Fitur Kamera Windows 10

Kalau kamu pengguna Windows Phone yang hobi bertualang untuk mengambil gambar-gambar indah dengan kameramu yang handal (*Lirik Mayza MyZone), maka Windows 10 Mobile atau Windows 10 yang akan dikhususkan untuk perangkat ponselmu ini layak untuk dinantikan. Bukan hanya bagi perangkat high end dengan fasilitas Carl Zeiss Lens dan Teknologi PureView saja, Microsoft juga menjanjikan peningkatan signifikan pada kemampuan imaging (pengambilan gambar lewat foto dan video) perangkat kelas menengah ke bawah.

Hingga saat ini, sudah banyak bocoran terkait Windows 10 Mobile dan fasilitas apa saja yang dijanjikan oleh Microsoft untuk meningkatkan performa kamera perangkat Windows Phone. Winpoin telah mencatat janji-janji Microsoft tersebut, dan bila ada yang meleset… Mari kita tagih bersama-sama. Hohoho…

 

Kamera Windows 10

1. Digital Video Stabilization

Karena tidak semua perangkat memiliki OIS (Optical Image Stabilization), maka adalah wajar ketika mengambil video, tangan kamu bergetar dan menghasilkan fokus yang kurang jernih atau gambar yang bergoyang memusingkan. Microsoft berupaya mengatasi hal tersebut dengan fitur baru yang dapat mengontrol “jumlah stabilisasi” pada proses perekaman video.

Dokumen yang diterbitkan Microsoft menunjukkan bahwa sistem stabilisasi ini bersifat opsional. Jadi ini dimungkinkan melalui driver yang berada pada OS, yang mana mendukung kapabilitas peningkatan stabilisasi ketika mengambil video dan berapa besar kestabilan yang perlu diterapkan. Jadi konkritnya, akan ada semacam fitur “Peningkatan Stabilisasi Video” yang dapat di ON/OFF pada interface perekaman video nantinya.

 

2. Scene Analysis

Scene Analysis ini akan terpasang secara default pada mode “Auto” kamera, sehingga kamera akan menangkap kondisi pemandangan, menganalisisnya, kemudian menentukan apakah perlu menerapkan skema HDR, Flash on/off, atau mode ultra-lowlight.

Kapabilitas ini tentu saja juga dapat diatur secara manual. Jika kamu memutuskan untuk mengaturnya sendiri, maka kamu bisa memilih apakah ingin menerapkan mode HDR atau Rich Capture (bila kamu memiliki perangkat high end). Namun bila kamu menyerahkannya pada kemampuan “auto” kamera, maka driver yang ditanamkan pada OS Windows 10 akan mengambil alih tugas tersebut untuk kamu.

 

3. Optimasi Hardware

Fitur ini tertanam di driver, cara kerjanya adalah mengenali “perilaku” kamera perangkat. Misalnya, berapa besar resolusinya, seberapa jauh atau dekat kemampuan fokusnya, kemampuannya menerima cahaya rendah, dan sebagainya. Kemudian driver ini akan menetapkan daya, kualitas, dan latensi pada pengaturan, sehingga kemudian dapat mengontrol secara detail sifat kamera. Ini nantinya akan memungkinkan kamera di setiap perangkat bekerja secara optimal.

 

4. Smooth zoom vs Direct zoom

Fitur ini dimanfaatkan pada saat perekaman video. Secara umum, saat kita melakukan perekaman video, maka yang berlaku adalah direct zoom, yaitu perangkat akan berupaya mengenali objek yang ingin kita fokuskan secara bertahap ketika kita melakukan zoom.

Namun, terdapat opsi baru yang memungkinkan kita melakukan zoom secara cepat. Microsoft menambahkan software untuk menjaga agar perangkat tidak lost focus ketika melakukan zoom cepat. Kapabilitas ini yang disebut smooth zoom.

 

Apakah itu saja? Masih banyak lagi! Microsoft menjanjikan bahwa di Windows 10 nanti, Lumia Camera 5.0 menjadi kamera default Windows. Dengan perangkat yang mendukung, maka kamu akan dapat memperoleh kemampuan merekam video 4k dan fitur Rich Capture saat memotret.

Secara singkat, berikut ini fitur kamera baru yang dapat kamu pergunakan di Windows 10, namun tentu saja beberapa di antaranya hanya berlaku untuk hardware tertentu (yang umumnya ada di perangkat high end)

  • 4k video
  • Independent flash control (Ini adalah fitur Rich Capture)
  • Profile (yang dimaksud adalah beberapa profil pemotretan baru yang bergantung situasi)
  • Extended variable Photo sequence (peningkatan pada fitur burst photo)
  • Face detection
  • Variable frame rate
  • Zoom saat merekam video
  • Video HDR
  • Square aspect ratio resolutions

Sangat menggiurkan bukan? Maka dari itu bersabarlah. Windows 10 Mobile akan memberikan pembaruan untuk perangkat kamu, terutama di bidang kamera, yang mana pasti akan semakin memuaskan serta menjadikan kamu makin beda dengan teman-teman pengguna platform lain!

 

  15 Fitur Baru Keren Android P  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.