Setelah beberapa kali penundaan, Microsoft akhirnya memastikan akan mengakhiri support untuk Skype Classic pada tanggal 1 November 2018 mendatang dan Skype Classic ini tidak akan lagi dapat digunakan. Apa sebenarnya Skype Classic itu dan bagaimana menentukan apakah kamu menggunakan Skype Classic atau tidak saat ini?

 

Skype Classic dan Bedanya dengan Skype Modern

Skype Classic, dikenal juga sebagai Skype 7, adalah versi terbaru dari Skype desktop tradisional yang biasanya kita unduh langsung dari website Skype (bukan Microsoft Store Windows 10). Dalam pernyataan resmi Microsoft, mereka akan mulai ‘membunuh’ Skype Classic pada tanggal 1 November mendatang. Dengan demikian, jika kamu masih menggunakan Skype versi ini, maka kamu tidak akan dapat menggunakannya lagi. Jika kamu lolos pada 1 November tersebut, kemungkinan Skype tersebut tidak akan lagi berfungsi setelah beberapa hari atau minggu setelahnya.

Skype modern, disebut juga sebagai Skype 8, versi Skype yang diharapkan oleh Microsoft untuk kamu gunakan di Windows 10 ini, adalah versi baru Skype yang sudah terinstal secara default di perangkat Windows 10 milikmu. Kamu juga bisa men-download versi Skype ini di Microsoft Store. Versi Skype baru ini memiliki fitur yang saling terintegrasi dan lebih sederhana. Microsoft menyatakan bahwa Skype versi ini telah dioptimalkan untuk bekerja dengan arsitektur layanan cloud yang bersahabat dengan perangkat mobile, sehingga memudahkan kamu untuk memanfaatkan Skype di smartphone atau smart device lainnya.

 

Kenapa Penggemar Banyak Memprotes Kebijakan Ini?

Rencana Microsoft menghentikan layanan Skype Classic menjadikan banyak penggemar protes. Ini jugalah yang menyebabkan rencana penghentian layanan tersebut terus menerus mundur sejak pertama kali dikemukakan Microsoft. Berikut ini beberapa fitur yang ada di Skype Classic, tapi tidak ada di Skype modern:

  • Skype Classic memungkinkan pengguna memanfaatkan beberapa jendela, sehingga kita bisa mengobrol dengan beberapa orang di waktu yang sama dengan jendela terpisah.
  • Skype Classic memungkinkan pengguna menjalankan beberapa ID di satu PC.
  • Skype 8 hanya memiliki 3 set status, yaitu Available, Do Not Disturb, atau Invinsible. Di Skype Classic, ada pilihan status Away yang populer untuk menunjukkan bahwa pengguna tidak di tempat.
  • Opsi sound untuk Skype Classic lebih banyak dan bervariasi.
  • Versi Skype 8 tidak dapat membaca input perangkat DirectShow. Ini berarti pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi Open Broadcaster Software (OBS), Xsplit, atau Manycam untuk melakukan capture pada layar perangkat dan membagikannya lewat Skype.
  • Pengguna bisa menonaktifkan emoji di Skype Classic sehingga memungkinkan percakapan yang lebih serius dan menghindarkan kata tertentu muncul sebagai emoji. Misalnya jika kita menulis (like) di Skype, maka di Skype 8 ini akan langsung diubah menjadi emoji jempol, sementara di Skype Classic, ini bisa dinonaktifkan.

 

Mengapa Microsoft Mematikan Skype Classic?

Microsoft sudah lama ingin melakukan ini, karena mereka telah berpindah ke arsitektur Cloud yang lebih ramah seluler, memungkinkan pesan sinkron lebih cepat dengan perangkat seluler. Namun resistensi pengguna menjadikan Microsoft terus menerus memundurkan rencana ini. Sampai-sampai ada petisi di Change.org untuk meminta Microsoft mempertahankan versi desktop! Padahal dengan pindah ke versi modern Skype, Microsoft bisa menghilangkan biaya pemeliharaan pada Skype lama dan memanfaatkannya untuk hal lain.

 

Kesimpulan

Dengan keputusan Microsoft ini, maka mau tidak mau kamu harus upgrade dan menggunakan Skype yang diunduh dari Microsoft Store jika ingin terus menggunakan Skype. Tidak ada jalan lain lagi. Microsoft nampaknya sudah ngebet ingin mengurangi biaya pemeliharaan Skype dan tidak akan memundurkan rencananya kembali. Jika kamu belum mencoba Skype versi terbaru, maka saya sarankan kamu mencobanya agar lebih terbiasa jika nanti Skype Classic sudah dimatikan.

 

Sumber: HowtoGeek

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.