Rumor: Prototipe Surface Phone Sudah Siap, Bakal Dirilis Tahun Ini

Sudah lama memang beredar rumor mengenai ‘Surface Phone’ yang bahkan sudah kita dengar sejak era Windows Phone masih didukung oleh Microsoft. Setelah Microsoft keluar dari pasar mobile, rumor ini masih belum kunjung akan surut, karena muncul rumor bahwa Microsoft akan merilis Microsoft Surface lipat yang bisa menjalankan aplikasi Android.

Kali ini kabar tersebut berhembus dari kantor berita Forbes yang mana mewawancarai IHS Markit, lembaga analis dari Inggris. Lembaga ini mengungkapkan bahwa mereka memiliki info bahwa Panos Panay sedang berjuang mengembangkan perangkat lipat Surface yang mana akan dirilis pada paruh awal 2020 mendatang. Yang lebih bombastis lagi, perangkat ini dikatakan akan kompatibel dengan Android!

Bagaimana ini bisa terjadi? IHS Markit menjabarkan bahwa perangkat lipat Microsoft Surface ini akan menggunakan OS Windows 10 baru yang unik, sehingga sesuai untuk foldable device ala Microsoft tersebut. Perangkat ini didukung oleh processor 10nm Lakefield SoC (System on a chip) yang diproduksi oleh Intel.

Nah, skema ini memungkinkan Microsoft menjalankan Windows Core OS, yaitu sistem operasi khusus untuk Microsoft Surface foldable yang memiliki dukungan khusus untuk layar ganda dan nantinya akan bisa menjalankan aplikasi Android dan iCloud, kemungkinan dengan trik emulator.

Secara fisik, Surface foldable ini akan memiliki layar 9 inci, lebih kecil dari Surface Go saat ini dengan rasio aspek 4:3. Informasi IHS Markit ini terdengar meyakinkan karena memang Microsoft memiliki paten dengan gambaran yang mirip seperti yang diungkap oleh lembaga analis ini. Bahkan IHS Markit berani menyebutkan kode internal perangkat ini adalah Centaurus. Jika mengacu pada sosok Centaur yang separuh manusia dan separuh kuda, maka bisa dibayangkan bahwa perangkat ini mungkin akan berwujud separuh ponsel dan separuh PC.

Apakah rumor ini akan terbukti? Kita nantikan saja kabar selanjutnya nanti.

Sumber: Techradar

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.