Home Device Windows Hello di Build 14393.693 – Nyaris Secepat Fingerprint Scanner!

Windows Hello di Build 14393.693 – Nyaris Secepat Fingerprint Scanner!

Tadi pagi Winpoin sudah mengulas hadirnya build terbaru untuk jalur produksi atau umum, yaitu 14393.693. Kamu bisa membaca artikel yang diulas oleh Adrianto Jossy tersebut untuk mendapatkan informasi tentang apa saja yang baru dan apa saja yang mendapatkan perbaikan dalam build publik kali ini. Dalam artikel ini, saya ingin menyoroti performa Windows Hello di build 14393.693.

Untuk kamu yang kurang begitu akrab dengan dunia Windows Phone atau Windows Mobile, terlebih dahulu saya perlu memberikan informasi: Windows Hello untuk ponsel sementara ini hanya terdapat di Lumia 950, Lumia 950 XL, dan HP Elite X3 saja. Ini merupakan fitur pembaca iris atau iris scanner, yang dimaksudkan sebagai keamanan biometrik yang bakal susah ditembus.

Ketika awal diluncurkan, terdapat pro dan kontra karena teknologi iris scanner untuk ponsel di tahun 2015 kemarin benar-benar baru sehingga banyak yang mempertanyakan: “Perlukah kita fitur pembaca iris di ponsel?”

Meskipun demikian, Lumia 950/XL menjadi panutan bagi Galaxy Note 7 yang ikut serta memasang pemindai iris untuk keamanan biometrik alternatif. Sayangnya ponsel ini ditarik sebelum penjualannya sempat meledak. Meski demikian, dari berbagai review dan demo, tampak bahwa pemindai iris dari Galaxy Note 7 memiliki banyak keterbatasan dibandingkan Lumia 950/XL. Misalnya, tidak boleh mengenakan kacamata, juga tidak boleh berada di tempat gelap.

Sementara itu Windows Hello pada Lumia 950/XL dengan santai bisa mengenali kamu dalam situasi tanpa cahaya sekalipun!

Build 14393.693 semakin meningkatkan reliabilitas dan kecepatan dari Windows Hello. Kini Windows Hello akan membukakan lockscreen kamu hampir secara instan!

Setelah update, saya mendapati ada opsi baru yang mana Windows Hello akan secara otomatis membukakan layar begitu mengenali selaput pelangi mata kamu. Kemungkinan ini yang menjadikan performa Windows Hello semakin gesit.

Penasaran seberapa cepatnya Windows Hello mengenali kamu?

Dari video tersebut, terlihat bahwa Windows Hello hanya memerlukan waktu 1-2 detik saja untuk mengenali dan langsung membukakan layar. Ini kira-kira dua kali lebih cepat dari sebelumnya dan hampir mengejar kecepatan fingerprint scanner yang umum kita jumpai di iPhone 5S dan setelahnya serta beberapa perangkat Android kelas menengah ke atas.

Lalu apa manfaatnya peningkatan kecepatan dan reliabilitas Windows Hello? Pertama, kamu tidak perlu minder lagi, karena selama ini kecepatan membaca iris atau selaput pelangi khas pada Windows Hello selalu kalah cepat dengan mengetikkan passcode atau PIN pada lockscreen Lumia. Kedua, ini akan sangat bermanfaat dalam skenario kamu tidak dapat menggunakan jari untuk membuka layar (misalnya sedang mengenakan sarung tangan, tangan berlumpur, kotor, dan sebagainya). Ini juga menunjukkan bahwa ternyata OS Windows Mobile 10 masih terus berkembang, berlawanan dengan stigma umum bahwa Microsoft sudah mulai mengabaikan OS ini. Ya! Harapan itu masih ada. Saya yakin, kamu akan meyakini ini lagi ketika Creators Update hadir!

Pssst..Tonton Video Review Terbaru Kepoin Tekno, Subscribe!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta