4 Alasan Kenapa Microsoft Sebaiknya Menggratiskan Windows 10 Selamanya

4 Alasan Kenapa Microsoft Sebaiknya Menggratiskan Windows 10 Selamanya

0

4 Alasan Mengapa Microsoft Sebaiknya Menggratiskan Windows 10 Selamanya

Microsoft memutuskan untuk mengakhiri masa upgrade gratis untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang memenuhi syarat pada tangga; 29 Juli 2016. Meskipun program gratis upgrade tersebut berlangsung selama satu tahun, nyatanya Windows 10 masih belum bisa mengalahkan pangsa pasar gabungan Windows 7 dan Windows 8.1.

Windows 7 masih saja menjadi sistem operasi paling populer di dunia dengan penguasaan pangsa pasar sekitar 47%. Gabungan Windows 8 dan Windows 8.1 adalah 10% pangsa pasar. Sementara Windows 10 hanya meraih 20% pangsa pasar dalam 1 tahun. Sisanya masih merupakan pengguna Windows XP.

Windows 10 bisa dibilang merupakan produk yang bisa berpotensi sukses. Bukan cuma tawaran upgrade gratis untuk menarik pengguna melakukan upgrade, tapi juga karena Windows 10 merupakan salah satu dari ekosistem “One Windows” yang merupakan gabungan dari Windows 10 di PC, Tablet, Smartphone, dan perangkat konsol.

Oleh karenanya, banyak opini yang menerangkan bahwa upgrade Windows 10 seharusnya harus gratis untuk selamanya. Apa saja alasannya?

 

Sistem Operasi Kebanyakan Gratis

Bisa dibilang, saat ini hanya Windows saja yang merupakan sistem operasi berbayar untuk pengguna konsumer. Jika pengguna ingin menggunakan Windows, maka caranya adalah dengan jalan membeli lisensinya. Berbeda dengan beragam distro Linux yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa beli mesin komputer/laptop apapun dan kamu bebas menggunakan distro Linux sesuka kamu, dan gratis.

Baca juga:  Inilah Daftar Shortcut Command Prompt pada Windows 10

Bagaimana dengan OS X? Well, entah berbayar apa gratis, yang jelas kamu tidak akan pernah bisa membeli lisensi OS X kecuali membeli komputer Mac. OS X bersifat proprietary, alias teknologi ini hanya boleh digunakan di produk tertentu saja, dalam kasus ini OS X hanya boleh digunakan di produk Mac saja. OS X bisa dibilang gratis digunakan di komputer Mac, meskipun harga komputer Mac nggak ada yang murah :( .

 

Pengguna Malas Membayar Biaya Upgrade

Coba deh, meskipun misalnya harga upgrade itu murah apakah kamu akan tetap mau membayarnya? Sebagian besar orang sih nggak bakalan mau hehehe. Ada beberapa alasan mengapa pengguna kebanyakan malas untuk melakukan upgrade berbayar meskipun harganya mungkin jauh lebih murah.

Pertama, karena mereka sudah nyaman dengan yang lama *eh. Maksudnya, untuk apa pakai yang baru dan berbayar, jika yang lama saja masih enak *ugh.

Untungnya di era Windows 10 Microsoft sudah sangat paham dengan psikologi ini, sehingga mereka menggratiskan upgrade Windows 10 selama setahun penuh bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1.

Baca juga:  Beberapa Pengguna Menginginkan Fitur 'Messaging Everywhere' Kembali

Sayangnya terhitung sejak 29 Juli 2016 lalu tawaran upgrade gratis ini sudah berakhir, meskipun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap mendapatkannya secara cuma-cuma. (Baca: Cara untuk Mendapatkan Upgrade Windows 10 Secara Gratis)

 

Agar Tetap Kompetitif

Berapa waktu yang dibutuhkan Windows 7 untuk mengungguli Windows XP? Cukup lama, dan kebanyakan ditopang dari penjualan PC baru. Jika hanya mengandalkan upgrade berbayar (meskipun murah), produk tersebut akan sulit berkompetisi bahkan berkompetisi dengan saudaranya sendiri.

Windows 7 masih sangat kompetitif dari segala sisi, sedangkan potensi profit Windows 10 sebenarnya secara teori jauh melebihi Windows 7. Ketersediaan Windows Store, dukungan fitur bisnis untuk profesional IT dan perusahaan, dan lain-lain jelas akan menghasilkan uang lebih besar untuk Microsoft. Jika adopsi Windows 10 lambat, keuntungan juga akan semakin lama untuk diraih.

 

Ubah Strategi

Saat ini Microsoft menggunakan strategi yang membatasi upgrade gratis selama 1 tahun. Teorinya sih, pengguna akan berbondong-bondong untuk upgrade karena upgrade gratis ini berbatas waktu. Hasil yang diharapkan sebagian besar pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 akan segera upgrade ke Windows 10 di tahun pertama perilisannya.

Kenyataannya pengguna butuh waktu untuk meyakinkan diri bahwa Windows 10 adalah produk yang tepat. Bisnis juga tidak bisa serta merta langsung mengubah diri. Microsoft juga sepertinya masih ingin memanfaatkan model bisnis lamanya, yaitu lisensi dan upgrade yang berbayar karena Microsoft yakin bahwa Windows 10 akan sukses.

Baca juga:  Download Ebook Premium: iPad for Dummies (+Tips Office 365) Senilai 237 ribu, Gratis!

Oleh karenanya, rasanya kurang mantab jika model bisnis seperti ini masih dipertahankan. Jika ingin kompetitif, maka upgrade Windows 10 seharusnya digratiskan. Keuntungan lain pasti akan datang jika Windows 10 diadopsi oleh sebagian besar pengguna Windows di dunia.

Misalnya dari Windows Store. Jika Windows 10 segera mendominasi market, ditambah dengan konsep universal apps di Windows Store yang bisa berjalan di semua jenis device Windows mulai dari smartphone, tablet, laptop, desktop, Xbox, hingga HoloLens, ekosistem di Windows Store bakal sangat menarik bagi developer. Alhasil masalah minimnya apps di Windows Store bakal segera teratasi, termasuk bagi Windows 10 Mobile.

Rasanya ini bisa menjadi win-win solution bagi Microsoft, developer, maupun seluruh pengguna Windows di dunia.

 

Nah, itu tadi adalah 4 alasan kenapa Microsoft sebaiknya menggratiskan upgrade Windows 10 selamanya. Perlu diketahui bahwa ini adalah kanal Editorial, jadi semua poin ini merupakan opini dan pendapat saya pribadi.

Bagaimana dengan kamu, ada pendapat lain?

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia