Pada Surface Event Oktober 2019 lalu, Microsoft memperkenalkan Surface Pro 7 untuk jajaran perangkat Surface mereka, hanya saja tidak ada hal baru yang dimunculkan pada perangkat itu, kecuali hanya perbaikan dan penggantian processor kecil.

Terkait dengan pengembangan perangkat Surface generasi selanjutnya, ada berbagai laporan yang mengklaim bahwa Microsoft bisa saja memperkenalkan Surface Pro baru yang diredesign. Dan terkait hal itu, terlihat sebuah Patent Applications menunjukan bahwa Panos Panay’s Surface team sedang mengerjakan sebuah perangkat revolusioner lainnya.

Yap, Microsoft telah mengajukan sebuah paten dengan USPTO untuk panel surya terintegrasi pada Surface Pro 8 type cover. Paten awalnya diajukan di akhir 2018 dan telah diterbitkan pada platform publik pada hari Selasa kemarin, namun memang masih belum jelas apakah Microsoft sudah memulai untuk mengerjakan ide ini dalam iterasi masa depan jajaran Surface Pro.

Dalam pengajuan patent tersebut, Microsoft menyoroti Surface Pro-seperti perangkat dengan penutup yang mencakup ‘ Solar Cover ‘ dan juga keyboard yang terintegrasi. Setidaknya empat panel surya melekat pada bagian belakang type cover yang digunakan untuk mengisi daya perangkat dari sumber cahaya seperti matahari.

Sumber : USPTO/Microsoft

Microsoft mengatakan bahwa perangkat ini dapat diisi dari sumber cahaya buatan ketika ditempatkan di dekat panel surya. Dan yang menarik adalah, panel surya untuk Surface Pro dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengisi daya perangkat ketika sedang aktif digunakan oleh pengguna.

“Conversely, a larger number of solar panels can also be used, rather than the four panels shown. The solar panels can be any of a variety of solar panels including monocrystalline solar panels, polycrystalline solar panels, thin-film amorphous silicon solar panels and/or concentrated PV cell solar panels. Other types of solar panels can be used,” deskripsi dalam patent tersebut

Unik memang penemuan yang dipatenkan Microsoft yang merupakan hinged stand yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan sudut panel surya untuk memaksimalkan paparan cahaya. Dengan cara ini, cahaya yang diberikan matahari pada gadget dapat dipanen untuk daya dan mengisi ulang perangkat 2-in-1 ini.

Pada titik ini, masih belum jelas apakah Microsoft memiliki niat untuk meluncurkan Surface Pro atau jenis Cover dengan ide ini didalamnya pada tahun 2020, mengingat ini hanyalah Rumor berdasarkan patent yang diterbitkan.

Nah bagaimana menurutmu? silahkan berikan opinimu dibawah.

Via : Windows Latest

Tentang Patent : USPTO

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.