Home Review Tidak Semua Virus itu Virus, Lalu Apa Bedanya..??

Tidak Semua Virus itu Virus, Lalu Apa Bedanya..??

Banyak orang mengatakan kalau komputer mereka terkena virus. Tetapi benarkah itu virus? Padahal yang mereka sebut sebagai virus itu belum tentu virus lho! Virus masuk dalam kategori malware dan malware masih dibagi menjadi beberapa kategori lagi. Mengetahui kategori yang lebih spesifik tentang malware, setidaknya membuat kamu bisa lebih berhati-hati ketika menggunakan komputer, entah itu browsing, download atau sekedar melakukan copy-paste data.

Kali ini WinPoin akan menjelaskan apa itu malware, virus, worm, Trojan, rootkit, keylogger, spyware, dan masih banyak lagi. Semuanya termasuk hal-hal yang membahayakan bagi komputer kamu dan jika kamu sering online, sebaiknya kamu membaca artikel ini.

 

Malware

Malware adalah kependekan dari maliciuos software, software yang berfungsi untuk merusak sistem komputer atau hanya sekedar mengganggu sistem komputer. Kebanyakan orang menyebut malware dengan sebutan virus, tetapi sebenarnya virus adalah hal yang lebih spesifik dari malware. Sebutan malware adalah untuk semua software yang berbahaya termasuk virus, dan tipe-tipe lainnya seperti di bawah ini.

 

Virus

Tipe Malware yang Sebenarnya Virus Tetapi Bukan Virus

Sebenarnya apa virus itu? Virus adalah tipe malware yang menggandakan dirinya sendiri dan menginfeksi file lainnya. Virus dapat melakukan berbagai hal, seperti memantau kamu secara background dan dapat mencuri password berbagai akun kamu, menampilkan iklan, atau merusak komputer kamu, tetapi hal yang paling penting adalah virus ini dapat menyebar dengan menggandakan diri. Ketika kamu menjalankan virus, itu akan membuat virus menginfeksikan ke program pada komputer kamu dan seterusnya. Virus dapat menginfeksikan dirinya ke program, file, boot sector atau hardisk. Sebagai contoh, virus menginfeksikan program file ke USB. Setelah itu di komputer lain, USB tersebut dibuka dan virus tersebut akan berjalan di komputer tadi. Virus akan terus menyebar dengan menggunakan metode seperti ini.

 

Trojan horse

Untuk mendapatkan yang diinginkan, Malware sering kali berjalan tanpa diketahui, dimatikan atau bahkan dihapus. Ketika malware seperti ini yang kamu hadapi, malware ini disebut sebagai trojan horse. Jadi torjan horse berusaha menyamar dan membuat kamu menjalankannya tanpa disadari. Biasanya torjan horse disisipkan oleh spyware di software bundle yang dapat dengan mudah didownload dari internet. Malware tipe ini biasanya dapat melakukan berbagai hal, seperti menghapus file, memata-matai kamu, menggabungkan komputer kamu ke botnet atua bahkan mendownload malware lainnya.

Tipe Malware yang Sebenarnya Virus Tetapi Bukan Virus

 

Rootkits

Salah satu malware program yang menginstallkan dirinya ke sistem, yang berusaha sembunyi dan menghindari untuk terdeteksi disebut sebagai rootkits. Malware tipe ini memungkinkan dirinya untuk mengutak-atik host sistem operasi sehingga software keamanan pun tidak dapat mendeteksinya. Rootkits juga mungkin menyembunyikan dirinya sepenuhnya agar tidak dapat terlihat di Windows Task manager. Jadi malware tipe rootkits adalah tipe yang menyembunyikan dirinya setelah ia menginfeksikan diri.

 

Backdoors

Backdoor adalah malware dengan tipe untuk melewati prosedur normat authentication. Ketika sistem sudah dilewati maka backdoor akan menginstall dirinya untuk memudahkan akses suatu saat. Cracker biasanya menggunakan backdoor untuk mengamankan remote access ke komputer, ia melakukannya dengan berbagai cara seperti menggunakan trojan, worm atau cara lain.

 

Worm

Tipe Malware yang Sebenarnya Virus Tetapi Bukan Virus

Saudara virus adalah worm, ia memiliki cara kerja yang sama tetapi masih canggih worm. Ketika virus mencoba untuk menggandakan dirinya dengan memanfaatkan user, worm mencari cara yang lebih canggih. Worm dapat menggandakan dirinya sendiri melalui jaringan. Misalkan saja, dulu Windows XP yang terhubung dengan virus rentan sekali terkena worm sampai update Firewall muncul. Worm akan menginfeksi komputer Windows XP yang terkoneksi dengan internet dan menyebarkan dirinya ke jaringan lain dari komputer itu. Meskipun firewall sekarang sudah aktfi dengan otomatis, worm masih dapat keluyuran dengan metode baru yaitu melalui email.

 

Adware

Adware lebih mirip seperti malware, ini adalah tipe malware yang menampilkan iklan di komputer kamu. Pada umumnya adware tidak berbahaya, tetapi ada adware yang sangat mengganggu. Misalkan saja adware tersebut menyusup ke sistem kamu dan menginstallnya dirinya, iklan yang ditampilkan adware tersebut akan tampil di semua program kamu, ada menu pop-up muncul berupa iklan atau bahkan menambahkan iklan di browser kamu ketika kamu browsing. Adware adalah malware yang tidak berbahaya dan hanya mengganggu, ini mungkin sering kamu dapatkan. Berupa software bundle, seperti Oracle Java yang bundle dengan Ask Toolbar.

Tipe Malware yang Sebenarnya Virus Tetapi Bukan Virus

 

Keylogger

Bagi kamu yang sering transaksi online bank haruslah berhati-hati dengan Keylogger. Keylogger adalah tipe malware yang berjalan secara background, mencatat semua apa yang kamu pencet di keyboard. Keylogger bisa mencatat, username, password, nomor credit card, dan data lainnya. Setelah itu Keylogger mungkin saja menguploadkan data-data kamu ke server yang dapat dilihat oleh orang banyak.

 

Botnet

Botnet adalah sebuah jaringan besar network yang berada di bawah kontrol Botnet. Setiap komputer yang terinfeksi Botnet akan menjadi bot, kemudian komputer akan terhubung dengan control server dan menunggu instruksi dari kontrol Botnet. Biasanya Botnet digunakan untuk serangan DDoS ke sebuah server atau situs.

 

Spyware

Tipe Malware yang Sebenarnya Virus Tetapi Bukan Virus

Terakhir Spyware, malware tipe Spyware adalah malware berbahaya yang memata-matai tanpa kamu ketahui. Ia mampu mengumpulkan data dari komputer kamu, tergantung apa yang dapat dilakukan Spyware. Berbagai jenis malware dapat berfungsi sebagai Spyware yang digabungkan ke dalam trojan atau keylogger. Malware tipe ini berusaha mendapatkan data-data yang menguntungkan dari kamu. Tetapi ada juga spyware yang tidak berbahaya, seperti ia memantau kamu untuk menganalisa browser yang kamu gunakan, setelah itu ia akan mengupload data browser kamu untuk server iklan yang akan ditampilkan ke kamu.

 

Jadi apakah antivirus mampu menyelamatkan kamu dari semua tipe malware diatas, atau hanya melindungi dari virus saja? Ketahuilah bahwa sebagian besar antivirus sebenarnya tidak hanya melindungi dari virus saja, tetapi juga dari semua tipe malware diatas. So..mungkin bakal jadi lebih tepat jika antivirus yang demikian disebut sebagai anti-malware.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • yusuf habibillah

    nambah ilmu nih!
    makasih banyak sob! :)

  • Nanang Sunardi

    paling gedeg sama AdWare -_-

  • Adnan Zaki

    Sip, nice info. Gue ga lama abis beli laptop, lgsg pasang eset nod32, lumayan ampuh soalnya malware dr flashdisk ga berkutik kalo ada dia :v
    Internet securitynya bagus, bisa ngedeteksi kalo halaman yg kita buka ga aman, untungnya winpoin ga pernah dideteksi sbg web tdk aman ama doi *eh -.-v
    Tp yg ngerinya itu kalo malware yg ga keliatan. PC kita keliatan baik2 aja tp sbnrnya ada malware -_- gua rasa sih hampir semua pc ada malwarenya ya, apalagi yg doyan software cracked *nunjuk diri sendiri*

  • 1 . “Jadi torjan horse berusaha menyamar dan membuat kamu menjalankannya
    tanpa disadari. ”
    2. “Biasanya torjan horse disisipkan oleh spyware di
    software bundle yang dapat dengan mudah didownload dari internet.”
    3. “menggabungkan komputer kamu ke botnet atua bahkan mendownload malware lainnya.”

    ada apa gerangan om,sampai terjadi 3 typo dalam 1 paragraf ? :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Paling berhati hati..kapan salah satu kali saja.. .. kiamat.. dah hidupmu …. = Ransomware

  • Rifa Naftali Azka

    kalo saya nggak bisa buka internet gmn? padahal dah pake wifi.. udah pasang antivirus.. apakah itu virus? virus apa?

  • Rifa Naftali Azka

    (ralat) laptop saya nggak bisa buka internet.. padahal sudah pake wifi, bukan limited.. apa kah itu virus? saya harus apa? mohon bantuan nya yaaaa..

    • Haris Mubaroq

      Coba cek proxy, DNS, tanggal.

      • Rifa Naftali Azka

        cek nya dimana ya pak? terus saya harus apa? saya pake Windows 8.1

  • Arch625

    Saran dong, antivirus yg bagus dan ringan ap…? Gue soalnya nyman aj sama antivirus bawaan windows 8.1 “windows defender”…

    • alanndz

      Smadav :D ane juga masih pke windows defender

      • Arch625

        Klo gk slh smdav antivirus lokal ya… Ane defender doang…

        • alanndz

          iya, ane juga pke defender doank :D

  • Rifa Naftali Azka

    siapa dong.. bantu saya

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      bantu apaan?

  • Wisnu Prasetyo

    tambah min, ransomware