Inovasi dalam teknologi tidaklah bertahan lama, karena cepat atau lambat kompetitor akan mengekor dan mengikuti langkah sang pioner. Hal itu juga yang terjadi di fitur multitasking tablet. Fitur “Snap” multitasking yang awalnya diperkenalkan oleh Microsoft di Windows 8 tersebut kini juga diadopsi Apple di iOS 9 untuk iPad.

Praktis gelar tablet produktivitas tidak lagi melekat di Surface & tablet Windows saja, karena iPad kini juga bisa melakukannya — terlebih setelah berbagai aplikasi produktivitas Microsoft (Office, OneNote, dsb) juga bisa dinikmati disana.

Hari ini di World Wide Developer Conference (WWDC) 2015, Apple memperkenalkan iOS 9 untuk iPad yang ternyata dilengkapi dengan fitur multitasking ala “Snap” khas Windows 8. Pengguna bisa menampilkan aplikasi secara berdampingan, dan mengatur proporsinya di layar dengan perbandingan 50/50 atau 70/30.

Apple Menanamkan Fitur “Snap” Multitasking di iPad, Sangat Mirip dengan Windows 8

 

Pengguna iPad juga bisa menampilkan daftar aplikasi yang tengah berjalan dengan cara swipe layar dari sisi kiri, mirip seperti yang bisa kita lakukan di tablet Windows 8.

Apple Menanamkan Fitur “Snap” Multitasking di iPad, Sangat Mirip dengan Windows 8

 

Namun ada sedikit perbedaan — dan disinilah memang kecerdasan Apple: mengadopsi fitur kompetitor dengan menambahkan beberapa hal lain yang lebih baik. Di multitasking iPad ini pengguna bisa drag & drop content dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Katakanlah kamu tengah membuka dua aplikasi yaitu Email dan Photos. Dari multitasking ini kamu bisa langsung drag foto ke email editor untuk diattach. Jadi antara satu aplikasi dan aplikasi lain bisa saling berinteraksi dan berbagi konten hanya dengan drag and drop saja.

Saling mengadopsi fitur saat ini bukanlah hal yang langka. Apple mengadopsi multitasking di Windows 8 tablet untuk iPad, Microsoft mengadopsi Notification Center OSX untuk Windows 10 desktop.

Impas.

Dua rival raksasa ini memang terus saling mencuri ide bersaing satu sama lain, dari masa awal berdirinya dulu hingga saat ini. Jangan heran jika akhirnya muncul film Pirates of Silicon Valley. (Oh, dan ngomong-ngomong film ini wajib untuk kamu tonton)

via wwdc 2015

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.