Home Apps Update Mail & Calender di Windows 10 dengan Peningkatan dan Penambahan Fitur...

Update Mail & Calender di Windows 10 dengan Peningkatan dan Penambahan Fitur Baru

windows10-mail & calender

Setelah sepekan diperbaharuinya jajaran aplikasi pre-installed Mail & Calender yang bersamaan dengan aplikasi Office, Xbox dan MSN Apps, kini Microsoft mengirimkan paketan pembaruan lagi untuk aplikasi Mail & Calender pada seluruh perangkat Windows 10.

Untungnya untuk pembaruan kali ini, Microsoft menyempatkan mengganti form What’s New pada Windows Store sehingga kita bisa memberi tahu secara detail changelog pada pembaruan kali ini.

Beberapa hari yang lalu, mungkin kamu telah mendapatkan aplikasi ini berada dalam versi 17.6568.46052.0 berbeda dengan versi yang telah kita beritahu pada pembaruan sebelumnya yakni versi 17.6568.46022.0 yang sama sekali tidak memilki perubahan signifikan.

Oleh karena itu, sebagai pengganti pembaruan versi sebelumnya yang kita lewati maka akan kita bahas secara detil pembaruan aplikasi ini yang telah sampai di versi 17.6568.46122.0 sebagai berikut:

Menambahkan Hari Libur Nasional

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menambahkan hari-hari libur nasional pada kalender berdasarkan negara tertentu. Untuk menambahkannya, kamu cukup menekan tombol burger menu dan pilih More Calender maka akan tertampil berbagai pilihan negara yang dapat kamu masukkan dalam kalendermu.

Sayangnya, untuk pilihan beberapa negara masih belum tersedia termasuk hari libur nasional negara Indonesia. Tapi tentu kita berharap pada pembaruan berikutnya sudah tersedia lengkap dengan disusul negara lainnya.
holiday-calender-windows10(1)

 

Lihat Tampilan Kalender Tahunan dengan Sekilas

Fitur ini bersebelahan dengan Mode View lainnya seperti Mode View Day, Work week, Week, Month dan yang baru Year. Penambahan Mode View ini dapat lebih memudahkan melihat hari hingga bulan dalam jangka waktu lebih panjang dalam satu layar tanpa repot-repot scroll atas bawah.

Karena baru atau memang hanya untuk layar yang lebih besar tampilannya lebih maksimal dibandingkan dengan layar yang dominan lebih kecil hingga Mode View Year menjadi tampilan list di perangkat mobile.

mode-view-year-windows10

Sebaliknya pada perangkat Windows 10 PC, Mode View Year tampak lebih nyaman di pandang meskipun icon-icon bantuan seperti menambahkan jadwal, berpindah ke email, feedback dan menu setting terlihat menghilang.

mode-view-year-windows10pc

 

Pindahkan Pesan dengan Swipe Quick Action ke dalam Folder yang  Lebih Spesifik

Fitur geser kanan dan kiri atau Swipe Quick Action pada aplikasi Outlook Mail ini sekarang dapat kamu manfaatkan untuk menghapus email, menandai email (flag), tandai telah di baca, dan memindahkan email. Ini bukan fitur baru, melainkan adanya sedikit tambahan pada bagian memindahkan email ke dalam folder tertentu tanpa di atur terlebih dahulu.swipe-quick-action-windows10

Jadi dengan tanpa mengatur tempat folder yang telah di atur sebelumnya, dapat kita pilih sendiri lokasi pemindahaan folder sesuai yang kita inginkan saat akan memindahkan email tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini serta mengaturnya dapat kamu buka di menu option lalu pilih setting kemudian klik Quick Action dan make yourself cool ;).

 

Melampirkan Berbagai Item pada Pesan

Selain file dokumen, sekarang file media telah bisa kamu lampirkan dalam email dan tentu ada batasan untuk itu jadi bila melebihi dari ukuran maksimal akan tersimpan dalam draft agar dapat di sesuaikan kembali.attach-mail-windows10

 

Cari Teks dalam Pesan Email

Sangat sulit menemukan satu teks penting atau kata tertentu pada email, apalagi bila teks tersebut dalam bahasa ilmiah hingga mondar-mandir scroll atas bawah untuk hanya menemukan satu kata tersebut.

Untuk itu, Pengertiannya Microsoft hingga menyelipkan fitur Find dalam menu option dan dapat pula dilakukan pada daftar email dengan klik kanan pada email namun hanya dapat digunakan untuk Windows 10 PC.find-mail-windows10

Namun berbeda pada Windows 10 Mobile ketika di klik kanan alias Long Tap di daftar email, tombol find tersebut sama sekali tidak berfungsi baik dalam keadaan layar vertikal maupun horizontal dan hanya menampilkan keyboard tanpa ada form pencarian.find-mail-windows10mobile

Jadi ekspektasinya, bila saat di klik tombol find dan kita tuliskan teks yang ingin di cari maka akan di muat semua teks tersebut dalam pilihan pencarian. Tapi nyatanya, kamu perlu mengklik terlebih dahulu email yang ingin dicari teksnya lalu klik tombol find dan tuliskan teksnya dalam kolom pencarian di dalam pesan bukan di daftar pesan.

 

Kesimpulan

Performa aplikasi Mail & Calender pada Windows 10 Mobile build 10586.107 sudah cukup mendukung untuk aktifitas sehari-hari baik itu pada Calender maupun Outlook Mail. Fitur di tawarkan juga sudah melebihi dari Windows Phone 8.1 serta desain yang lebih ciamik dan minim bugs.

Selebihnya, PR untuk Microsoft sendiri hanyalah memberikan fitur-fitur baru serta peningkatan lebih baik lagi dari segi desain hingga kestabilan aplikasi.

Dan tugas kamu sebagai pengguna hanya cukup memberikan timbal balik berupa feedback yang membangun serta kritikan yang mendasar atas apa yang terjadi ;).

Mail & Calender Version 17.6568.46122.0QR Email dan Kalender Outlook

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Ask me everything about Windows & Android via Twitter @UFebri | Trying to hard wanna be a Web Backend |