Home News Windows 10 Redstone = Gabungan Ubuntu Linux + Windows, dan Seperti Inilah...

Windows 10 Redstone = Gabungan Ubuntu Linux + Windows, dan Seperti Inilah Demo nya (Video)

Windows 10 Redstone = Gabungan Ubuntu Linux + Windows, dan Seperti Inilah Demo nya (Video)

Dulu ini memang terdengar sangat tidak mungkin. Bagaimana mungkin Microsoft bakal mengintegrasikan Linux kedalam Windows?

Tetapi di era Satya Nadella yang mengedepankan keterbukaan platform, hal itu menjadi mungkin. Bahkan akan terealisasi di update mayor Windows 10 selanjutnya yaitu Redstone (Anniversary Update) yang bakal dirilis musim panas region setempat (sekitar Juli – September 2016).

Tidak tanggung-tanggung, Microsoft langsung bekerja sama dengan Canonical dan mengintegrasikan Linux UserMode milik Ubuntu beserta toolsnya kedalam Windows.

Ini bukan VM, tetapi benar-benar Linux yang berjalan secara native didalam Windows langsung melalui sub-sistem Windows (Windows Subsystem for Linux).

Canonical telah membuat images Ubuntu tanpa kernel, yang akhirnya dijalankan diatas Windows Subsystem for Linux.

Hasilnya Ubuntu UserMode bisa berjalan di Windows NT Kernel. Sehingga melalui Windows, kamu bisa menggunakan berbagai Linux tools, salah satunya adalah Bash Command Line.

Lihat saja bagaimana saat Linux Command Line dari Ubuntu digunakan di Windows 10 Redstone melalui video di bawah ini (dimulai dari menit ke 4)

Oh ya..buat kamu yang kemaren sempat bertanya-tanya, ya..Linux Command Line di Windows bisa digunakan untuk menjalankan command apt-get (lihat di menit 8:11, dimana didemokan instalasi git melalui command apt-get install git).

Dan lebih daripada itu, diintegrasikannya Ubuntu ke Windows bukan untuk sekedar tujuan main-main saja, tetapi benar-benar untuk memudahkan dan meningkatkan produktivitas dari developer di Windows.

Bagaimana tanggapan kamu dengan langkah mengejutkan dari Microsoft ini? Bagikan pendapat kamu disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.