Kenapa Linux Bisa Membaca Partisi Windows Namun Sebaliknya?

Kenapa Linux Bisa Membaca Partisi Windows Namun Sebaliknya?

0

Kenapa Linux Bisa Membaca Partisi Windows Namun Sebaliknya?

Jika kamu pernah memiliki komputer dengan dual boot system, Windows dan Ubuntu atau Windows dan distro Linux lainnya. Kemudian mencoba untuk membaca data di Linux menggunakan Windows dan ternyata hasilnya tidak bisa. Sedangkan untuk Linux, kamu bisa membaca data di Windows tanpa masalah. Kenapa Linux bisa membaca partisi Windows sedangkan sebaliknya, Kenapa Windows tidak bisa membaca partisi Linux?

Jawabannya adalah, karena Windows hanya mendukung partisi NTFS dan FAT untuk hardisk dan CDFS dan UDF untuk media optik seperti CD atau Flashdisk. Sedangkan untuk Linux sendiri malah mendukung ext2, ext3 maupun ext4 juga bisa membaca NTFS dan FAT. Jika Windows ingin bisa membaca partisi dari ext2, ext3 atau ext4, ini akan memerlukan software tambahan atau bahkan hardware tambahan. Berikut ini beberapa software tambahan yang bisa kamu gunakan untuk bisa membaca partisi Linux di Windows:

Ext2Fsd
Ext IFS
Ext2explore
DiskInternals Linux Reader

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan layanan cloud storage seperti Dropbox. Upload file-file penting kamu ke Dropbox, maka saat kamu menggunakan Windows atau Linux, masalah file akan teratasi dengan mengakses file penting langsung dari akun Dropbox kamu. Dengan Dropbox kamu juga tidak perlu menginstall software tambahan diatas. Apakah kamu punya pendapat lain? Tinggalkan komentar kamu dibawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.