Home Editorial Untuk siapa Windows Mobile 10?

Untuk siapa Windows Mobile 10?

wp_20160908_18_24_30_pro

Pengguna iPhone: “iPhoneku sangat produktif! Aku bisa menginstal berbagai aplikasi produktivitas ke dalamnya”

Pengguna Android: “Androidku sangat produktif! Aku bisa menginstal berbagai aplikasi produktivitas ke dalamnya – Dan Android punya File Explorer.”

Pengguna Windows Phone: “Windows Phone sangat produktif! Aku tidak bisa menginstal apa-apa, jadi aku terus bekerja!”

Anniversary Update telah dirilis akhir Agustus yang lalu. Pembaruan besar OS Windows Mobile 10 ini semakin memperlihatkan arah yang dituju Microsoft dalam OS selulernya. Setelah menggunakan OS ini dalam aktivitas harian secara nyata, saya melihat bahwa Microsoft berupaya untuk semakin mempertajam poin-poin yang menjadi titik kuatnya, meskipun cukup disayangkan – Belum begitu berhasil mengatasi hal-hal yang menjadi kelemahannya. Dalam artikel ini, saya akan mengulas apa saja kekuatan Windows Mobile 10 di era Anniversary Update, beserta titik lemah OS ini, kemudian menarik kesimpulan tentang peruntukan OS Windows Mobile yang diperkirakan bakal semakin langka seiring dengan keputusan Microsoft menghentikan penjualan Lumia tersebut.

Kekuatan Windows Mobile 10

windows10mobileanniveraryUpdate_22

Banyak hal yang diperbaiki dalam Anniversary Update. Secara umum untuk penggunaan sehari-hari, update besar dari Windows Mobile ini berjalan sangat smooth dan lebih hemat daya baterai. Saya berani mengklaim ada peningkatan efektivitas daya sekitar 20-30% dibandingkan dengan pra-anniversary update. Namun terutama, saya ingin membahas perubahan besar di beberapa sektor yang menurut saya semakin menunjukkan arah jelas peruntukan Windows Mobile 10.

notifications

Notifikasi di Windows Mobile 10 Anniversary Update mengalami perubahan besar dalam arahan positif. Menurut saya pengaturan notifikasi di Windows Mobile 10 ini lebih powerful dibandingkan iOS maupun Android. Kamu bebas mengatur susunan notifikasi. Ada opsi untuk mengatur aplikasi mana yang ingin kamu tampilkan teratas, kemudian juga lebih tinggi dari yang lain. Kamu juga bisa mengatur jumlah maksimal notifikasi yang ditampilkan oleh sebuah aplikasi.

Ini sangat membantu bila kamu perlu untuk memantau sebuah aplikasi spesifik. Untuk saya sendiri, sangat perlu memantau email dan Skype dengan cepat. Dua aplikasi tersebut selalu saya atur agar muncul teratas dalam daftar notifikasi saya.

wp_ss_20160906_0001

Skype merupakan salah satu aplikasi yang mendapatkan perubahan besar. Jika kemarin Skype disatukan dengan SMS agar lebih praktis dan ringan dalam berkirim pesan, kali ini Skype kembali dijadikan aplikasi tersendiri. Pada awalnya saya sangat khawatir pada kemampuan Skype menerima dan mengirim pesan, karena versi terakhir Skype di Windows Mobile 10 sangat memanjakan saya. Saya dapat berkirim pesan dengan mudah karena penyatuan Skype dengan SMS tersebut. Tapi tidak diduga, ternyata Skype baru yang masih berlabel Preview ini sangat ringan. Akses cepat, notifikasi tidak pernah telat masuk. Bahkan ketika saya membandingkannya dengan Skype di iOS dan Android, notifikasi dari Skype di kedua OS tersebut kadang terlambat atau hanya masuk ketika aplikasi dibuka. Meskipun ini tidak selalu terjadi, teman saya juga mengonfirmasi hal tersebut.

wp_ss_20160910_0002

Oya, satu kejutan manis lagi, Skype Preview di Windows Mobile 10 kini dapat mengirimkan file dokumen dengan mudah. Ini sangat membantu saya yang terkadang harus mengirimkan file pekerjaan di perjalanan. Setelah mencoba versi Skype di OS lainnya, iOS masih belum dapat mengirimkan file secara bebas, sedangkan Android memang dapat melakukannya, namun notifikasinya tidak sereliabel milik Windows Mobile 10.

wp_ss_20160909_0001

Email di Windows Mobile 10 Anniversary Update mendapatkan peningkatan yang tak begitu kentara, tapi sangat membantu. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tema peningkatan yang utama dalam email juga adalah “notifikasi”. Sekarang kamu dapat mengatur notifikasi secara berbeda di setiap akun email. Ini memudahkan kamu untuk mengetahui jenis email apa yang datang, sehingga kamu dapat merespon lebih cepat. Fitur lama yang sangat membantu juga tetap dipertahankan. Kamu dapat melacak dengan mudah email lama di akun kamu menggunakan email app di Windows Mobile 10. Selain itu ada juga fitur “Search” tambahan dalam email yang kamu buka, sehingga kamu dapat mencari kata atau kalimat tertentu, yang akan sangat bermanfaat jika email yang kamu buka tersebut sangat panjang.

 

Titik Lemah Windows Mobile 10

wp_20160804_10_36_18_pro

Titik lemah Windows Mobile 10 sepertinya masih akan tetap sama. Ekosistem ini terjebak dalam lingkaran setan: developer hanya berminat pada platform yang banyak digunakan orang > orang menyukai platform yang memiliki banyak aplikasi. Fakta ini menjadikan Windows Mobile 10 sepi peminat. Microsoft sendiri sudah berupaya memudahkan developer mengonversi aplikasi ke versi UWP, namun menarik minat developer ternyata tidak semudah itu. Hingga bulan ini, kedatangan aplikasi masih belum seperti yang diharapkan.

Ini menyebabkan Windows Mobile semakin sepi peminat, apalagi berbagai kabar negatif mengiringi platform ini seperti Microsoft menghentikan penjualan Lumia di Windows Store, atau berhentinya dukungan beberapa aplikasi populer seperti My Fitness Pal, BBM, dan lainnya. Masih perlu waktu agar taktik Microsoft mempermudah developer mengembangkan aplikasi untuk Windows Mobile 10 menunjukkan sinarnya.

 

Untuk siapa Windows Mobile 10?

wp_20160909_09_45_12_pro

Sementara ini, kemungkinan saya tidak akan menawarkan perangkat Windows Mobile 10 kepada ‘orang biasa’. Apalagi mereka yang memerlukan dukungan aplikasi sehari-hari yang mudah tersedia di platform lain. Akan tetapi menurut saya Windows Mobile 10 memberikan dukungan yang besar bagi pengguna bisnis atau orang yang memerlukan perangkat untuk mendukung keperluan profesional seperti saya. Kekuatan manajemen email, kesempurnaan Skype yang sementara ini belum bisa ditandingi iOS dan Android, kenyamanan keyboard, integrasi dengan MS Office dan berbagai fitur produktivitas merupakan kekuatan Windows Mobile yang dapat diunggulkan! Windows Mobile 10 bergerak ke arah yang mirip dengan BlackBerry, yaitu Enterprise.

Platform yang sebanding dengan Windows Mobile 10 dalam integrasi dan kemudahan penggunaan untuk kepentingan bisnis dalam hal ini hanyalah Android. Microsoft memang memudahkan aplikasinya untuk digunakan lintas platform, namun berlawanan dengan pendapat khalayak umum, menurut saya aplikasi inti milik Microsoft tetap paling baik berjalan di Windows Mobile. Kemudahan menyematkan informasi ke start screen, termasuk dari berbagai aplikasi milik Microsoft menjadi nilai plus platform Windows Mobile menurut saya. Apalagi dari percobaan yang saya lakukan, penggunaan Skype di platform lain kalah reliabel dengan milik Windows Mobile 10. Kelihatannya memang sepele, namun keandalan aplikasi ini menjadikan saya berat sekali untuk meninggalkan ekosistem Windows Mobile. Bagaimana lagi, saya banyak menghasilkan pendapatan finansial berkat dukungan email dan Skype.

Untuk ringkasnya, bagi pengguna bisnis atau profesional, utamanya yang memerlukan email yang powerful dan Skype dalam kemampuan terbaiknya, Windows Mobile 10 adalah jawaban yang terbaik bagi pencarian kamu akan perangkat yang andal.

Jika kamu adalah Enthusiast di bidang teknologi yang mencintai Microsoft dan produk-produknya, Windows Mobile 10 Anniversary Update menunjukkan arah yang semakin jelas. Penilaian saya ini adalah murni pada kualitas produk OS. Tutup saja dulu matamu dari berbagai pemberitaan negatif tentang MS dan ‘prediksi’ masa depan Windows Mobile yang simpang siur, maka hidupmu akan semakin damai dan nyaman menggunakan Windows Mobile.

Namun maaf, terus terang khalayak umum akan kesulitan menggunakan OS ini. Jika kamu menawarkan perangkat dengan OS ini kepada orang yang belum pernah menggunakannya sebelumnya, jangan lupa untuk melakukan setting awal, termasuk juga mengatur start screen agar mudah digunakan. Dari pengalaman saya, orang biasa akan kesulitan memahami penggunaan perangkat Windows Mobile yang jauh berbeda dari iOS dan Android yang punya tampilan senada. Apalagi jika orang tersebut memerlukan dukungan aplikasi berlimpah, yang tentu saja hingga saat ini belum dapat dijanjikan secara pasti oleh platform Windows Mobile.

Bagaimana pemikiranmu tentang peruntukan platform ini? Sumbangkan pendapatmu di kolom komentar!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta