Mungkin sedikit informasi saja bagi kamu yang belum tahu, di system operasi Windows, khususnya Windows 10 dan Windows 11, Microsoft menyertakan sebuah fitur bernama Find my devices yang dapat kamu akses pada halaman Settings > Update & Security > Find my devices.

Fitur ini sama seperti namanya adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk melacak keberadaan perangkat kita seandainya kita kehilangannya, namun seberapa penting fitur ini? apakah benar benar bermanfaat sama seperti fitur Find my device di perangkat ponsel pintar baik iPhone atau Android? mari kita bahas.

Metode Palacakan

Sama seperti metode palacakan yang ada di perangkat smartphone, Find my devices di Windows juga menggunakan IP untuk menentukan lokasi-nya, dan tentu berbeda dengan perangkat Smartphone, kebanyakan Laptop atau perangkat 2 in 1 tidak selalu terkoneksi ke jaringan Internet, kecuali sudah terhubung ke jaringan WiFi atau Ethernet.

Jadi seandainya perangkat hilang, pengguna tidak bisa langsung melacakannya, dan harus menunggu perangkat hilang tersebut terkoneksi ke Internet baik melalui WiFi atau Ethernet.

Jika Hilang Karena Perangkat Dicuri, Apakah Ada Kesempatan Bagi Perangkat Untuk Kembali?

Sayangnya jika perangkat misalkan (dicuri), dan kebetulan perangkat telah diberikan password (untuk login ke Windows), maka tentu hal yang akan dilakukan si pencuri tersebut adalah menghapus seluruh data didalamnya dengan melakukan clean install, dan meskipun misalkan pencuri tersebut gaptek, cukup banyak jasa install ulang yang tersedia dimana mana, bahkan tutorialnya-pun sudah tersebar dimana mana, termasuk di WinPoin sendiri. Sehingga dapat disimpulkan, fitur ini cukup tidak berguna dalam kondisi seandainya laptop atau perangkat Windows tersebut hilang karena dicuri.

Persentase perangkat untuk kembali bahkan dapat dikatakan sangat kecil sekali, dan mungkin perangkat sudah tidak akan kembali, karena bagaimanapun dengan fitur ini, perangkat wajib terkoneksi ke jaringan Internet terlebih dahulu.

Di PC, Bahkan Fitur Ini Tidak Berguna

Menurut saya sendiri, untuk perangkat PC yang notabenenya diam dan tidak bergerak kemana mana, fitur Find My Devices di Windows ini bahkan tidak berguna sekali, karena cukup kecil perangkat PC kita untuk hilang, baik itu dicuri atau pengguna lupa menyimpanannya dimana.

Selain itu, sama seperti kasus pada poin kedua diatas, untuk menentukan lokasi tetap saja PC harus terkoneksi ke jaringan Internet terlebih dahulu.

Microsoft melihat kamu ada dimana…

Find My Devices ini mungkin dapat menjadi fitur bagaikan pedang bermata dua, dimana selain memiliki kelebihan, ada juga kekurangannya, yang mana kekurangan tersebut tentunya adalah masalah privasi, untuk kamu yang paranoid akan telemetry, dan hal apapun yang berkaitan pengambilan data, maka fitur ini tentunya cukup menakutkan juga loh, karena secara langsung Microsoft selaku pemilik dan pengembang system operasi Windows, dapat mengetahui perangkat kita ada dimana, jam berapa dan sedang apa.

Apakah Fitur Ini Saya Aktifkan?

Selama saya menggunakan Windows 10 dan bahkan di Windows 11 saat ini, fitur Find my device ini tidak pernah saya gunakan dan aktifkan, karena menurut saya, baik dengan ada atau tidak adanya fitur ini, itu tidak akan berpengaruh pada keberadaan perangkat yang saya gunakan. Karena sekali lagi saya katakan, bahwa fitur ini hanya bekerja jika perangkat saya terkoneksi ke jaringan internet saja.

Namun tentunya selain hal yang saya sebutkan diatas, fitur ini tentunya sangat keren dan sangat wajib sekali ada, terutama di perangkat Smartphone yang pada umumnya selalu terkoneksi ke jaringan internet, baik melalui WiFi atau jaringan mobile data, dan andaikan Windows 10 Mobile masih ada, fitur ini menjadi salah satu fitur wajib yang tidak pernah boleh mati dan dinonaktifkan.

Di Android dan iOS, fitur yang sama tentunya ada, dan harusnya fitur tersebut sudah aktif secara default, jika tidak, saya sangat merekomendasikan kamu untuk mengaktifkannya, karena perangkat kecil seperti Smartphone lebih rentan untuk hilang dari pengawasan pengguna, baik lupa, atau memang ada orang yang sengaja menyembunyikannya.

Kesimpulan

Jadi, seberapa pentingkan fitur Find My Device di Windows?, menurut saya tidak terlalu penting karena sekali lagi dibutuhkan koneksi Internet untuk mendapatkan lokasi perangkat kita, namun kebalikannya, jika di perangkat Smartphone, baik Android, iOS atau Windows 10 Mobile (Jika masih ada yang pake), fitur ini sangat penting sekali, karena bagaimanapun perangkat Smartphone umumnya selalu terkoneksi ke jaringan Internet via Mobile data.

Yah seperti itu pendapat dan opini saya, jika kamu memiliki pendapat berbeda, jangan sungkan untuk tuliskan pendapatmu dikolom komentar dibawah, dan biarkan kita tahu apakah menurutmu fitur ini sangat penting? terutama di perangkat PC, dan Laptop Windows.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.