Home News Sunway TaihuLight Buatan China Kini Menjadi Super Komputer Tercepat di Dunia

Sunway TaihuLight Buatan China Kini Menjadi Super Komputer Tercepat di Dunia

Sunway TaihuLight Buatan China Kini Menjadi Super Komputer Tercepat di Dunia

Murni buatan China dengan hardware dan komponen yang juga buatan sendiri, Sunway TaihuLight kini berada di deretan teratas sebagai super komputer tercepat di dunia.

Sunway TaihuLight mengalahkan kakak tuanya, Tianhe-2 yang berada di urutan kedua. Sedangkan super komputer jagoan US, Titan, hanya mampu berada di posisi ketiga.

Kemenangan Sunway TaihuLight bukanlah tanpa alasan. Super komputer ini memiliki 10.649.600 computing core di 40.960 node, membuatnya mampu berjalan 2x lebih cepat dan 3x lebih efisien dibanding dengan Tianhe-2.

Performanya mencapai 93.014,6 Tflop/s dengan peak tertinggi hingga 125.435,9 Tflop/s. Dibawah load HPL benchmark, Sunway TaihuLight mengkonsumsi energi hingga 15.37 MW atau sekitar 6 Gflop/Watt.

Selain dua super komputer nya menjadi yang tercepat di urutan satu dan dua, China juga menjadi negara dengan jumlah super komputer paling banyak yang masuk di 500 besar tercepat. Tercatat China memiliki 167 sistem super komputer dan US berada di posisi kedua dengan 165 saja.

Mungkinkah Indonesia suatu saat nanti juga bisa seperti China dan memiliki super komputer yang mampu bersaing di top 5 tercepat dunia?

Bagikan pendapat kamu disini.

via top500

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.