Windows 10 Support USB 3.1 Dual Role dan Type-C, Inilah Fitur dan Keunggulannya!

Ketika dirilis nanti Windows 10 (baik itu Windows 10 untuk desktop, laptop, tablet, phablet, maupun smartphone) bakal mendukung USB 3.1 Dual Role dan Type-C. Lalu apa fitur dan keunggulannya bagi kita jika dibandingkan dengan yang sebelumnya?

 

Kecepatan Tinggi

USB 3.1 Type-C memiliki kecepatan hingga 10 Gbps yang memastikan perpindahan data bisa berlangsung dengan super cepat.

 

Bolak-Balik (Reversible)

Seberapa sering kita mengalami salah memasukkan USB karena slot nya terbalik? Di USB versi baru ini kamu bisa menancapkan tanpa perlu salah lagi karena secara sistem dan bentuk dia sudah reversible (bolak-balik).

 

Smartphone ke USB Flahsdisk / Hardisk / dsb

Dengan support USB 3.1 Dual Role dan Type-C, smartphone Windows 10 bakal bisa langsung dihubungkan ke USB flashdisk, hardisk eksternal, ataupun device USB lainnya.

Tentunya hal ini memudahkan kita dalam mengakses berbagai data melalui smartphone atau menyimpan data dari smartphone ke media penyimpanan eksternal. Bahkan kemungkinan akan ada banyak accesories dan peripheral baru yang muncul karena adanya fitur ini.

 

Laptop Terhubung ke Display Eksternal via USB

Berbagai kemungkinan dan fitur baru juga semakin terbuka dengan adanya support terhadap USB 3.1 Type-C ini. Salah satu fitur yang dipastikan hadir adalah koneksi dari laptop ke display eksternal langsung melalui USB.

Besarnya kecepatan transfer data di USB 3.1 Type-C membuat fitur ini (dan kemungkinan berbagai fitur baru lainnya) menjadi mungkin untuk dilakukan.

 

Terhubung ke Peripheral dengan Power Besar

USB 3.1 Type-C mampu mentransfer power hingga 100W, sehingga di device Windows 10 nantinya bisa terhubung ke berbagai device eksternal yang membutuhkan power besar. Hardisk eksternal dengan storage besar, charging berskala besar, dan masih banyak kemungkinan lainnya.

 

Praktis dan Ringkas

Windows 10 Support USB 3.1 Dual Role dan Type-C, Inilah Fitur dan Keunggulannya!

Desain USB 3.1 Type-C yang reversible membuat smartphone, tablet, laptop, bahkan desktop nantinya lebih praktis untuk terhubung ke berbagai device eksternal melalui USB. Ukurannya yang kecil juga memungkinkan dia dipasang di smartphone, tablet, atau phablet yang kecil dan tipis.

 

Itulah fitur dan keunggulan Windows 10 yang sudah support USB 3.1 Type-C dan USB Dual Role. Tetapi tentunya selain support dari OS, perlu juga adanya support secara hardware. Jadi fitur ini baru bisa dinikmati jika device yang kamu gunakan memang telah dilengkapi port USB 3.1 Type-C.

Windows 10 Support USB 3.1 Dual Role dan Type-C, Inilah Fitur dan Keunggulannya!

via winhec

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.