Home PC Tweak – Menambahkan Opsi Hide / Show File pada Konteks Menu Windows...

Tweak – Menambahkan Opsi Hide / Show File pada Konteks Menu Windows 10

Tweak - Menambahkan Opsi Hide Show File pada Konteks Menu Windows 10 (1)

Windows memiliki fitur dimana kamu dapat menyembunyikan file yang diinginkan. Windows sendiri juga memanfaatkan ini untuk melindungi file sistem yang penting / sensitif, sehingga mengurangi resiko terjadinya pengeditan file tersebut oleh pengguna, baik disengaja ataupun tidak.

Jika kamu ingin menyembunyikan file pribadi, kamu dapat melakukannya melalui File Explorer. Dengan cara memilih file yang ingin disembunyikan (kamu dapat memilih lebih dari 1 file), lalu navigasi ke Tab View pada menu ribbon dan pilih opsi Hide selected item, dengan begitu maka file yang terpilih akan disembunyikan. Kamu bisa memberi tanda centang pada opsi Hidden items untuk memunculkan file yang tersembunyi, kamu dapat membedakannya dengan melihat warnanya yang agak transparan.

Tweak - Menambahkan Opsi Hide Show File pada Konteks Menu Windows 10 (2)

Pada artikel kali ini, WinPoin akan memberikan tweak dimana kamu dapat menambahkan opsi menyembunyikan atau menampilkan file pada konteks menu (klik kanan) di Windows 10.

Menambahkan Opsi Hide / Show File pada Konteks Menu

  1. Pertama kamu memerlukan file registry (.reg) yang dapat kamu download disini.
  2. Ekstrak lalu kamu akan mendapati 2 file, AddHideShowOption dan RemoveHideShowOption.Tweak - Menambahkan Opsi Hide Show File pada Konteks Menu Windows 10 (3)
  3. Untuk menambahkan opsi Hide / Show, jalankan file AddHideShowOption, klik Yes/OK terus hingga mendapatkan pesan bahwa file reg telah terpasang.

Setelah file registry berhasil terpasang, maka ketika kamu melakukan klik kanan pada File, akan terdapat opsi menyembunyikan / menampilkan file. Tergantung dari file tersebut (tersembunyi atau tidak).

Tweak - Menambahkan Opsi Hide Show File pada Konteks Menu Windows 10 (6)

Jika kamu ingin menghapus opsi ini, cukup jalankan file RemoveHideShowOption.

Dengan tweak ini, maka kamu tidak perlu repot-repot navigasi ke menu ribbon terlebih dahulu untuk menyembunyikan / menampilkan file pada Windows.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.