Home Tutorial Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Setelah kita belajar tentang ISO dan Shutter Speed di dua tulisan saya sebelumnya (Baca :Tips Fotografi Lumia: Memahami ISO dan Shutter Speed – Part 1  dan juga Tips Fotografi Lumia: Memahami ISO dan Shutter Speed – Part 2) , sekarang kita mulai ke salah satu teknik yang memanfaatkan perpaduan ISO dan Shutter Speed, yaitu teknik fotografi Bulb.

Teknik fotografi Bulb adalah teknik dengan menggunakan pengaturan shutter speed selambat mungkin. Hasil dari speed yang lambat inilah akan menghasilkan lintasan cahaya. Teknik ini sudah banyak dikembangkan, sehingga memunculkan banyak seni melukis dengan menggunakan cahaya.Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Dengan bermodal kamera Lumia dan software Lumia Camera, kita bisa membuat foto dengan teknik fotografi Bulb karena Lumia Camera sudah memiliki pengaturan dan kontrol manual ISO dan Shutter Speed yang bagus.

Sebelum mulai, tentukan dulu objeknya. Saya menggunakan objek lampu dari kendaraan yang melintas di jalan. Bisa juga objeknya adalah percikan api di kembang api atau pengelasan, gerakan lampu senter, dan lain lain.

Tips dan trik untuk melakukan teknik fotografi Bulb menggunakan Lumia adalah :

  1. Carilah objek berupa sumber cahaya yang bergerak, seperti lampu kendaraan, percikan kembang api, percikan pengelasan, dan lain-lain. Ambil gambar saat hari sudah gelap.
  2. Gunakan Shutter Speed dengan angka tertinggi. Contohnya shutter dengan angka 4 detik, berarti shutter kamera akan terbuka selama 4 detik untuk mengambil gambar. Dengan membuka shutter lebih lama, maka akan muncul efek jejak cahaya pada kamera.
  3. Gunakan ISO dengan angka rendah. ISO 100 adalah ideal, penggunaan ISO yang rendah dapat menghasilkan gambar yang halus serta memungkinkan  shutter untuk terbuka lebih lama.
  4. Usahakan agar Lumia diletakan di tempat yang stabil dari goncangan. Penggunaan shutter yang lambat akan rawan dari getaran kecil sekalipun. Untuk masalah ini terserah mau diapakan, apakah mau menggunakan tripod, hanya diletakan saja di tanah, atau jika kuat bisa hanya dengan menggunakan tangan :D.

Contoh sederhana saya adalah dengan menggunakan Lumia 620. Setting Lumia Camera saya adalah ISO 100 dan Shutter 1 detik. Lumia High-End seperti 930 dan 1520 mungkin mendukung shutter yang lebih lama dari 1 detik. Gunakan shutter paling tinggi yang bisa digunakan. ISO sebaiknya 100 saja agar hasil fotonya lebih halus, jika ingin lebih tinggi juga tidak masalah.

Hasil sederhana dari percobaan saya adalah seperti ini. Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Jejak cahaya dari objek berupa lampu kendaraan berhasil terekam dengan shutter 1 detik. Lumayan untuk sebuah kamera Lumia. Jejak cahayanya cukup halus meskipun kurang panjang. Bila kamu pengguna kamera profesional, pasti bisa membuat yang lebih bagus dan lebih panjang lagi.

Mungkin baru gambar itu saja yang sempat saya coba. Saya berniat juga mencobanya lagi tapi dari atas jembatan penyeberangan di malam hari atau dari jembatan layang di atas jalan tol jika ada waktu hehee… Kalau sempat akan saya update segera.

Berikut ini saya ambilkan contoh keren dari fotografi bulb menggunakan kamera profesional dari berbagai situs.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bulb

Sebenarnya selama kamera di perangkat apapun punya kontrol manual untuk Shutter Speed, kita bisa membuat gambar seperti ini. Hanya saja jangan pernah berharap hasilnya bisa sama atau bahkan lebih baik dari kamera profesional. Smartphone memang akan tetap memiliki keterbatasan dibandingkan dengan kamera profesional, namun jika kita masih bisa memaksimalkannya, mengapa tidak dicoba?

Bagaimana? Tertarik mencobanya dengan hanya menggunakan Lumia? Bagaimana hasilnya? Mumpung ini malam minggu, yuk nanti cobain diluar dan bagi hasilnya :D

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia
  • Ga mesti highend kok gan, 730 sm 640 udh bisa sampe 4 detik sm ky jajaran pureview :D

    • Aji Saputra Raka Siwi

      Oh gitu ya gan. Yang pernah ane pegang cuma 620 sama 930 punya temen ane hehehee

  • Fakhrur Rozi

    Wow, bru tau foto kya gt nama ny foto bulb, kasih arahan lg dong min buat foto jenis lain, keren2 soal ny

    • Aji Saputra Raka Siwi

      Ada saran jenis foto? Saya sudah kehabisan ide wkwk

      • Fakhrur Rozi

        Saya jg kurang tau, bkn photograper pro jg soal ny, wkwkwkwk

      • Street photography. Merekam pergerakan secara ekspresif di keramaian.

        ( 0 0)/

        • Hananto Aditya Dewantara

          Serang mas !! *spartaaa :v
          #gurau :v

      • Membuat foto hitam putih (b/w) yang bagus.

        ( 0 0)/

      • Pelajaran komposisi…

        ( 0 0)/

      • Levitation, freeze object…

        ( 0 0)/

      • Tips membersihkan lensa kamera Lumia

        ( 0 0)/

  • Zhudi Setiawan

    cuma saran sihh gan,, mungkin untuk tips fotografi selanjutnya,, disertakan juga screenshot dari pengaturan manual di Lumia Camera nya,, biar lebih mudah dipahami… :D *cuma saran lhoo.. :)

    • Aji Saputra Raka Siwi

      Itu gambar udah lama juga soalnya gan. Waktu itu emang gak ane ambil screenshotnya soalnya emang nggak kepikiran buat ditulis di sini. lagipula kalo agan baca tulisan sebelumnya, tanpa screenshotpun harusnya agan udah paham (harusnya lho ya wkwkwk…)

    • Raul Gonzales

      bagian mana yg sulit dipahami?? kan cuman pake shutter sama ISO

      • Aji Saputra Raka Siwi

        Cuma menaikkan dan menurunkan shutter dan ISO ya gan wkwk

        • Raul Gonzales

          Yeah still easy

  • Muhamad Al-Isrö

    Sayang sangat ayang.. Lumia camera di win 10 m udah Matot.. Dan windows camera beda juauhhhhh kualitasnya.. Lumia camera semakin di update semakin parah…

  • indra permana saputra

    Ini percobaan hanya dengan memanfaatkan senter hp jadul gan

  • Estu Harmattan

    Apa bedanya dgn light trail?

  • G4 dan P8 bisa sama-sama jago, tapi klo P8 berdasarkan preferensi saya disingkirkan saja, Androidnya gak enak digigit :|

    • Trivia: LG G4 bisa menggunakan shutter speed 30 detik. Belum ada cameraphone yang memijak ranah Dewa itu. ( 0 0)/

  • Pratama Anggara

    Permisi gan/bro/mas
    Lumia camera skrng dh dipensiunkan Yass (?)
    Tiap kali buka LC selalu muncul “A better camera……” Dn akhirnya Lumia camera sepertinya hanya bisa digunakan di WP 8.1 aj yaa ini, sempet kecewa sm WP 10 gr dimatikannya aplikasi LC walaupun diganti dgn Windows Camera yg hasil jepretannya gk sebagus LC :’)
    https://uploads.disquscdn.com/images/f5717817710f5f5e25bb74dab1de704b7133fa301eecf520d2a6fa41974734dd.png

    • Muhamad Al-Isrö

      Sangat kecewa.. Windows camera sma lumia camera udah ane bandigin gan.. Hasilnya sangat jauh beda. Kalah trla sama lumia camera.. Memang kayaknya microsft udah gak rela aplikasi pengembangan nokia ada di platform mereka…

  • ZAi

    :’v bulb mode itu kalau di atas 30 detik dan biasanya tekan manual seberapa lama yang di inginkan

    _-_ gak tau kalau yang di bawah 30 detik juga disebut bulb yah

    :V kalau di bandingkan memang ini fitur paling jauh bedanya ama yang kamera DSLR sama Hp

  • Zulmi Kurniawan

    Tinggal dijadiin light painting aja yg masih susah

  • saatnya mencoba :D

  • ad galiih

    karena di W10M
    L535 hanya 1 Detik
    ya begini aja jadinya.

  • ad galiih

    eits
    jadi inget sya juga pernah ambil photo bulb.
    hehehehe
    @kampoenghalaman