Biasanya banya diantara kamu yang menggunakan software seperti system tools dan optimasi software untuk membuat komputer kamu berjalan dengan cepat. Tahukah kamu kalau sebagian besar software seperti itu hanyalah software sampah dengan berbagai iklan di dalamnya? Sebenarnya kamu tidak terlalu membutuhkan software seperti ini.

Menggunakan software seperti sistem tools hanya membuat komputer kamu semakin lemot, membuang-buang waktumu, dan membuat hidup kamu semakin rumit. Berikut ini software atau tools yang biasanya kamu gunakan dan sebenarnya tidak berguna, hanya beberapa saja yang berguna.

 

1# – Registry Cleaner

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Kamu sebenarnya tidak perlu membersihkan registry. Beberapa kasus bahwa registry cleaner memang bisa memperbaiki masalah, tetapi hanya beberapa saja. Perusahaan Registry Cleaner menjanjikan bahwa software mereka mampu memperbaiki masalah dan mempercepat komputer kamu, tetapi itu tidak akan terjadi. Mitos kalau kamu mempercayai bahwa membersihkan registry dapat mempercepat komputer. Registry adalah sebuah database yang besar, dan membersihkan beberapa ribu entri tidak akan mempercepat komputer kamu. Jika kamu ingin menggunakan registry cleanner, gunakan saja CCleaner dan jangan pernah beli software sejenisnya.

 

2# – PC Cleaner

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

PC Cleaner adalah software tidak menguntungkan lainnya, seperti registry cleaner. Kebanyakan dari software PC Cleaner adalah scam, mereka hanya banyak menambahkan iklan di komputer kamu. Ini sangat menjengkelkan, apalagi jika software PC Cleaner tersebut sulit di-uninstall, ditambah lagi software tersebut masih meninggalkan iklan. Jika kamu ingin menggunakan PC Cleaner, lebih baik kamu menggunakan CCleaner yang gratis dan berguna.

 

3# – Memory Optimizer

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Windows sebenarnya tidak membutuhkan software memory optimizer atau booster. Mungkin jika kamu menggunakan Windows 95 dengan teknologi hardware yang masih minim, software memory optimizer atau memory booster akan kamu butuhkan. Tetapi sekarang itu tidak diperlukan, teknologi memory sekarang lebih besar dan hanya membuat komputer kamu lemot, komputer kamu akan menghapus file cache yang berguna. Jika kamu ingin RAM memory longgar, kamu hanya perlu mengeluarkan software atau window tidak perlu software memory optimizer.

 

4# – Driver Cleaner

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Beberapa saat yang lalu, driver cleaner adalah software yang berguna tetapi tidak lagi. Kamu tidak perlu membersihkan driver, jadi lupakan untuk menggunakan atau bahkan membeli software driver cleaner. Jangan coba-coba kamu melakukan update driver, selain hal yang dilakukan Windows update. Karena jika terjadi kesalahan update driver maka akan membuat komputer kamu BSOD. Satu pengecualian untuk driver graphic, jika kamu seorang gamer maka kamu akan bisa mendapatkan peforma terbaik.

 

5# – Game Booster

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Sistem komputer kamu tidak membutuhkan optimasi untuk bermain game dengan software game booster. Sebenarnya game booster bekerja dengan meng-handle semua proses background yang dilakukan komputer kamu. Daripada kamu menginstall atau membeli software game booster, lebih baik kamu mematikan proses background yang tidak kamu perlukan ketika ingin bermain game.

 

6# – Defragment Tool

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Windows memiliki fitur built-in defragment tool yang sudah lebih dari cukup dan software ini bisa melakukan tugasnya secara otomatis secara background pada hardisk kamu. Jadi kamu tidak perlu lagi menginstall software seperti defragment tool, uninstall saja jika kamu sudah terlanjur.

 

7# – SSD Optimizer

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Setelah SSD muncul para pembuat software defragment tool telah beralih ke SSD optimizer. Katanya berguna untuk memaksimal penggunaan SSD dengan software tersebut, tetapi tidak ada bukti otentik yang membuktikannya. Sistem operasi dan firmware yang berjalan dengan SSD akan melakukan tugasnya sendiri untuk optimasi. Sedangkan software SSD optimizer sebenarnya tidak dapat melakukannya, karena ia mungkin tidak bisa memasuki akses low level.

 

8# – Software Uninstaller

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Windows memiliki fitur software uninstaller yang sudah bekerja dengan baik, jadi kenapa orang-orang masih banyak yang menggunakan software uninstaller? Software uninstaller dapat membantu menghapus beberapa file tambahan dari software yang kamu install, tapi semua fitur yang disediakan kebanyakan tidak berguna. Jika kamu tidak melakukan uninstall software setiap hari, sebaiknya kamu menggunakan uninstall program dari Windows.

 

9# – Update Checker

Windows tidak memiliki fitur untuk auto update pada software yang kamu install, tidak seperti ubuntu yang memiliki software centre. Jadi beberapa orang memilih menggunakan softwere update checker untuk mengetahui apakah ada software yang bisa diupdate. Tetapi sekarang software seperti ini sudah tidak dibutuhkan lagi, kebanyakan software modern memiliki fitur auto update seperti Adobe Flash Player atau Browser.

 

10# – Full Security Suite

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Software Antivirus sangat membantu bahkan jika kamu sudah sangat berhati-hati, tetapi banyak dari orang-orang masih menggunakan Full Security Suite untuk mengamankan komputer mereka. Software Full Security Suite hanyalah software dengan banyak fitur seperti phising filter, firewall, membersihkan file temp dan cookie browser. Semua fitur itu sebenarnya ada di Antivirus dan kamu tidak membutuhkannya, jika kamu ingin membersihkan komputer kamu dari file tidak berguna, gunakan CCleaner saja. Kebanyakan fitur tambahan dari Full Security Suite tidaklah berguna, ditambah lagi software seperti ini berbayar.

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.