Home PC Tweak – Cara Menginstall CAB files dengan Klik Kanan

Tweak – Cara Menginstall CAB files dengan Klik Kanan

Tweak - Cara Menginstall CAB files dengan Klik Kanan (6)

Dalam mendistribusikan update pada Windows, Microsoft membagikannya melalui Windows Update atau Standalone installer, dimana terdapat 2 format file pada Standalone installer yakni dalam bentuk MSU (Microsoft Software Update) atau CAB (Cabinet). Untuk format MSU, kamu dapat menjalankannya dengan klik 2x, sedangkan untuk format CAB, kamu harus menginstallnya dengan bantuan Command Prompt. (Baca Cara Menginstal Update MSU dan CAB di Windows 10)

Jika dilihat dari cara untuk menginstall format CAB memang agak sedikit lama karena harus membuka Command Prompt terlebih dahulu. Tetapi kali ini, WinPoin akan membuatnya lebih mudah dengan tweak registry, sehingga kamu dapat cepat menginstall format CAB hanya dengan konteks menu (klik kanan).

Menginstall CAB files dengan Klik Kanan

  1. Pertama kamu memerlukan file registry (.reg) yang dapat kamu download disini.
  2. Ekstrak lalu kamu akan mendapati 2 file, AddCabOption dan RemoveCabOption.Tweak - Cara Menginstall CAB files dengan Klik Kanan (2)
  3. Untuk membahkan opsi CAB pada konteks menu, jalankan file reg AddCabOption, klik Yes/OK terus hingga mendapatkan pesan bahwa file reg telah terpasang.

Setelah file berhasil terpasang, maka ketika klik kanan pada file CAB, maka akan terdapat opsi Install. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu proses installasi (yang mana dilakukan melalui Command Prompt) hingga selesai.

Jika kamu ingin menghapus opsi ini, cukup jalankan file RemoveCabOption.

Nah itu dia cara tweak untuk menambahkan opsi install CAB pada konteks menu di Windows 10. Jika kamu memiliki pertanyaan, silahkan bertanya melalu kolom komentar.

Credit to Tenforum

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.