via Microsoft News

Pasar pendidikan kini memang sedang menjadi rebutan para raksasa. Apple merilis iPad 9.7 inci dengan harga yang bersahabat bagi pelajar (mulai USD 329), Google terus membombardir pasar pendidikan dengan Chromebook yang dapat dibeli mulai harga USD 200, sementara Microsoft, selain meluncurkan berbagai inisiatif pendidikan, juga meluncurkan Surface Go yang dapat dibeli mulai harga USD 399. Beruntung karena memang sudah ‘menancapkan kuku’ lebih lama di dunia pendidikan, serta tertolong oleh banyaknya perangkat Windows low end yang digunakan di bidang pendidikan, Microsoft mendapati peningkatan pangsa pasar Windows yang semakin solid!

FutureSource, sebuah lembaga konsumen baru saja merilis laporan terbaru berkaitan dengan pengiriman PC di pasar pendidikan, dan laporan ini menunjukkan bahwa Microsoft terus-menerus ‘menunggangi’ momentum.

Secara keseluruhan, pertumbuhan PC dari tahun ke tahun tumbuh di kuartal kedua ini sebesar 4,6 persen. Secara nyata, ada pertumbuhan 6,5 juta unit. Meskipun Chromebooks menunjukkan peningkatan yang signifikan, namun perangkat low end Windows berhasil menumbuhkan pangsa pasar secara keseluruhan di dunia pendidikan sebesar 11%.

Microsoft, khususnya telah bekerja keras untuk menutup gap harga antara windows dan Chromebook dengan mendukung perangkat-perangkat dari mitra platform Windows, utamanya dengan penjualan yang dimulai USD 189. Secara global, pangsa pasar perangkat Windows dengan harga di bawah USD 300 tumbuh sebesar 11% di kuartal kedua 2018 dengan pengiriman perangkat Windows di kategori ini tumbuh sebesar 75%.

Sebenarnya ini tidak begitu mengejutkan karena hasil dari kuartal pertama yang lalu juga cukup memuaskan, yaitu pertumbuhan 62,2% pangsa pasar perangkat, utamanya yang dikirimkan ke luar AS. Ini merupakan peningkatan sebesar 61,7% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pertumbuhan ini juga jauh lebih tinggi dibandingkan akuisisi pangsa pasar Chrome yang peningkatannya ‘hanya’ 9,2%. Meskipun demikian, di Amerika Serikat, Chromebook sudah unggul dengan posisi yang nyaman, yaitu menguasai 58% pasar. Windows sendiri hanya berhasil menguasai 20,4% pasar. Namun dengan tingkat pertumbuhan yang masif tersebut, Google sewajarnya mulai khawatir.

Microsoft sendiri menyatakan bahwa peningkatan ini sebagian besar adalah karena fokus Microsoft pada pasar pendidikan, bukan hanya dalam hal perangkat, tetapi juga berbagai inisiatif pendidikan yang diprakarsai oleh Microsoft. Bill Gates sendiri adalah orang yang meyakini bahwa pendidikan adalah ‘penyelamat dunia’. Orang terkaya nomor dua di dunia ini seringkali mengungkapkan pemikiran-pemikirannya mengenai pendidikan melalui twit-twit atau kehadirannya di talk show. 

Meskipun Google memang menguasai pasar Amerika melalui Chromebook, namun di tingkat global, Microsoft masih unggul jauh di pangsa pendidikan dengan 66,5% melawan 14,4% Chrome OS.

 

Sumber: WindowsCentral

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.