Daftar Aplikasi yang Kamu Butuhkan Setelah Install Ulang Windows

Daftar Aplikasi yang Kamu Butuhkan Setelah Install Ulang Windows

2

Daftar Aplikasi yang Kamu Butuhkan Setelah Install Ulang Windows

Baru saja install ulang Windows? Apakah kamu orang yang pertama kali menginstall ulang Windows? Jika demikian, berikut ini WinPoin akan memberikan sedikit info mengenai aplikasi apa saja yang kamu butuhkan setelah install ulang Windows.

Setelah kamu menginstall ulang Windows, kamu akan kehilangan semua data yang ada di drive yang bersamaan dengan installasi Windows. Jika kamu tidak berhati-hati dan lupa melakukan backup, maka data yang ada di drive tersebut tidak bisa kamu selamatkan. Selain data-data, kamu juga akan kehilangan semua software yang kamu install. Berikut daftar aplikasi yang kamu butuhkan setelah install ulang Windows, sebagian besar aplikasinya gratis.

 

Driver: Monitor, Sound, Video Card, dll

Driver adalah hal dasar yang dibutuhkan hardware dan software agar dapat bekerja dengan baik. Ketika kamu selesai menginstall ulang Windows, kamu juga harus menginstall ulang driver yang kamu gunakan. Periksa terlebih dahulu hardware-hardware yang kamu gunakan, biasanya setiap hardware disertakan CD/DVD untuk installasi driver. Biasanya yang diinstall pertama adalah driver video card dan sound card. Jika kamu menggunakan mouse game, biasanya juga disertakan driver installer. Ini dikarenakan mouse game biasanya memiliki banyak tombol, tidak seperti mouse biasa.

 

Antivirus: Avast Free

Setelah kamu menginstall driver yang membuat semua hardware berjalan dengan lancar, kini kamu membutuhkan aplikasi keamanan. Untuk itu kamu hanya perlu menggunakan Antivirus, Avast Free. Avast Free sudah cukup untuk melindungi komputer kamu dari virus dan spyware. Jika kamu tidak suka menggunakan aplikasi ini, kamu bisa juga menggunakan AVG Free. Yang terpenting antivirus yang kamu gunakan selalu di update agar database virusnya selalu baru.

 

Browser: Chrome

Sekarang internet bukanlah sesuatu yang tabuh, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Untuk bisa menggunakan internet, kamu haruslah menginstall browser terlebih dahulu. Salah satu browser favorit WinPoin yang gratis adalah Chrome. Bila kamu pengguna Windows 8, mungkin kamu tidak perlu menginstall browser lagi. Karena IE versi 10 ke atas, kemampuan browsingnya sudah membaik daripada versi sebelum-belumnya. Jika kamu tidak suka menggunakan Chrome, kamu bisa mencoba Firefox, Opera, atau Safari. Kenapa WinPoin memilih Chrome? Karena Google Chrome banyak memiliki extensi dan jarang sekali mengalami memory leak, sebaliknya Firefox mudah sekali terkena memory leak dengan extensi-extensinya. Untuk Opera dan Safari entah mengapa WinPoin tidak srek sama sekali.

 

Compression: 7-Zip

Setelah 20 tahun format ZIP dirilis dan kita masih menggunakannya sampai sekarang. Format ZIP sekarang sangatlah populer, selain itu ada format lain seperti RAR dan 7Z yang juga populer. Setelah menginstall ulang Windows, aplikasi lain yang pasti kamu butuhkan adalah Compression. Aplikasi Compression pilih WinPoin adalah 7-Zip, dengan aplikasi ini kamu dapat membuat compression file format ZIP, 7Z atau tar. Walaupun 7Zip tidak dapat membuat file RAR, tetapi ia dapat membaca file RAR.

 

Office: Libre Office

Tidak ada komputer di muka bumi ini yang tidak membutuhkan office suite. Pelajar ataupun orang kantor selalu membutuhkan office suite untuk membua dokumen atau laporan keuangan. Meskipun kamu jarang menggunakannya, tetapi kadang kala kamu juga harus membuka dokumen juga bukan. Untuk itu WinPoin menyarankan kamu menggunakan Office suit gratis yaitu Libre Office atau kamu juga bisa menggunakan layanan online seperti Google Docs.

 

PDF Reader: Sumatra PDF

Jika kamu sering membaca ebook, kamu pasti sangat familiar dengan file berformat .pdf. WinPoin sarankan kamu menggunakan Sumatra PDF, dengan aplikasi ini kamu dapat membuka file format PDF, XPS, CBR, EPUB, dan MOBI.

 

Video Player: VLC Media Player

Seperti halnya Office Suite, tidak lengkap rasanya jika komputer tidak memiliki video player. Sebenarnya Windows sudah memiliki video player yaitu Windows Media Player. Tetapi bila kamu tidak suka dengan Windows Media Player, kamu bisa mencoba VLC Media Player. VLC Media Player dapat memainkan berbagai format video seperti avi, mkv dan dat.

 

Music Player: AIMP Player

Terakhir kamu bisa menginstall Music Player seperti AIMP Player, walaupun kamu bisa memainkannya dengan Windows Media Player tetapi rasanya kurang pas. Dengan menggunakan AIMP Player, kamu dapat memainkan berbagai file format audio seperti m4a, opus, ogg, s3m dan masih banyak lagi.

 

Kesimpulan

Itulah aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan ketika kamu selesai menginstall ulang Windows. Mungkin ini akan membuat kamu membuang-buang banyak waktu, ditambah lagi kamu harus memperhatikan dengan benar ketika proses installasi. Biasanya freeware saat proses installasi menawarkan berbagai produk tambahan atau addware. Jadi apakah kamu punya aplikasi lain setelah menginstall ulang Windows selain aplikasi diatas?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Muhammad Dagistan

    Om ada gak software yang bisa mempercepat PC ?
    Mohon Bantuanya!!

  • Gunantoro

    Jadi sehabis install ke win 10 semua aplikasi Office ke hapus ya gan,? misal aplikasi itu kita pindahin dulu ke drive lain bisa ga gan, terus kita jalanin lagi shbis intall win 10