Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi

Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi

7

Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi

Ada banyak sekali masalah yang bisa terjadi di komputer, dan seringkali kita mungkin kebingungan saat masalah tersebut hadir di komputer kita. Membawanya ke servis komputer memang seringkali menyelesaikan masalah, tetapi kita memang harus membayar sejumlah biaya. Namun jika kita bisa menyelesaikannya sendiri dengan mudah, kenapa tidak? Di artikel ini WinPoin akan memberikan cara mengatasi 11 masalah komputer yang sering terjadi. Siap?

 

Persiapan

 

Update Windows

Apapun masalah komputer yang kamu hadapi seringkali bisa diselesaikan dengan melakukan update Windows. Yup, ini memang terdengar sangat simple tetapi hal ini benar. Windows memiliki banyak sekali bug dan masalah sampai Microsoft secara rutin mengeluarkan update dan patch setiap bulannya.

Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi

Dengan melakukan update Windows, kamu sudah menghilangkan ratusan bahkan ribuan penyebab timbulnya masalah di komputer.

 

Scan Komputer

Berbagai permasalahan juga seringkali disebabkan oleh infeksi virus dan malware. Oleh karena itu update antivirus kamu dengan database yang paling baru dan lakukan full scan untuk memastikan tidak ada virus dan malware yang menginfeksi komputer.

 

Masalah 1: Komputer Terasa Lambat

Inilah masalah yang paling sering dialami oleh pengguna komputer. Tiba-tiba loading komputer lambat, membuka software lambat, dsb. Jika kamu mengalami hal ini, maka teliti apakah space hardisk terlalu penuh. Bersihkan hardisk dari file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi agar komputer bisa “bernafas” lega.

Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi

Gunakan juga fitur Disk Cleanup yang sudah ada di Windows untuk menghapus file-file sampah yang tidak berguna.

Selain itu coba cek startup program di Run -> msconfig -> startup, dan disable software yang tidak diperlukan dari daftar startup program. Terlalu banyak program yang di load saat startup inilah yang seringkali menyebabkan komputer terasa lembat.

 

Masalah 2: Download Terasa Lambat

Jika kamu merasa proses download atau membuka website terasa lambat, maka cek apakah ada program background yang sedang berjalan dan menggunakan koneksi internet. Windows Update, Antivirus Update, sinkronisasi email client, dsb terkadang membuat proses download menjadi lambat. Tunggu proses tersebut selesai dan kecepatan internet akan kembali normal.

Uji kecepatan internet dengan SpeedTest.net. Jika kecepatan internet tidak sesuai dengan paket yang kamu gunakan, dan internet terasa lambat, coba restart modem atau rooter. Matikan sejenak dan lepas dari power jika perlu. Setelah beberapa menit nyalakan kembali dan lihat apakah koneksi internet sudah kembali normal.

Terkadang download yang lambat juga bukan disebabkan oleh komputer, melainkan oleh ISP. Jadi hal pertama yang dilakukan adalah melihat akun support dari ISP tersebut apakah ada pengguna lain mengeluhkan hal yang sama. Speedy misalnya, mereka memiliki akun Twitter yang seringkali bisa menjadi tempat bagi kita untuk melihat apakah Speedy sedang bermasalah atau tidak.

Cara Mengatasi 11 Masalah Komputer yang Sering Terjadi

Jika lambatnya internet terasa tidak wajar dan sering putus-putus, lihat apakah router, modem, dan kabel network berjalan dengan normal. Internet yang bermasalah terkadang disebabkan oleh router dan modem yang mulai rusak.

 

Masalah 3: Komputer Restart Terus Menerus

Untuk mengatasi masalah ini pastikan Windows dalam keadaan up to date. Update antivirus dan scan komputer secara menyeluruh. Virus dan bug Windows terkadang menyebabkan restart secara tiba-tiba.

Selain itu overheat juga seringkali menjadi penyebabnya. Bersihkan komputer terutama di bagian ventilasi, bersihkan dari debu, dan lihat apakah fan masih berputar dengan normal. Komputer akan restart / mati secara otomatis jika mengalami overheat.

Driver yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab restart yang terus menerus. Download driver terbaru dari situs officialnya, mulai driver graphic card, motherboard, network card, dsb. Install driver versi up to date tersebut.

 

Masalah 4: Munculnya Pop-up di Desktop

Hal ini disebabkan oleh adware yang terinstall bersama software-software tertentu. Terkadang ada software tertentu yang menawarkan solusi seperti PC Speed-up, PC Speed Pro, dan nama yang mirip dengan itu. Beberapa software tersebut mungkin memang berguna, tetapi banyak juga yang tidak berguna dan malah menimbulkan masalah (adware,dsb)

Untuk mengatasi adware tersebut, scan komputer kamu menggunakan antivirus yang kamu gunakan dan MalwareBytes Anti-malware.

 

Masalah 5: Wi-Fi Bermasalah

Mungkin kamu sering mengalami Wi-Fi yang sering terputus dan bermasalah? Pastikan komputer kamu mendapatkan sinyal Wi-Fi yang kuat. Pastikan juga driver wireless card kamu sudah up to date. Setelah itu gunakan fitur Troubleshoot Problem dengan klik kanan icon Wi-Fi di taskbar dan pilih Troubleshoot Problems.

 

Masalah 6: Masalah Website Security Certificate

Seringkali ketika membuka website tertentu akan muncul masalah seputar security certificate. Hal ini biasanya disebabkan oleh jam komputer yang salah. Atur kembali jam di komputer hingga menunjukkan waktu yang tepat. Jika jam terus berubah setelah komputer dimatikan, mungkin baterai CMOS komputer kamu sudah habis sehingga kamu perlu menggantinya.

Selain itu bersihkan cache dan cookies browser kamu menggunakan CCleaner. Hal ini seringkali bisa menyembuhkan masalah security certificate saat browsing ke website-website tertentu.

 

Masalah 7: Printer Tidak Mau Nge-Print

Pastikan driver printer kamu up to date, tinta printer masih cukup, dan printer tidak rusak. Coba matikan dan nyalakan lagi printer. Bila perlu lepas printer dari komputer, restart komputer, dan hubungkan lagi printer tersebut ke komputer. Pastikan juga status printer kamu tidak dalam status Offline.

 

Masalah 8: Tidak Bisa Membuka Attachment Email

Biasanya attachment email tidak bisa dibuka karena kamu tidak memiliki software untuk membukanya. Lihat tipe file dari attachment tersebut dan install software yang digunakan untuk membukanya. Misalnya saja Jika file berupa PDF, install PDF reader.

 

Masalah 9: Software Favorit Tidak Berjalan di PC Baru

Jika software favorit kamu tidak berjalan di PC baru, coba lihat apakah software tersebut kompatibel dengan sistem PC baru tersebut. Banyak software untuk Windows XP tidak bisa berjalan di Windows 8. Beberapa software juga memerlukan aplikasi lain untuk bisa berjalan. Misalnya saja ada software yang butuh .NetFramework, Java, atau Flash agar bisa berjalan dengan normal.

Pastikan semua kebutuhan software tersebut terpenuhi dan software tersebut kompatibel dengan PC baru kamu. Jika tidak, maka segera cari alternatif software yang memiliki fungsi serupa.

 

Masalah 10: Sistem Corrupt/Error

Jika sistem operasi komputer kamu mengalami corrupt atau error, mungkin ada file system yang terhapus atau rusak. Siapkan DVD instalasi dan lakukan repair otomatis.

Kamu juga bisa membuka Command Prompt dengan Run As Administrator, lalu menjalankan command sfc /scannow

Command tersebut akan melakukan pengecekan sistem dan mengganti file sistem yang rusak dengan yang baru.

 

Masalah 11: USB Tidak Terdeteksi

Seringkali ketika menancapkan flashdisk, smartphone, atau perangkat lainnya melalui USB, perangkat tersebut tidak terdeteksi atau “not recognized”. Untuk mengatasinya pastikan driver yang terinstall di komputer kamu sudah up to date.

Matikan komputer dan lepas dari kabel power. Jika laptop matikan lalu lepas baterai dan kabel power. Biarkan selama 30 menit dan nyalakan lagi. Hal ini biasanya akan mengatasi permasalahan tersebut.

Itulah cara mengatasi 11 masalah komputer yang sering terjadi..tanpa biaya, tanpa ribet, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat ;)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Achmad Fahmi Yahya

    kalau print tdk bisa, pengalaman saya pribadi bisa juga karena software lain, semisal Accebyte karena mematikan print spooler windows :-)

  • Marwanto

    Untuk masalah yang sering ane alami ya yang nomor 2 itu, masalahnya dari cuma pembatasan bandwidth pemakaian internet unlimited dari Smartfr*n. Jadi kalo pemakaian udah lebih dari 2 GB, speed semula 512 Kbps turun ke 153 Kbps, terus kalo pemakaian sudah lebih lagi dari 3 GB, speed 153 Kbps turun ke 64 Kbps. Buat download 1 MB aja s/d 2 menit 30 detik, 10 MB=25 menit, 30 MB=1 jam 15 menit, 100MB= 4 jam 10 menit. Hal inilah yang membuat ane males update software/Windows. Mau ganti ISP tapi uang tdk mencukupi :(

  • Dandy

    untuk msalah otomatis sering keluar itu di komputer ane klo buka app dia suka keluar sendiri tpi bukan force close, skedar close saja, itu klo hanya pake modem, tpi klo gak pake modem, jalankan apps oke2 saja.
    mohon pencerahan

  • iyan

    klo bicara kata2 ”’MUNGKIN”’ … nenek ompong jg tw.. anda bicara solusi tanpa penyelesaian.

  • Yusfik Helmi

    terima kasih banyak mas, mencerahkan sekali

  • Miss

    flashdisk saya gak sengaja kepencet “Speed Up System” di auto play-nya, trs berubah statusnya yg dari removable disk jadi local disk, cara ngebalikin jadi removable disknya gimana ya? mohon infonya, terima kasih

  • rizgamer

    Saya punya laptop tapi ketika update and shut down, ketika update kaptopnya langsung di force shut down oleh saya. Tapi ketika saya nyalakan laptop, di layarnya hanya ada undoing chance dont turn off your computer. Bagaimana cara memperbaikinya?