Home Editorial Inilah Daftar Teratas Permintaan Fitur dari User untuk Windows 10

Inilah Daftar Teratas Permintaan Fitur dari User untuk Windows 10

Inilah Daftar Teratas Permintaan Fitur dari User untuk Windows 10

Keberadaan konsumen atau user sangat menentukan dalam jumlah keuntungan yang diraup sebuah perusahaan. Semakin produk dari perusahaan memuaskan konsumen, maka akan banyak konsumen lain yang berdatangan. Microsoft mulai menyadari adanya faktor ini dan tengah mencoba memperbaiki hubungannya agar lebih dekat dengan user.

Microsoft tidak ingin jatuh di lubang yang sama seperti saat sebelumnya. Banyak user yang menyesal karena telah membeli Windows 8 dan masih banyak yang lebih memilih menggunakan Windows 7. Bahkan banyak yang masih menggunakan Windows XP meskipun supportnya telah dihentikan. Ini karena Microsoft sebelumnya tidak benar-benar peduli apa yang diinginkan user. Tapi sekarang cerita itu sudah berlalu dan Microsoft sudah menemukan solusinya.

Lewat tools UserVoice, Microsoft menerima saran dan ide yang diinginkan oleh user. Dengan begini mereka dapat dengan mudah mengembangkan fitur yang benar-benar dibutuhkan user. Semakin banyak vote dari sebuah fitur di UserVoice, Microsoft akan mulai memperhatikannya dan akan menerapkannya di produk milikinya.

Berikut ini daftar teratas permintaan fitur dari user untuk Windows 10. Kalau salah satu fitur tersebut ada yang ingin kamu dukung, kamu bisa memberikan vote. Semakin banyak jumlah vote maka semakin besar kemungkinan Microsoft akan menanggapinya.

 

Kembalikan Aero Glass

Windows 10 Aero Glass

Aero Glass pertama kali datang di Vista, perannya saat itu benar-benar membuat Windows tampak keren dan elegan. Pada saat itu tampilan taskbar dan window terlihat transparan membuat orang tertarik. Sedangkan Windows 8 dirilis dengan tampilan flat, banyak orang yang belum bisa melupakan Aero Glass, meminta Microsoft mengembalikannya di Windows 8. Meskipun sebenarnya ada Aero Glass untuk Windows 8, tapi itu merupakan dukungan dari aplikasi pihak ketiga, terlebih lagi membutuhkan baterai laptop cepat habis. (Baca: Wah..Theme Aero Glass Akan Hadir di Windows 10)

Saat ini vote permintaan fitur ini sudah cukup banyak. Banyak pengguna desktop dan hardware yang dimilikinya mendukung fitur ini. Banyak pula pengguna desktop yang tidak menyukainya. Tapi setidaknya jika Microsoft menambahkan fitur Aero Glass, user punya pilihan bisa menggunakannya atau tidak.

 

Tambahkan Tab di File Explorer

Tab Explorer Windows 10

Fitur tab telah ada selama bertahun-tahun. Kamu mungkin akan sering menemukannya di browser, memungkinkan kamu untuk berpindah dari satu situs ke situs yang lain dengan mudah. Tapi sebenarnya fitur tab ini ada di segala macam software dan semuanya memang memudahkan user. Anehnya Microsoft tidak menyadari bahwa fitur ini juga sangat dibutuhkan user untuk ada di File Explorer. Kamu mungkin sering membuka banyak File Explorer untuk melakukan aktifitas copy, paste, move, upload atau download. (Baca: Kamu Bisa Mengendalikan Banyak PC Hanya dengan Satu Mouse dan Keyboard Saja!)

Berdasarkan ide tersebut, sebuah permintaan fitur ini telah ada di UserVoice. Saat ini vote sudah mencapai puluhan ribu, jika kamu merasa fitur ini bermanfaat silahkan bantu vote. Tentu buat kamu yang setiap hari bergelut dengan file pasti menginginkan fitur ini.

 

Custom Login Screen

Login User Windows 8

Login Screen di Windows 8 sangat berbeda dengan Windows 7, tampilannya jadi agak membosankan dan kurang memiliki daya tarik. Hanya ada user picture, kolom password dan background warna dari tile. Microsoft benar-benar merombak tampilan Windows 8 dari tampilan sebelumnya dan mementingkan desain modern UInya. Berbeda dengan Windows 7 yang tampil sangat anggun. (Baca: Inilah Cara Mengubah Tampilan Windows 8 atau 8.1 Seperti Windows 7 atau XP)

Kenyataannya banyak user yang meminta fitur Login Screen bisa dicustom, misalnya saja memberikan background. Dengan begini tampilan Windows tidak akan lagi membosankan. Ide yang simpel memang, tapi karena Windows memang mencerminkan personalitas, kenapa tidak? Buat kamu yang ingin fitur ini ada di Windows 10, silahkan bantu vote. (Baca: Review Aplikasi Custom Tile Maker Windows 8: Aplikasi Live Tile Photo Gallery)

 

Fitur Phone di Windows 10 PC

Berkaca dari kemampuan yang sama di OS X dan iPhone, pengguna ingin hal yang sama juga di Windows 10 PC. Mereka ingin Windows 10 PC memiliki fitur Phone yang bisa melakukan call, SMS, chat, voice mail, dsb dalam sebuah aplikasi, dan aplikasi ini akan tersinkronisasi dengan smartphone. Jadi jika smartphone kamu sedang di charge di ruang tengah dan ada SMS masuk, kebetulan kamu sedang di lantai atas di depan komputer, maka SMS tersebut bisa masuk ke PC dan langsung kamu balas dari sana. Hal yang sama juga berlaku untuk call, chat, dsb.

OS X dan iPhone memiliki fitur ini, jadi kenapa tidak dihadirkan saja di Windows 10?

Request fitur ini mencapai lebih dari 27 ribu vote.

 

Gabungkan PC Settings Dengan Control Panel

zPC Setting Windows 10

PC Settings dibuat Microsoft untuk menawarkan cara pengaturan yang lebih sederhana dan mudah untuk user, terutama untuk mereka yang menggunakan device touchscreen. Tapi banyak penguna yang bingung, antara PC Settings dan Control Panel yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Pengaturan Windows ada di dua tempat benar-benar membingungkan dan merepotkan.

Bahkan beberapa pengaturan ada dua tempat tersebut, sementara pengaturan lain ada di tempatnya masih-masing. Bila kedua utility ini digabungkan maka user tidak perlu bingung dan bisa mengatur device dari satu tempat saja. Oleh karena itu ada vote untuk menggabungkan keduanya, jika kamu berpikiran yang sama maka silahkan bantu vote tersebut.

 

Windows Update Mendukung Semua Driver

Jika kamu menemukan masalah driver pada Windows, kamu tidak sendirian. Saat pertama kali kamu menginstall Windows, pasti ada saja driver yang harus kamu update untuk mendukung hardware dengan OS. Kamu harus mendownload driver dari situs resmi atau berburu di dunia maya. Terlalu banyak membuang waktu dan kurang praktis. Bukankah lebih bagus kalau itu tersedia bersamaan dengan Windows Update? (Baca: Apa itu Driver?)

Saat ini memang Windows sedikit mendukung update driver, tapi itu tidak semua perusahaan hardware dan tentunya tidak lengkap. Fitur ini sangat membantu user, memastikan mereka bisa mendownload secara otomatis dan akurat di dalam satu tempat. Tidak bergantung pada tools lain yang bisa menjadi membahayakan sistem Windows. (Baca: Tidak Semua Virus itu Virus, Lalu Apa Bedanya..??)

Kalau kamu merasa fitur ini sangat penting dan dibutuhkan, silahkan berikan vote untuk membantu user lain.

 

Tambahkan Icon Recycle Bin di Taskbar

OS X dan berbagai distro Linux dilengkapi icon Recycle Bin di Dock nya untuk mengakses dan mengosongkan Recycle Bin secara cepat. Pengguna Windows ternyata menginginkan hal yang sama di Windows 10. Tidak heran jika ternyata banyak diantara mereka meminta ditambahkan icon Recycle Bin di Taskbar Windows 10.

 

Mendukung Lebih Banyak Tipe File Compress

Zip bukan satu-satunya format file compress yang ada saat ini, tapi itu hanya format yang didukung oleh Windows. Masih banyak file compress yang populer tapi tidak didukung oleh Windows. Kamu harus menginstall aplikasi pihak ketiga untuk bisa membaca file compress seperti RAR atau 7zip. Mengompress file sangat bagus untuk beberapa alasan. (Baca: Daftar Aplikasi yang Kamu Butuhkan Setelah Install Ulang Windows)

Dengan adanya masalah di atas, vote untuk dukungan Windows 10 untuk berbagai file compress telah dibuka. File compress dengan format .rar, .7z dan .bz2 adalah yang diminta user. Memang tidak sulit untuk mendownload tool-tool yang bisa membaca format file compress tersebut. Tapi jika di Windows 10 format file compress tersebut ditambahkan sebagai default, maka akan sangat memudahkan user. Membuat Windows 10 lebih mendukung file compress populer lainnya, sehingga user tidak perlu lagi mendownload aplikasi pihak ketiga.

 

Tambahkan Gambar Background dengan Animasi

Fitur ini mungkin sudah sering kamu temui di smartphone, dimana gambar background berupa sebuah animasi. Animasi ini bisa berupa bubble, atau apapun yang bisa berinteraksi dengan kita melalui touch. Karena Windows 10 bakal bisa digunakan tidak hanya di desktop melainkan di tablet dan smartphone juga, maka banyak pengguna ingin Windows 10 dilengkapi dengan kemampuan menambahkan background berupa animasi.

 

Semua Icon Didesain Ulang

Explorer Windows 10

Meskipun mungkin ini bukan fungsi utama, tapi tampilan visual dari suatu sistem operasi sangat menentukan pengalaman sistem operasi dengan user. Walaupun saat ini Microsoft sudah memperbarui icon mereka, permintaan untuk desain ulang masih tetap tinggi.

Windows 10 Preview memang sudah mendapatkan update icon untuk beberapa tempat, tapi tidak diketahui apakah seluruh icon akan mendapatkan perbaikan tampilan lagi. (Baca: Windows 10 Build 10125 Terlihat Lebih Cantik dengan Icon Baru dan Peningkatan UI Lainnya)

 

Berikan Windows Snapping & Auto Resizing yang Lebih Baik

Fitur Snap untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu layar sudah ada sejak Windows 8 pertama kali hadir. Tetapi pengguna merasakan bahwa fitur snapping dan auto resizing ini masih kurang brilian untuk meningkatkan produktivitas. Mereka meminta Microsoft memberikan Windows Snapping & Auto Resizing yang lebih baik, fleksibel, serta mampu meningkatkan produktivitas kerja di PC ataupun mobile. (Baca juga: Apple Menanamkan Fitur Snap Multitasking di iPad, Sangat Mirip dengan Windows 8)

 

Tampilkan Semua File OneDrive di File Explorer

Pengguna Windows yang mengintegrasikan OneDrive di PC mereka merasa bahwa integrasi keduanya masih belum sempurna. Mereka ingin semua file di OneDrive ditampilkan di File Explorer, baik yang tersinkronisasi di local ataupun yang ada di cloud. Mereka ingin semua file tersebut bisa dieksplor di File Explorer, dan diberikan tanda mana yang tersimpan secara local dan mana yang hanya tersimpan di cloud.

 

Peningkatan Metode Install/Uninstall

Kegiatan Install dan Uninstall di Windows adalah hal yang lumrah bagi user, tidak jarang kita sering menginstall banyak software yang ternyata tidak dibutuhkan. Tapi kegiatan install dan uninstall aplikasi di Windows ini sebenarnya sangat rumit, menambahkan puluhan bahkan ratusan file ke sistem Windows. Ada file seperti cache, file sampah, registry key tetap bersemayam di system walaupun aplikasi sudah di-uninstall. (Baca: Apakah Membersihkan Registry dapat Mempercepat Komputer?)

Alasan di atas cukup memunculkan ide baru di UserVoice, salah satu user ada yang berpendapat bahwa diperlukan desain ulang untuk installer exe software yang membuat OS tetap bersih dari file cache, file sampah atau registry key. Sehingga ruang hardisk tidak akan banyak termakan file tersebut. Sebagai contoh, hari ini banyak software yang didistribusikan secara terselubung oleh software lain saat proses installasi. Metode baru untuk proses installasi adalah langkah yang diperlukan untuk mengurangi serangan Windows dari bahaya seperti malware, virus atau adware.

 

Jadikan Semua Windows Phone Apps Berjalan di Windows 10 Desktop

Jika Microsoft kini tengah berusaha bagaimana caranya agar aplikasi PC mereka bisa berjalan di Windows 10 Mobile, rupanya pengguna menginginkan juga hal yang sebaliknya. Mereka ingin Windows 10 bisa menjalankan SEMUA aplikasi yang ada di Windows Phone Store. Tentunya mereka ingin menjalankan BBM, WhatsApp, Instagram Beta, dan berbagai aplikasi populer Windows Phone di Windows 10 PC.

Mungkinkah hal ini akan terwujud melalui Universal Apps? Bisa jadi. Namun tentu tidak semua aplikasi smartphone bakal bisa dijalankan di PC.

 

Gaming Mode

Gaming Mode di Windows biasanya dibantu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang tugasnya mematikan hal-hal yang tidak diperlukan. Semua sisa resource tersebut akan dialihkan ke gaming mode, sehingga Windows bisa berjalan lancar saat kamu bermain game. Memang tidak semua gamer menggunakan tools ini, beberapa gamers menggunakannya karena spesifikasi PC atau komputer yang mereka gunakan sangat minim. (Baca: 5 Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade)

Jadi buat kamu para gamers di Windows, silahkan bantu vote penambahan fitur game mode di Windows. Dengan begini kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang biasanya berisi adware atau software sampah lainnya.

 

Sinkronisasikan Notification Center di Windows 10 PC dan Mobile

Sama seperti di Windows 10 Mobile, Microsoft juga menambahkan Notification Center di Windows 10 PC. Pengguna ingin Notification Center di PC dan mobile tersinkronisasi menjadi satu, artinya kamu bisa melihat notifikasi SMS, call, dan sebagainya yang ada di smartphone melalui PC. Dikombinasikan dengan request fitur sebelumnya, bahkan kamu bisa langsung membalas notifikasi tersebut melalui PC. How cool is that? :D

 

Peningkatan Aplikasi Notepad

Contoh Notepad dengan Fitur Extra

Notepad sudah ada sejak Windows 1.0 dan bahkan aplikasi sejenis juga termasuk di dalam semua sistem operasi lainnya. Ini adalah aplikasi yang sangat dasar untuk dimiliki sistem operasi dan tidak akan berubah ke tahun-tahun berikutnya. Karena aplikasi ini adalah dasar dari OS, tidak banyak fitur yang ada di dalamnya. Notepad hadir dengan tampilan dan fitur yang sederhana, padahal banyak user yang berpikir sudah waktunya itu harus diperbaiki atau ditingkatkan.

Tapi ada user yang akan menyelamatkan kita dari masalah ini, sebuah vote untuk meningkatkan aplikasi Notepad telah dibuka. Beberapa fitur seperti pemrograman dan penulisan harus di perbaiki, misalkan saja proses Undo yang sangat minimal. Hanya bisa digunakan untuk beberapa langkah sebelumnya. Meskipun alternatif untuk Notepad memang ada. Tapi kalau Windows 10 menawarkan aplikasi Notepad dengan fitur yang telah ditingkatkan, memiliki fungsionalitas, dan masih mempertahankan resource yang ringan, ini akan sangat baik.

 

Ayo Voting Fitur yang Kamu Inginkan!

Sebagai user yang smart dan benar-benar mencintai Windows, kamu harus benar-benar memikirkan fitur yang akan ada di Windows masa depan. Microsoft telah membuka jalan bagi user, kamu bisa berpendapat fitur apa yang benar-benar diinginkan orang-orang untuk sistem operasi yang mereka gunakan. Masih ada waktu untuk kamu yang ingin menuangkan ide fitur di Windows 10 meskipun versi finalnya bakal segera dirilis 29 Juli besok. (Baca: Windows 10 Final Dirilis 29 Juli Besok, Dapatkan Gratis!)

Microsoft sedang memantau vote, kalau kamu menyarankan fitur yang sangat berguna, bukan hal yang tidak mungkin fitur tersebut akan menjadi bagian dari Windows 10. Jika tidak sempat ditanamkan di Windows 10 Final besok, mungkin bakal ditanamkan di update-update berikutnya.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • bagus2 saranya

  • Muhammad Fawa’id

    hapus “Home” ,, jadi otomatis kalau buka file explorer langsung tertuju ke “This PC”,, karna biasanya Home(Recent Places) jarang digunakan

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Bener hapus home, karena menyangkut dengan privasi yang filenya gak ingin dilihat orang lain, mis “felem Bokef/forno (p=f)”

      • Haha ngakak :D

      • Rivanda Bakhtiar

        Kan bisa disetting biar saat buka file explorer langsung menuju ke pc, udah dari jaman dulu juga kan?

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          emang bisa,, tapi setidaknya.. ya… seperti perkataan ane sebelumnya. soal privasi…

          • Rivanda Bakhtiar

            Bagi yg sering mengedit dokumen dan berpindah file explorer kaya saya justru fitur itu malah kebeutuhan yg sangat berguna, well kalo privasi knp gk pke guest mmods aja..

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            males.. dah.. di kasih guest. mode..

          • Rivanda Bakhtiar

            Nah berarti kan dr usernya sendiri

    • recent place jarang banget digunain untuk kegiatan sehari-hari, tapi kalo kerja sering banget digunakan

    • Rudy R

      bukannya bisa langsung ke this pc ya?
      coba buka folder option

  • Nur rahmad

    klo ane terintegrasi windows media center klo bsa update

  • Adjie Al-Faruq

    aku maunya semuanya min …. hehehe

  • Hermawan Ertiyanto

    voting support nyimpen app windows store ke sd card, ini berguna banget buat windows tab user

  • Nah, fitur phone di Windows 10 tuh… Kan jadi lebih keren… :D

    Sama peningkatan di uninstal, jadi keingat masalah Office 2013 kemarin… Emang bikin repot yg satu ini

  • Rivanda Bakhtiar

    Fitur sinkron dengan phone, notification center juga, ini yang paling aku tunggu dari pertama pengumuman windows 10 tp sampai sekarang mash belum ada kabar juga
    Trus fitur instal applikasi kaya di OS X yg cuma butuh satu jenis file buat di execute dan cuma butuh drag n drop app di drive yg dibutuhin tanpa ada cache registry dan sampah lain -__-“

  • Adil Pangestu

    aku maunya semua aplikasi di windows store berbentuk file , seperti android yg filenya berbentuk apk , jadi bisa di simpen dulu atau di pindahkan sebelum di instal

    • Muhamad Al-Isrö

      Caranya gampang. Tingga pergi kebweb store true download manual. Nanti jd file xap. Selesai

      • fari

        mau nanya kalo install xap manual di store baru windows mobile

        build 10166 gimana caranya yah , kan klo di store lama ada install manual , tapi di store baru tidak ada , soalnya store lamanya sudah di hilangin , sorry diluar topik

      • Adil Pangestu

        tapi cara itu hanya bekerja di windows phone , sedangkan aku cari caranya di pc windows tidak ada , aku maunya seperti file apk klik aja langsung instal gak usah buka windows phone store atau aplikasi lainnya.

  • Agung

    Wah requestnya semua “gw banget”.
    Tapi emang yang bikin orang liat trus bilang “heeeeh”, itu screen login Win8. Udah keren2 tapi loginnya kosong gitu.

  • Muhammad Rizky Nugraha

    windows explorer Tab sih yang paling penting menurut gw :D selama ini make clover mulu haha :D

  • BUDI

    Bawa pengalaman Windows Desktop ke Windows Mobile dan sebaliknya.

    Picture lock khas Windows Desktop, bisa uninstall dan milih sendiri aplikasi default pribadi, dll.

  • taufik hidayat

    Admin repost ya? Sepertinya postingan ini udah pernah Ada sebelumnya (awal pengembangan Windows 10 lalu)

  • Wisnu Nugroho Dewantoro

    PC Tune Up official dari Microsoft dan lasung terinstall begitu install windows 10. jadi gak perlu download dari AVG TuneUp.

  • fitur cortana untuk bahasa indonesia sama aero glass adalah fitur yang paling saya tunggu :D

  • Labib Muhammad

    Fitur yang paling kutunggu, support wifi-transfer. Kayak Portal nya Pushbullet, tapi Pc ke Pc.

  • Saya lebih suka kalau fitur cortana regioanl indonesia

  • Support bahasa Indonesia …… Untuk Interface sana Cortana ….. :D

  • pcku212

    Andaikan Win 10 Seperti Ini.Setuju? :v

  • Evlan Mars

    yang temen sekals gw mau d Windows 10 itu : Bisa BBM-an,dan bisa COC-an ..
    kalau gw: seluruh Icon di Windows di desain ulang, aplikasi modern di Windows Store banyak yg berkualitas,Cortana bisa bahasa indonesia(jujur,cortana kalau ga indonesia kayak ga terlalu banyk kyknya nanti yg make),dan tambahin Tab di explorer(PALING BERGUNA)

  • Aeroglass!

  • Shaquille Jabbar

    Cortana bahasa indonesia

  • Mochamad Rifqi

    cortana bahasa indonesia (y)