Home News 10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

Berdasarkan berbagai demo dan pengumuman di event BUILD 2016 beberapa waktu lalu, kita bisa mengumpulkan beberapa fitur yang bakal ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update nanti.

Perlu diketahui bahwa event BUILD 2016 merupakan event developer, sehingga berbagai fitur yang disampaikan disana tentu yang awesome bagi developer dan kalangan creator. Untuk fitur bagi konsumer biasanya bakal diumumkan di event tersendiri.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah 10 fitur yang bakal ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update, berdasarkan yang WinPoin amati dari event BUILD 2016:

 

Integrasi Ubuntu, Bash, & Linux Tools

Windows 10 Redstone = Gabungan Ubuntu Linux + Windows, dan Seperti Inilah Demo nya (Video)

Mungkin ini adalah fitur yang paling menarik diantara semuanya. Bekerja sama dengan Canonical (perusahaan dibalik pengembangan Ubuntu), Microsoft menanamkan Ubuntu UserMode kedalam Windows secara native.

Hal ini membuat kamu bisa menjalankan Linux Command Line dan berbagai Linux Tools langsung dari dalam Windows 10. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi developer, khususnya bagi developer open source yang memang banyak bergantung kepada Bash.

Tidak tanggung-tanggung, berbagai command Bash bisa dijalankan di Windows. Tool seperti vi juga bisa digunakan. Bahkan kamu bisa menginstall menggunakan command apt-get install seperti yang biasa kamu lakukan melalui Ubuntu Linux.

Untuk melihat seperti apa Linux Command Line saat dijalankan di Windows 10, langsung saja tonton video ini.

 

Windows Ink & Pen

Jika kehadiran Bash dan Linux tools di Windows 10 cukup mengejutkan developer, fitur Windows Ink & Pen ini mampu membuat desainer bertepuk tangan.

Di Windows 10 Anniversary Update, layar device bakal menjadi seperti canvas. Dengan menggunakan Pen stylus kamu bisa mencorat-coret di hampir semua elemen Windows, termasuk juga Sticky Notes, Office, Sketch, dsb.

Telah didemokan bagaimana kerennya memunculkan penggaris virtual, lalu menggunakannya untuk menggambar sketsa. Persis seperti menggambar dengan penggaris diatas kertas!

Bahkan Adobe juga mengupdate berbagai aplikasi desain mereka agar lebih optimal saat digunakan di Windows 10 dengan fitur Ink.

Lihat saja bagaimana kecanggihan Windows Ink melalui video ini

 

Android Notification

Android Notification

Nantinya tidak hanya pengguna Windows 10 Mobile saja yang notifikasinya bakal masuk juga di Windows 10 PC, tetapi pengguna Android juga.

Jika pengguna Android menginstall Cortana di smartphone mereka, maka setiap notifikasi yang masuk ke Android smartphone bakal masuk juga di Windows 10 PC.

Menariknya notifikasi ini tersinkronisasi satu sama lain, sehingga jika kamu menghapus notifikasi di PC, maka di Android juga akan hilang. Hal yang sama berlaku juga sebaliknya.

Fitur baru ini akan membuat pengguna Android tidak ketinggalan info notifikasi di smartphone mereka saat menggunakan Windows 10 PC.

Hal yang sama tentu juga bisa dinikmati pengguna Windows 10 Mobile.

 

UI Start Menu Baru

Microsoft Berencana Merubah Tampilan 'All Apps' Pada Start UI Windows 10 dengan Bantuan Feedback dari Insider Microsoft Berencana Merubah Tampilan 'All Apps' Pada Start UI Windows 10 dengan Bantuan Feedback dari Insider

Tampilan Start Menu, baik itu di desktop mode maupun tablet mode bakal dirombak. Perubahan ini khususnya menyasar daftar aplikasi (Apps List) untuk membuat tampilannya semakin rapi dan mudah untuk dinavigasi.

 

Action Center Baru

10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

Action Center bakal mengalami perubahan yang cukup besar. Tampilannya nya bakal berubah menjadi berbasiskan “Card”, seperti kartu-kartu yang ditumpuk berjajar rapi dari atas ke bawah. Cortana sendiri juga bakal berupa sebuah Card disana.

Notifikasi juga meningkat secara pesat. Kamu bakal bisa mengetahui ada berapa notifikasi yang masuk melalui icon Action Center di taskbar.

 

Navigasi Live Tiles Baru

10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

Di berbagai live tile, saat ini ketika kamu mendapati ada informasi yang menarik dan kamu tap, maka aplikasi akan terbuka, namun tidak langsung mengarah ke informasi yang kamu tap tadi.

Nah di Anniversary Update ketika kamu mendapati informasi menarik di Live Tile, maka ketika kamu tap bakal otomatis diarahkan ke informasi tersebut, entah itu di live tiles News, Email, dsb.

 

Continuity / Handoff

10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

Sebenarnya belum ada nama resmi yang diumumkan oleh Microsoft untuk menyebut fitur baru ini. Tetapi fungsinya bakal mirip seperti Apple Handoff, dimana ketika kamu mendapatkan pesan atau kontak via smartphone, kamu bisa mengangkat atau membalasnya melalui PC.

Sepertinya fitur ini bakal dinikmati oleh pengguna Windows 10 PC yang memakai Windows 10 Mobile. Namun apakah nantinya bakal dihadirkan juga oleh Microsoft ke platform lainnya melalui Cortana, kita belum bisa memastikan juga.

 

Ekstensi Edge (dan Fitur Baru Lain)

 

microsoftedgeekstensi1

Sesuai dengan yang banyak direquest oleh Insider dan pengguna browser Microsoft Edge lainnya, di update Anniversary browser tersebut bakal ditanamkan support ekstensi.

Berbagai ekstensi seperti Adblock ataupun yang lainnya bakal bisa diinstal di Edge. Kabarnya tidak sulit bagi developer untuk memporting ekstensi Google Chrome mereka ke Edge, jadi bisa diharapkan berbagai ekstensi populer yang ada di Chrome bisa dengan mudah ditemukan di Microsoft Edge.

Ada juga fitur baru lain seperti login di website dengan Windows Hello dan kemampuan untuk pin tabs.

 

Desktop App Converter

10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

Microsoft memang punya target besar untuk popularitas Universal Apps. Untuk itu mereka menyediakan apa saja yang dibutuhkan oleh developer dalam mengembangkan Universal Apps.

Kali ini yang paling gress adalah akan dirilisnya converter Desktop Apps ke Universal Apps. Converter ini nantinya akan memudahkan developer untuk mengubah desktop app buatan mereka menjadi Universal Apps.

Dengan begitu diharapkan jumlah UWP apps di Windows 10 Anniversary Update bakal terus meningkat.

 

Integrasi Bot

10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

Cortana dan Skype bakal dilengkapi dengan Bot yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bukan tidak mungkin third party apps juga bakal mulai banyak yang dilengkapi bot mengingat bot framework ini memang disediakan Microsoft secara terbuka bagi developer.

 

Itulah 10 fitur yang bakal ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update, yang rencananya dirilis di musim panas (region setempat) tahun ini.

Perlu diketahui bahwa daftar fitur ini masih bisa berubah, dan sedikit demi sedikit bakal bisa kita cicipi melalui Windows 10 “Redstone” Insider Preview.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.