Seperti Inilah Kecanggihan Windows 9, Lebih Baik atau Lebih Buruk?

Menurut berbagai kabar yang beredar, Windows 9 bakal mengalami perombakan besar dan akan berbeda jauh dari Windows 8.1 saat ini. Seperti yang kita ketahui, di Windows 8.1 ada dua mode yang disertakan yaitu mode Desktop dan mode Modern UI. Di Windows 9 nantinya Microsoft hanya akan menyertakan satu mode utama saja bergantung dari tipe hardware dan device yang kamu miliki.

 

Mode Desktop untuk PC/Desktop/Laptop/Tablet non-ARM (32 atau 64-bit)

Jika device yang kamu gunakan adalah PC/Desktop/Tablet non-ARM, baik itu 32-bit maupun 64-bit, maka Windows 9 akan otomatis menggunakan Mode Desktop secara default. Mode Modern tidak akan ada didalamnya. Semua Modern Apps bakal bisa diinstall dan digunakan langsung melalui mode Desktop. Setiap Modern Apps bisa dijalankan di desktop dalam mode window, sama seperti software desktop lainnya. Aplikasi tersebut juga bisa kamu pin di taskbar maupun di Start Menu (ya..mode desktop bakal menggunakan Start Menu secara default, meskipun memiliki opsi jika kamu ingin menggunakan Start Screen)

 

Mode Modern untuk Tablet/ARM Device

Jika device yang kamu gunakan adalah tablet berbasis ARM maupun ARM device lainnya, maka Windows 9 akan otomatis menggunakan Mode Modern saja tanpa dilengkapi dengan Mode Desktop. Kamu hanya bisa menginstall dan menjalankan Modern Apps dari Windows Store tanpa bisa menginstall software yang dibuat untuk desktop.

Seolah menyadari bahwa kebanyakan software bermanfaat saat ini masih tersedia untuk Mode Desktop saja, Microsoft dikabarkan akan menyediakan berbagai aplikasi alternatif di Windows Store yang fungsinya sama seperti software desktop tersebut. Artinya Windows Store bakal dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi untuk Modern UI yang bermanfaat.

 

Mode Modern dan Mini Desktop untuk Laptop Berbasis ARM

Selain tablet berbasis ARM, Microsoft juga menyediakan SKU khusus untuk laptop berbasis ARM (dan Intel Atom). Dengan device seperti ini, maka Windows 9 hanya bisa menginstall dan menjalankan Modern Apps dari Windows Store, tetapi dilengkapi juga Mini Desktop untuk memudahkan pengguna melakukan navigasi melalui mouse dan keyboard.

 

Kesimpulannya, Windows 9 bakal memiliki mode yang berbeda sesuai dengan jenis, tipe, dan hardware dari device yang kamu gunakan.

Dengan teknologi tersebut, menurut kamu apakah Windows 9 menjadi OS yang lebih baik atau lebih buruk..??

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.