ilustrasi, images via cnet

Jangan kaget ketika mendengar berapa besarnya kapasitas SSD terbaru besutan Samsung ini. Samsung mengumumkan baru saja memulai proses produksi massal SSD yang berkapasitas 30.72TB!

Disebut sebagai PM1643, SSD 30.72TB besutan Samsung ini langsung menjadi SSD dengan kapasitas terbesar di dunia — mengalahkan versi sebelumnya yang mentok di kapasitas 15.36TB saja.

SSD ini dibuat menggunakan teknologi V-NAND dengan 64-layer, mengkombinasikan 32 NAND flash berkapasitas masing-masing 1TB. Selain memberikan kapasitas 2x lipat dibanding sebelumnya, kecepatan SSD 30TB ini juga 2x lebih kencang dari sebelumnya.

Samsung Mulai Produksi SSD 30TB — Kapasitas SSD Terbesar di Dunia!
images via Samsung

SSD ini memiliki kecepatan random baca tulis mencapai 400000 IOPS dan 50000 IOPS, serta kecepatan sequential baca tulis mencapai 2,1GB/s dan 1,7GB/s. Kecepatan ini hampir 4x lebih cepat dari kecepatan random baca tulis SSD mayoritas saat ini, dan 3x lebih kencang daripada kecepatan sequential baca tulis SSD rata-rata.

Tentu saja SSD berkapasitas raksasa ini tidak ditunukan untuk kalangan konsumer — melainkan untuk kalangan enterprise, termasuk pemerintahan, lembaga finansial, kesehatan, pendidikan, bisnis, retail, komunikasi, sosial media, dsb.

Lagipula kalangan personal tentu bakal kesulitan untuk menebus SSD 30TB Samsung — yang meskipun harganya belum diumumkan, tetapi pastinya bakal sangat mahal. Sebagai informasi SSD Samsung berkapasitas 1TB saja saat ini harganya sekitar 5 jutaan, jadi kalau 30TB ya bisa dikira-kira sendiri lah berapa harganya. ^^

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.