Cara Cloning Windows 7 dengan Super Mudah

Cara Cloning Windows 7 dengan Super Mudah

2

caracloningwindows7_0

Cloning Windows memang menjadi cara ampuh untuk mempersingkat waktu ketika ingin melakukan install ulang tanpa harus menginstall semua software yang kita butuhkan dari awal. Setelah sebelumnya WinPoin sudah membagikan cara cloning Windows 8 / 8.1 (Baca: Cara Cloning Windows 8 / 8.1 dengan Mudah), kali ini kita akan memberikan penjelasan tentang cara cloning Windows 7.

Masih sama seperti sebelumnya, disini WinPoin menggunakan software EaseUS Todo Backup.

Untuk cloning Windows 7, Buka EaseUS Todo Backup dan pilih opsi “Clone“.
caracloningwindows7_1
Lalu tahap selanjutnya adalah pemilihan partisi yang akan di clone. Pastikan partisi yang kamu pilih itu berisi sistem Windows 7, setelah itu klik Next.
caracloningwindows7_2
Kemudian tentukan tepat dimana partisi clone akan disimpan. Jika muncul partisi “Unallocated“, abaikan saja partisi tersebut. Setelah memilih tempat penyimpanan hasil cloning, pilih “Proceed” untuk memulai proses cloning.
caracloningwindows7_3
Terakhir sebelum memulai proses. akan muncul notifikasi bahwa isi data dari target partisi clone akan terhapus. jadi jika ada data penting dalam partisi tersebut, pastikan kamu membackupnya terlebih dahulu.
caracloningwindows7_4
Proses cloning pun dimulai. lama tidaknya tergantung size dari partisi tersebut. semakin besar maka akan semakin lama dan begitu juga sebaliknya.
caracloningwindows7_5
Setelah proses selesai. maka partisi target akan sama seperti partisi Windows 7 baik size ataupun isinya.
caracloningwindows7_6

caracloningwindows7_7
Di kemudian hari kamu bisa menggunakan hasil cloning ini untuk berbagai macam keperluan. Misalnya saja ketika kamu membeli hardisk baru, kamu bisa memindahkan hasil cloning ini ke hardisk baru agar tidak perlu install ulang lagi saat ganti hardisk. Atau kamu juga bisa menggunakan hasil cloning ini untuk melakukan install ulang di hardisk yang sama dengan memindahkan hasil cloning ke Drive C menggunakan EaseUS Todo Backup Bootable.  Dengan begitu kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan install ulang dari awal.

Itulah cara cloning Windows 7 yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika kamu merasa kesulitan dengan panduan ini, silahkan saja langsung ditanyakan di Forum WinPoin. See you there! :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Erwin

    Mau tanya ni bang: 1.Kalau simpannya di harddisk eksternal bisa gak ya? 2.Kalau mau intall windows di harddisk baru, caranya gmn? Mohon tutorialnnya, terimakasih.

  • Nicodemus Bimo Perkasa

    bos kalo gini gimana,
    Primary drive seagate ada partisi C ama D, nah di C itu windows 7 64 bitnya
    kalau di clone ke seagate 1 tb error ga windowsnya?