Home Phone Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

Kita sering sekali mengambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone. Namun terkadang, apa yang kita ambil tidak sesuai dengan apa yang seharusnya, atau apa yang kita inginkan. Salah satunya adalah pengaturan pewarnaan.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

White balance adalah salah satu aspek penting dalam dunia fotografi yang berhubungan dengan pewarnaan pada gambar. Alasan kenapa kita perlu memahami white balance adalah karena kita ingin warna foto kita seakurat mungkin. Penggunaan white balance yang tepat juga akan menghasilkan warna yang tepat.

Dalam Lumia Camera, terdapat 5 pengaturan White balance, yaitu Auto, Cloudy, Daylight, Fluorescent, dan Tungsten.

Auto

Mode auto adalah mode default pada kamera. Mode auto akan mencari white balance yang paling cocok dengan kondisi foto secara otomatis.  Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot memikirkan pengaturan white balance secara manual. Namun bila pengguna merasa hasil fotonya tidak sesuai keinginan, bisa menggunakan white balance lainnya.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

Cloudy

Mode ini digunakan untuk mencocokkan warna gambar pada kondisi mendung atau berawan. Gambar akan berwarna lebih kekuningan untuk meningkatkan warna kuning seperti pada siang hari.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

Daylight

Pengaturan ini lebih mengurangi cahaya kuning dari gambar dibandingkan mode cloudy sehingga bisa membuat gambar yang berada di bawah sinar matahari menjadi lebih seimbang warnanya.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

Fluorescent

Digunakan untuk memotret gambar yang berada di bawah cahaya lampu neon. Mode ini akan menetralkan temperatur objek dengan meredam pijaran warna putih yang berlebihan.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

Tungsten

Cocok untuk memotret objek di bawah pencahayaan lampu bohlam. Menormalkan warna dengan membuat temperatur gambar menjadi lebih dingin (kebiruan).

Tips Fotografi Lumia: Mengenal White Balance

White Balance manakah yang paling bagus?

Ada beberapa pengaturan yang tersedia pada Lumia Camera. Pilih saja white balance yang sesuai dengan keinginan. White balance bukan soal mana yang benar atau mana yang salah, tetapi ingin seperti apakah foto kita. Ada kalanya pengaturan white balance yang “nyeleneh” bisa menghasilkan seni yang bagus.

Jadi, bagaimana menurutmu?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia