Perkembangan OS smartphone sebagai penunjang PC masih terbilang baru. Baru setengah dekade terakhir masyarakat baru benar-benar memanfaatkan kelebihan smartphone dan bahkan sebagian menggunakannya sebagai pengganti PC. Meskipun demikian, perjalanan OS smartphone sudah dimulai sejak 20 tahun silam.

Berikut video yang menampilkan popularitas dan perkembangan pengguna OS Smartphone dari tahun 1999 hingga 2019:

Saat ini dua OS paling populer adalah Android dan iOS. Android mendominasi pasar karena hampir semua produsen smartphone menggunakan OS ini. Jika dilihat sekilas angka iOS terlihat tak sebanding, tapi perlu diingat iOS hanya digunakan oleh iPhone saja. Satu perusahaan mengamankan 10% dari marketshare dunia itu besar sekali nilainya.

Menariknya Kai OS yang digunakan oleh banyak feature phone berhasil mencuri 3% dari pasar. Nilai itu setara dengan puncak kejayaan Windows Phone 8/10 yang kini hanya di angka 0,01%.

Symbian yang dulu sempat mendominasi harus menyerah pada Android. Jadi bisa saja Android dan iOS yang saat ini tak terkalahkan mendadak dibolak balik sama OS baru. Tak ada yang pasti di dunia teknologi.

via Android Police

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.