Ada alasan tersendiri kenapa saya menyukai laptop dengan format keyboard utuh seperti pada Dell Latitude E6530 atau Edge 15 milik saya. Saat menggunakan laptop yang lebih kecil, saya sering menemui kesulitan karena beberapa fungsi yang sering saya gunakan jadi tidak tersedia. Yang paling sering adalah tombol-tombol di deretan numpad dan insert. Ini tentu saja sangat mengganggu karena pekerjaan saya menuntut untuk menggunakan tombol-tombol tersebut. Namun ini ternyata bisa diatasi dengan cara remapping atau memetakan ulang tombol keyboard!

Secara singkat, ini adalah prosedur menuliskan ulang ke registry kode tombol keyboard baru, sehingga kita dapat menggunakan tombol yang ada sesuai dengan fungsi yang kita inginkan. Kedengaran ribet? Sebenarnya tidak. Pada praktiknya kamu cukup download software SharpKeys di sini. Jika kamu kurang familiar dengan format Github, dari halaman awal tersebut, klik pada kolom releases.

SharpKeys ini nantinya berupa executable program yang dapat langsung kamu jalankan untuk mengubah pemetaan tombol keyboard kamu.

Tampilan awal SharpKeys memang kosong seperti ini. Klik tombol Add untuk menambahkan fungsi yang kamu inginkan.

Cari fungsi yang kamu inginkan dengan telaten di kolom sebelah kiri. Kolom sebelah kanan adalah tombol baru yang kamu tugaskan untuk fungsi tersebut. Jika kamu kesulitan untuk menemukan tombol yang dimaksud (sama dengan keyboard kamu), gampang – Cukup klik tombol Type Key dan kamu tinggal menekan tombol atau kombinasi tombol yang kamu inginkan untuk menambahkan fungsi.

Setelah selesai, jangan lupa untuk menekan tombol Write to Registry. Ini akan menjadikan fungsi tombol yang kamu inginkan tertanam selamanya di registry OS. Tentu saja ini akan hilang jika kamu mengganti fungsi, menghapus registry, atau menginstal ulang laptop atau perangkat kamu.

Contoh kasusnya adalah pada type cover keyboard surface saya. Tidak ada tombol Insert. Saya memanfaatkan Sharpkeys untuk mengganti fungsi ALT di sebelah kanan (yang jarang saya pakai karena saya lebih sering menggunakan CTRL dan ALT di sebelah kiri) menjadi tombol Insert. Dengan demikian, ketika memerlukan fungsi Insert, setelah memetakan ulang keyboard menggunakan SharpKeys, saya cukup menekan tombol ALT tersebut. Mudah bukan?

Nah, dengan software ini, kamu bisa menambahkan tombol-tombol yang sering ‘hilang’ di perangkat laptop yang lebih kecil. Paling sering adalah Insert, Home, End, Page Up, Page Down, dan deret Numpad. Jangan keburu putus asa dulu jika fungsi yang sering kamu gunakan tidak ada di keyboard laptop kamu yang tidak memiliki format keyboard utuh. Ingatlah saat mengalami kesulitan…………..

  Ubuntu 18.10, Kurang Apa Lagi..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.