Tingkat Pembajakan Software di Indonesia Mencapai 86 Persen dan Menempati Urutan Ke-7 di Dunia

Jika berbicara mengenai software di Indonesia, pasti tidak lepas dari pembicaraan mengenai pembajakan. Berdasarkan data yang berhasil WinPoin kumpulkan, tingkat pembajakan software di Indonesia mencapai 86 persen! Besarnya tingkat pembajakan tersebut menempatkan Indonesia di urutan ke-7 sebagai negara pembajak software terbesar di dunia.

Berikut ini adalah daftar urutan Negara dengan tingkat pembajakan tertinggi di dunia

1. Zimbabwe : 92%
2. Georgia : 91%
3. Bangladesh : 90%
3. Moldova : 90%
4. Yemen : 89%
5. Armenia : 88%
5. Venezuela : 88%
6. Azerbaijan : 87%
6. Belarusia : 87%
7. Indonesia : 86%
7. Pakistan : 86%

Ini bukanlah prestasi yang patut dibanggakan, tetapi bukan juga masalah yang mudah untuk diselesaikan. Pembajakan sudah melekat erat di kalangan pengguna komputer Indonesia. Harga software yang mahal, cara pembayaran yang rumit, dan lemahnya tingkat ekonomi menjadi penyebab utama kenapa seseorang lebih memilih menggunakan software bajakan daripada original.

Di pembahasan berikutnya WinPoin akan menganalisa apa saja yang menjadi penyebab dari tingginya tingkat pembajakan software di Indonesia, sekaligus mencari solusi bagaimana untuk menurunkan tingkat pembajakan tersebut. Stay Tuned! ;)

Data diambil dan diolah dari Global Study BSA

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.