. Meskipun sudah tidak lagi menggunakan perangkat Windows Phone 8.1 sebagai daily driver, namun rumor tersebut mencemaskan juga bagi saya karena saat ini ponsel backup saya, yaitu Lumia 1020, menggunakan Windows Phone 8.1 dan tentu saja jika Skype berhenti bekerja di perangkat tersebut, maka itu akan berdampak pada flow pekerjaan saya. Oleh karena itu saya berupaya untuk menyelidiki kebenaran rumor tersebut.

Pasang Surut Skype

Skype mungkin layanan video message dan call dengan sistem VoIP pertama. Itulah mengapa begitu banyak individu dan lembaga yang menggunakannya, serta masih relevan hingga sekarang meskipun diterjang oleh gelombang berbagai layanan perpesanan dan telepon video lainnya. Layanan ini dicintai sekaligus dicaci karena terkesan ‘labil’ dalam mengambil keputusan mengenai arah layanan ini di masa depan. Pada tahun 2011, Microsoft membeli Skype, dan tentunya ikut berperan terhadap berbagai perubahan arah Skype dan pengalaman penggunanya di desktop dan perangkat seluler.

Pada tanggal 20 Juli 2016, Skype memposting sebuah pengumuman yang isinya kurang lebih sebagai berikut: “Baru-baru ini, kami berfokus melakukan transisi terhadap Skype dari peer-to-peer ke arsitektur cloud yang lebih modern dan ramah seluler. Dengan berpindah ke Cloud, kami akan dapat secara signifikan meningkatkan berbagai fitur yang ada seperti berbagi file dan pengiriman pesan video, serta meluncurkan berbagai fitur baru, beberapa di antaranya yaitu telepon video grup untuk seluler, Skype Translator, dan Skype Bot.”

Dalam pengumuman tersebut, Skype sekaligus mendorong para pengguna untuk melakukan update ke aplikasi terbaru, dan secara implisit menyarankan agar pengguna melakukan upgrade perangkat jika perangkat yang digunakannya tidak lagi dapat mengikuti perkembangan OS terbaru.

 

Reminder

Pada tanggal 3 Februari 2017 yang lalu, Skype memposting sebuah reminder terkait rencana yang sebenarnya sudah sangat lama, yaitu pernyataan bahwa mulai 1 Maret 2017, Skype akan berhenti berfungsi di perangkat lama.

Kalimat utuhnya adalah sebagai berikut: “Karena kami ingin memberikan pengalaman Skype terbaik kepada pengguna kami, perubahan harus dilakukan. Jadi, mulai tanggal 1 Maret, pengguna yang menjalankan versi lama Skype untuk Windows desktop (7.16 ke bawah) atau Skype untuk Mac (7.0 hingga 7.18) tidak akan lagi dapat masuk. Jika Anda adalah salah seorang pengguna tersebut, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh pembaruan terkini. Untuk informasi selengkapnya tentang perangkat dan OS mana yang saat ini didukung Skype, harap periksa situs dukungan kami.”

Dalam pengumuman di Skype Support, dijelaskan bahwa Skype di Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1 akan terus bekerja (mungkin dengan pembatasan tertentu) hingga awal 2017. Memang untuk tanggal pasti tidak dituliskan oleh Tim Skype, akan tetapi pengumuman terbaru di Blog Skype tersebut bisa jadi merupakan momentum bagi Skype untuk menghentikan layanan bagi Windows Phone 8/8.1 serta tidak lagi mengizinkan pengguna login ke Skype versi lama.

 

Move On

Meskipun dengan air mata berlinang, sepertinya saya harus merelakan Skype di perangkat Windows Phone 8/8.1. Kini saya tinggal mengenang bagaimana dulu saya memilih OS ini – salah satunya adalah karena kecewa oleh pengalaman Skype yang ditawarkan oleh Android – Dan ternyata pilihan saya tidak salah. Windows Phone bagaimanapun juga sangat mendukung saya dalam pekerjaan sehari-hari dan sudah wajar bahwa Microsoft harus memprioritaskan pada pengalaman pengguna di perangkat terbaru jika ingin terus mendapatkan profit. Empat tahun lebih bersama Windows Phone 8 lalu 8.1 sepertinya sudah merupakan perjalanan yang luar biasa.

Harapan saya, dan tentu saja harapan teman-teman pengguna Windows Phone yang kini beralih nama menjadi Windows Mobile 10, tentu saja adalah peningkatan layanan dan pengalaman pengguna pada Skype. Saat ini saya memang dapat mengatakan bahwa Skype di Windows Mobile 10 menawarkan pengalaman terbaik dibandingkan iOS dan Android! Jika kamu adalah pekerja yang secara aktif menggunakan Skype, maka kamu tak akan kecewa menggunakannya. Namun tentu saja yang terbaik, masih dapat disempurnakan, dan itulah yang kita harapkan akan kita saksikan dari Skype di hari mendatang – Untuk menghapus kekecewaan penghentian dukungan dari Skype bagi perangkat lama ini.

Bagaimana pendapatmu tentang rencana dihentikannya layanan Skype untuk perangkat lama, termasuk Windows Phone 8/8.1 bulan depan? Tuangkan unek-unekmu di kolom komentar!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta