Setelah kita belajar tentang ISO dan Shutter Speed di dua tulisan saya sebelumnya (Baca :Tips Fotografi Lumia: Memahami ISO dan Shutter Speed – Part 1  dan juga Tips Fotografi Lumia: Memahami ISO dan Shutter Speed – Part 2) , sekarang kita mulai ke salah satu teknik yang memanfaatkan perpaduan ISO dan Shutter Speed, yaitu teknik fotografi Bulb.

Teknik fotografi Bulb adalah teknik dengan menggunakan pengaturan shutter speed selambat mungkin. Hasil dari speed yang lambat inilah akan menghasilkan lintasan cahaya. Teknik ini sudah banyak dikembangkan, sehingga memunculkan banyak seni melukis dengan menggunakan cahaya.Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Dengan bermodal kamera Lumia dan software Lumia Camera, kita bisa membuat foto dengan teknik fotografi Bulb karena Lumia Camera sudah memiliki pengaturan dan kontrol manual ISO dan Shutter Speed yang bagus.

Sebelum mulai, tentukan dulu objeknya. Saya menggunakan objek lampu dari kendaraan yang melintas di jalan. Bisa juga objeknya adalah percikan api di kembang api atau pengelasan, gerakan lampu senter, dan lain lain.

Tips dan trik untuk melakukan teknik fotografi Bulb menggunakan Lumia adalah :

  1. Carilah objek berupa sumber cahaya yang bergerak, seperti lampu kendaraan, percikan kembang api, percikan pengelasan, dan lain-lain. Ambil gambar saat hari sudah gelap.
  2. Gunakan Shutter Speed dengan angka tertinggi. Contohnya shutter dengan angka 4 detik, berarti shutter kamera akan terbuka selama 4 detik untuk mengambil gambar. Dengan membuka shutter lebih lama, maka akan muncul efek jejak cahaya pada kamera.
  3. Gunakan ISO dengan angka rendah. ISO 100 adalah ideal, penggunaan ISO yang rendah dapat menghasilkan gambar yang halus serta memungkinkan  shutter untuk terbuka lebih lama.
  4. Usahakan agar Lumia diletakan di tempat yang stabil dari goncangan. Penggunaan shutter yang lambat akan rawan dari getaran kecil sekalipun. Untuk masalah ini terserah mau diapakan, apakah mau menggunakan tripod, hanya diletakan saja di tanah, atau jika kuat bisa hanya dengan menggunakan tangan :D.

Contoh sederhana saya adalah dengan menggunakan Lumia 620. Setting Lumia Camera saya adalah ISO 100 dan Shutter 1 detik. Lumia High-End seperti 930 dan 1520 mungkin mendukung shutter yang lebih lama dari 1 detik. Gunakan shutter paling tinggi yang bisa digunakan. ISO sebaiknya 100 saja agar hasil fotonya lebih halus, jika ingin lebih tinggi juga tidak masalah.

Hasil sederhana dari percobaan saya adalah seperti ini. Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Jejak cahaya dari objek berupa lampu kendaraan berhasil terekam dengan shutter 1 detik. Lumayan untuk sebuah kamera Lumia. Jejak cahayanya cukup halus meskipun kurang panjang. Bila kamu pengguna kamera profesional, pasti bisa membuat yang lebih bagus dan lebih panjang lagi.

Mungkin baru gambar itu saja yang sempat saya coba. Saya berniat juga mencobanya lagi tapi dari atas jembatan penyeberangan di malam hari atau dari jembatan layang di atas jalan tol jika ada waktu hehee… Kalau sempat akan saya update segera.

Berikut ini saya ambilkan contoh keren dari fotografi bulb menggunakan kamera profesional dari berbagai situs.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Sebenarnya selama kamera di perangkat apapun punya kontrol manual untuk Shutter Speed, kita bisa membuat gambar seperti ini. Hanya saja jangan pernah berharap hasilnya bisa sama atau bahkan lebih baik dari kamera profesional. Smartphone memang akan tetap memiliki keterbatasan dibandingkan dengan kamera profesional, namun jika kita masih bisa memaksimalkannya, mengapa tidak dicoba?

Bagaimana? Tertarik mencobanya dengan hanya menggunakan Lumia? Bagaimana hasilnya? Mumpung ini malam minggu, yuk nanti cobain diluar dan bagi hasilnya :D

  Hape 10GB RAM Buat Apa..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.