Home News Windows App Studio Dimatikan, Diganti Windows Template Studio

Windows App Studio Dimatikan, Diganti Windows Template Studio

Windows App Studio Support REST API, Bikin Apps Kini Jadi Lebih Mudah

Windows App Studio merupakan tool untuk membuat aplikasi UWP bagi siapapun yang tidak bisa coding. Untuk membuat aplikasi dengan tool ini, kamu tinggal mengikuti wizard nya saja, memasukkan beberapa opsi, dan aplikasi UWP kamu bakal jadi dan siap digunakan.

Namun hari ini Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mematikan Windows App Studio secara bertahap. Terhitung sejak 15 Juli 2017 nanti hanya user yang sudah terdaftar yang bisa login, aplikasi yang sudah jadi bisa kamu download, tetapi tidak ada dynamic collection baru yang bisa kamu buat lagi.

Berlanjut ke 15 September 2017, Application Editor tidak akan bisa digunakan lagi, dan Dynamic Collection API berhenti memberikan data untuk aplikasi yang sudah dibuat. Puncaknya terjadi pada 1 Desember 2017 dimana Windows App Studio bakal dimatikan secara penuh.

Namun Microsoft memberikan tool baru bagi kamu yang ingin membuat aplikasi UWP secara instan, yaitu Windows Template Studio. Sama seperti Windows App Studio, kamu juga bisa membuat aplikasi melalui Wizard menggunakan Windows Template Studio. Bedanya, Windows Template Studio ini merupakan Open Source dan bisa kamu dapatkan disini dalam bentuk extension Visual Studio 2017.

Download Windows Template Studio

Kamu juga bisa mendapati Windows Template Studio di Github.

Jadi bagi kamu yang pernah membuat aplikasi dengan Windows App Studio, ada baiknya kamu segera merilis ulang aplikasi yang kamu buat melalui tool Windows Template Studio terbaru.

via microsoft

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.