Home Editorial 20 Fakta Sejarah Penting Microsoft Office yang Sebaiknya Kamu Ketahui

20 Fakta Sejarah Penting Microsoft Office yang Sebaiknya Kamu Ketahui

20 Fakta Sejarah Penting Microsoft Office yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Seperti yang kamu tahu, Microsoft Office telah menjadi aplikasi yang populer dan besar, memproses jutaan data tiap harinya dan hadir di hampir setiap kantor yang ada. Dunia telah berubah sejak teknologi mulai berkembang, dari mulai presentasi, mengolah kata dan menghitung angka.

Hari ini, dunia tanpa software tersebut akan sulit kita bayangkan. Bayangkan jika tidak ada komputer, kita harus mengetik dengan mesin ketik atau menulisnya dengan tangan. Kalau kamu salah maka kamu harus mengulanginya lagi. Ketika komputer dan software ini muncul, kamu bisa mengetik dengan mudah dan menghapusnya jika salah tanpa harus mengulanginya lagi. Tapi apakah kamu tahu bagaimana Office terbentuk? Berikut ini adalah 20 fakta sejarah penting dari Microsoft Office yang sebaiknya kamu ketahui.

 

Permulaan

1# – Aplikasi Microsoft Office yang Pertama Adalah Excel

Tahu kah kamu kalau aplikasi Office yang pertama adalah Excel, dirilis dengan nama Multiplan pada tahun 1982. Kemudian Microsoft mengubah namanya menjadi Excel saat merilisnya untuk Macintosh tahun 1985.

2# – Tidak Pernah Ada Excel versi 1.0 untuk DOS atau Windows

Sejak Excel dirilis untuk Macintosh, perilisan pertama untuk Windows adalah pada tahun 1987 tapi saat itu Excel sudah versi 2.0.

3# – Untuk Alasan Kompatibilitas Lotus 1-2-3, Microsoft Salah Mengatur Tahun 1900, 2100 dan 2200 Sebagai Tahun Kabisat

Keputusan tersebut telah menghantui mereka setelah tahun 2000. Masalah ini telah diperbaiki untuk kedua kalinya, tapi karena mengutamakan kompatibilitas dengan sistem operasi lain. Dan tidak bisa diperbaiki pada tahun 1900.

4# – Excel Mengambil Peran Besar di Microsoft untuk Pembuatan Software PC

Software Lotus 1-2-3, begitulah software ini disebut karena dibuat untuk perhitungan spreadsheet, fungsi data base, dan grafik diagram yang dirilis pada tahun 1983. Melengserkan kedudukan aplikasi VisiCalc yang dirilis oleh Appe dan menjadikannya sebagai software spreadsheet standar pada tahun 1980an. Ketika Lotus berjuang dengan 1-2-3 untuk Windows, Office ketinggalan jauh dan baru muncul pada tahun 1990an.

Ketika Excel versi 4.0 yang dirilis pada tahun 1992, Pada saat Paskah ia menunjukan logo Excel mengejar anga 1,2, dan 3, yang menjuru pada Lotus 1-2-3.

5# – PowerPoint Sebenarnya Bernama Presenter

Awalnya dikembangkan oleh Forethought Inc, Presenter untuk Macintosh harus diganti namanya karena masalah paten nama. Pada tahun 1987 menjadi PowerPoint dan tak lama kemudian setelah Microsoft membeli produk itu dengan harga $14 Juta.

6# – Produk Pertama Email Microsoft Tersedia untuk AppleTalk Network Tahun 1988

Awal mulanya didasari dengan InterMail dan muncul kembali di pasar sebagai Quarterdect Mail dan Start Nine Mail setelah Microsoft menjualnya.

 

Office Suite Telah Lahir

7# – Office Package Pertama Debutnya Dimulai untuk Mac OS di Tahun 1989

Sebelum bundle dalam Office suite, berbagai aplikasi tersedia secara individu. Package Office untuk pertama kalinya yang berisi Word 4.0, Excel 2.2, PowerPoint 2.01 dan Mail 1.37 dijual untuk Mac OS pada 1 Agustus 1989.

8# – Microsoft Office untuk Windows Dirilis Oktober 1990

Ketika Office bundle sudah mulai dijual untuk Mac OS, Windows masih terlambat untuk mendapatkannya. Ketika datang ke Windows, Microsoft Office berisi dengan Word 1.1 Excel 2.0, dan PowerPoint 2.0.

9# – Program Email Pertama Kali Dimasukan di Microsoft Office 3.0

Setelah membuang aplikasi email pertama untuk Mac, Microsoft rupanya berusaha untuk kedua kalinya yang dikembangkan dengan nama Windows Mail. Hal ini dibuat berdasarkan Network Courier. Pertama kali dirilis pada tahun 1991, yang kemudian digantikan dengan Outlook.

10# – Office 3.0 Professional Edition, Dimana Biasa Disebut Office 92, Memperlihatkan Access untuk Pertama Kalinya

Software database terpopuler, tumbuh bersamaan dengan produk lainnya. Diantara proses untuk mendapatkan lisensi penjualan R:Base di pertengahan tahun 1980an dan mulai mengembahkan solusi untuk dirinya sendiri, dengan codename Omega dan Cirrus, Microsoft membutuhkan setengah dekade untuk akhirnya merilis Access pada tahun 1992.

11# – Acess Tidak Pernah Dirilis untuk Mac

12# – Fitur Word AutoCorrect dan AutoFormat pertama kali muncul di versi 6.0 yang dirilis pada tahun 1993

13# – Word 6.0 adalah versi terakhir untuk MS-DOS

 

Office Sudah Populer

14# – Dengan Dirilisnya Microsoft Office 95, Semua Item Office Menjadi versi 7.0

Kecuali Word, semua aplikasi bundle telah melewatkan nomor versi yang seharusnya. Dengan versi ini, Office juga beralih ke 32-bit.

15# – Tim Microsoft Office Bekerja dengan Timex untuk Merilis Smartwatch Tahun 1994

Timex Datalink telah mengembangkan wearable alternatif untuk PDA. Ini semacam device yang bisa mendownload nomor ponsel dari komputer. Data dikirim melalui cahaya yang dipancarkan monitor CRT komputer. Metode ini bekerja dengan Schedule Plus, sebuah software time management yang ada di Microsoft Office 95 dan 98.

User bisa memilih beberapa asisten, termasuk The Genius atau karikatur Albert Einstein. Genius telah dihapus di Office XP. Office asisten telah pensium sejak dari Office 2003 untuk Windows dan Office untuk Mac 2004, meskipun Clippy dibuat kembali di Office Online untuk April Fool tahun ini.

 

Office Ketika Mengalami Waktu Sulit

17# – Virus Melissa, yang populer tahun 1999

Virus makro yang tidak berbahaya ini telah menyebabkan kerugian sebesar $80 Juta. Virus ini menyebar sebagai email attachment dan ketika dibuka di Word 97 atau Word 2000, dia akan mengirim sendiri 50 kontak Microsoft Outlook. Ini memang tidak merusak file, tetapi karena semakin banyak akun yang terinfeksi, email server dimatikan. Dale L. Smith, si pembuat virus, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara, dia telah menjalaninya selama 20 bulan dan membayar denda $5000.

18. Ketika mereka menyadari ada permasalahan Y2K (Year 2000), Microsoft menjadikan Microsoft Word 5.5 secara gratis

 

Office Memasuki Era Modern

19# – Pada tahun 2001 Microsoft memperkenalkan kolaborasi berdasarkan Cloud dengan merilis SharePoint Portal Sever 2001

20# – OneNote Ikut Bergabung dengan Office Suite 2003

Seiring dengan datangnya InfoPath yang juga dihentikan pada tahun 2013, Microsoft Picture Manager juga dihentikan pada tahun 2011. Sementara itu, OneNote telah menjadi aplikasi note yang populer. Sejak tahun 2014 OnteNote tersedia gratis secara cross platform.

 

Office Masa Kini

Dengan itu kita telah melihat pencapaian Microsoft untuk Office Suite. Meskipun Office memiliki banyak pesaing, tapi akan sulit untuk melengserkan kedudukannya dari pasar desktop atau mobile. Selain itu sekarang Office Suite juga memasuki era Cloud, yang akan sangat cocok untuk masa depan. Bahkan perkembangan yang paling hot, Microsoft Office kini bisa berjalan di semua platform mobile (Android, iOS, dan Windows Phone) dengan fitur penuh yang mendukung produktivitas mobile.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Adnan Zaki

    Waaa mantap.. Panjang jg ya sejarahnya, gue taunya cm make doang x_x

  • Jangan biarkan teman mu kudet atau kuper :v

  • 33 Tahun Perjalanan Microsoft office memang menarik untuk ditelusuri :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Clippy.. animasinya keren… jadi keingat Office 2003 di Windows XP….

    • Labib Muhammad

      Bahkan lebih baik dari pada naga Indosiar :p

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        tipi ikan.. lagi diomongin