Home Editorial 4 Software Font Manager: Cara Mudah Mengatur Font di Windows

4 Software Font Manager: Cara Mudah Mengatur Font di Windows

Cara Mudah Mengatur Font di Windows

Kamu sering bergelut dengan font? Misalnya kamu seorang web desain, mendesain kaos, membuat quote atau hanya sekedar mengutak-atik theme Windows? Semua itu tentu membutuhkan font yang sempurna agar terlihat indah. Kadang sebuah desain membutuhkan lebih dari satu font, bila font tidak cocok pasti desain akan terlihat buruk.

Sayangnya Windows tidak memiliki software bawaan untuk mengatur font atau menampilkan font yang kamu miliki. Untungnya karena ini Windows si platform yang banyak digunakan orang, kamu bisa mendapatkan semacam software Font Manager secara gratis. Berikut ini WinPoin akan memberikan beberapa software font manager gratis untuk mengatur font di Windows.

 

Kenapa Menggunakan Font Manager??

Dengan menggunakan font manager akan memudahkan kamu dalam memilih font, terutama jika kamu bekerja sebagai web desainer, grafik desainer, video editor dan sebagainya. Membutuhkan waktu lama untuk menginstall font atau hanya sekedar melihat font yang ingin kamu gunakan. Windows sebenarnya menyediakan font manager dan juga font viewer, tapi itu terletak di dalam system. Kadang juga dengan banyaknya font yang terinstall akan menyebabkan komputer menjadi lambat saat booting. Jadi apakah dengan font manager bisa mengurangi masalah itu??

 

Cara Mudah Mengatur Font di Windows

 

Keuntungan Menggunakan Font Manager

Seperti yang sudah WinPoin sebutkan di atas, dengan banyaknya font yang terinstall maka komputer akan lemot saat booting. Dengan menggunakan font manager kamu bisa menyelesaikan masalah itu. Tapi tidak semua font manager bisa mengatasinya, hanya ada beberapa saja. Selain dapat mengatasi masalah lemot saat booting, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari font manager.

  • Memudahkan – Kamu dapat dengan mudah menginstall font tanpa harus ke folder sistem.
  • Melindungi – Ketika kamu mencoba menghapus font tanpa disengaja maka ini tidak akan terjadi.
  • Mengatur – Tergantung dari font manager, kamu mungkin bisa menyimpan font di dua folder berbeda untuk mempertahankan beberapa pengaturan.
  • Dynamic loading dari font untuk mengurangi penggunaan sistem resource – Tergantung dari font manager, beberapa mungkin melakukan load dan tidak melakukan load ketika startup.

 

Cara Mengatur Font di Windows

Default Font Manager Windows

Cara Mudah Mengatur Font di Windows

Normalnya kamu bisa mengatur font di Windows di folder C:\Windows\Fonts, darisana kamu bisa menginstall, menghapus dan melihat font. Pada Windows 7 kamu bisa menginstall font dengan cepat dengan mengklik kanan font dan pilih Install, kemudian sistem akan menyelesaikan semuanya. Pada kasus ini beberapa orang menganggapnya tidak praktis.

 

Nexus Font

Cara Mudah Mengatur Font di Windows

Software ini bekerja dengan proses yang unik. Selain menginstall font ke sistem, kamu juga dapat menginstall font ke software NexusFont. Jadi ketika NexusFont dibuka maka semua font bisa digunakan. Ini membuat resource memory lebih hemat, selain itu kamu juga tidak perlu menginstall NexusFont karena software ini memiliki versi portable. Dengan begini semakin memudahkan kamu untuk memilih font, tidak peduli di komputer mana kamu bekerja.

 

AMP Font Viewer

Cara Mudah Mengatur Font di Windows

AMP Font Viewer memiliki banya fitur yang sangat berguna dan ini bisa kamu download secara gratis. Salah satu fitur yang keren adalah font dipisahkan dalam dua kelompok: Diinstall dan Tidak diinstall. Font yang tidak diinstall hanya akan ditampilkan, kamu bisa melihat secara spesifik bentuk font atau kamu bisa menggunakan font untuk sementara waktu. Font dapat diberi tag dan kategori sehingga memudahkan kamu dalam mengaturnya. Selain itu software ini juga mendukung font TrueType dan OpenType.

 

Font Frenzy

Cara Mudah Mengatur Font di Windows

Software font manager keren ini dilengkapi dengan empat tool yang sangat berguna buat kamu. FrenzyMan memungkinkan kamu menambah dan menginstall satu atau banyak font sekaligus. Defrenzy dapat menghapus semua font kecuali font yang terinstall di sistem. FrenzySnap dapat membackup font dari folder font dan yang terakhir adalah Refrenzy dapat melakukan restore font yang telah kamu backup oleh FreznySnap.

 

Font Runner

Cara Mudah Mengatur Font di Windows

Jika software font manager di atas kurang memuaskan kamu, software terakhir ini WinPoin harap bisa memuaskan kamu. Font Runner adalah software font manager dengan tampilan sederhana dengan berbagai fitur bermanfaat. Font Projects memungkinkan kamu untuk membuat font grup untuk projek tertentu tanpa harus memindahkan atau menginstallnya lagi. Kamu juga bisa melihat font dengan mudah menggunakan contoh kalimat dan dapat kamu bandingkan dengan font lain, ditambah pengaturan style dan warna. Font Runner juga dapat mencetak semua variasi font yang kamu inginkan.

 

Dengan software-software di atas, mengatur font di Windows sekarang lebih mudah dan cepat. Software font manager manakah yang menjadi favorit kamu dari pilihan di atas? Atau kamu memiliki software font manager lain yang lebih keren dengan fitur lengkap? Kamu bisa menjawabnya melalui kolom komentar di bawah ini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • wahh keren nih software, yup pastinya sangat cocok buatku
    dengan menngunakan Font Frenzy

    sudah bagus + juga dengan fiturnya

    • Febian

      hhoho…manteb dah sob :D

    • kalo aku lebih suka Nexus Font om, gak perlu install font di sistem :D

  • Rasshid

    Bitstream aja lah :D Default keinstall habis instal Corel :v

  • mantab ni gan software2nya…. tapi itu software bisa gak gan untuk membuat font??

    read more

    jasa buat website

  • Rudy R

    kayaknya paling enak kalo diliat tampilannya amp

  • Kalau aku biasanya pergi ke wesite font terus download dan install, gitu sih :o

  • Candra Fold

    Om buat wp ada ngal

  • kalau aku mending pakai nexus font aja,karena portable sehingga mudah dibawa kemana-mana :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    masih terbiasa dengan Bitstream Font Navigator .. sayang itu cuma ada di corel suite versi x4 keatas..

  • Labib Muhammad

    Default, udah kebiasaan. Oleh karena itu, aku nginstall font cuma sebulan sekali, tapi langsung puluhan :v