Windows 10 selalu dipromosikan sebagai ‘OS terakhir’ Microsoft. Artinya, kita akan terus menggunakan Windows 10 dan hanya perlu untuk melanjutkan upgrade dan pengembangan lainnya untuk mempertahankan satu ekosistem yang konsisten. Namun sebuah bocoran dari Synaptics perusahaan yang biasa kita kenal sebagai pembuat driver dan sistem navigasi laptop dan smartphone, bisa jadi memupuskan klaim tersebut.

Synaptics dan AMD, dalam sebuah rilisan pers, mengungkap adanya sistem operasi “generasi mendatang” dari Microsoft, yang akan diamankan dengan sistem biometrik canggih.

Rilisan pers tersebut berjudul “Synaptics, AMD Collaborate on Enterprise-Grade Biometric PC Security for Next-Generation Microsoft Operating System” (Synaptics, AMD Berkolaborasi untuk Keamanan PC Biometrik Tingkat Enterprise untuk Sistem Operasi Microsoft Generasi Mendatang), tentu saja menyiratkan adanya sebuah operating system baru yang akan dihadirkan oleh Microsoft. Dari pengumuman tersebut, Nampak adanya kerjasama untuk memproduksi sebuah autentikasi biometrik (sidik jari) untuk kalangan enterprise dan konsumen PC berdasarkan platform mobile AMD Ryzen™ dan OS generasi mendatang milik Microsoft.”  Rilisan tersebut juga menyatakan:

Kolaborasi ini menghadirkan tingkat keamanan baru untuk laptop berbasis AMD dengan memanfaatkan teknologi unik sensor sidik jari FS7600 Match-in-Sensor™ milik Synaptics, dipadukan dengan processor AMD Ryzen Mobile yang canggih serta OS Microsoft yang akan diamankan secara biometrik, termasuk Windows Hello.

Meskipun processor yang akan dirilis oleh AMD tersebut memiliki kode ‘Mobile’, namun AMD mengonfirmasi bahwa ini tetap merupakan komponen laptop, jadi bukan perangkat mobile dalam artian seluler.

Memang rilis pers ini belum memberikan petunjuk lainnya, namun dengan melihat fokus Microsoft pada enterprise, memang sepertinya ini merupakan bentuk Windows 10 lain yang dirancang lebih aman dibandingkan Windows 10 S (yang konon merupakan versi Windows paling aman).

Kamu bisa melihat di sini untuk mengetahui rilis pers selengkapnya.

 

 

Sumber: MSPoweruser

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.