Microsoft To Layoff 18,000

Banyak yang belum tau kalau Microsoft sebenarnya diam-diam banyak mempatenkan teknologi keren. Kali ini saya mengkompilasi daftar paten-paten keren dari Microsoft yang mungkin saja membuatmu terkesima.

Artikel ini mungkin bisa saja dijadikan referensi jika kamu berdebat dengan temanmu tentang Windows Phone vs Android vs iOS, wkwkwk. Saya tidak bertanggung jawab, jika kamu saling bacok dengan temanmu menggunakan referensi artikel ini.

Jangan lupa siapkan kemenyan cemilan, karena artikel kali ini cukup panjang. Selamat membaca !

 

1. TV Pengintai & Kacamata Virtual Reality

microsoft_spying_system_patent

Untuk TV Pengintai ini mungkin bisa jadi cukup mengganggu. Bagaimana tidak, kamera yang terpasang di TV bisa mengetahui dan menghitung siapa saja yang sedang menonton TV. Bahkan umurnyanya pun bisa diketahui.

Paten TV Pengintai ini mungkin berguna buat yang langganan layanan TV berbayar kali ya. Selain itu juga ada kacamata virtual reality yang sekarang diketahui bernama Holo Lens. Kacamata ini akan menjadi saingan terberat Oculus Rift dan Google Glass kedepannya.

 

2. Gerakan Multi Sentuh

ms-patent-tilt

 

 

Bila biasanya pinch-to-zoom di layar gadget sudah biasa, Microsoft mencoba menawarkan cara lain yang lebih ringkas untuk zoom sesuatu di gadgetmu.

Mereka mempatenkan gesture multi-sentuh dengan gerakan, contoh saja kamu bisa zoom in dan zoom out cukup menekan dua jarimu di layar kemudian miringkan ke depan / belakang.

 

3. Dual Module Mobile

Microsoft-split-smartphone-patent-2-580x489

 

Paten yang ini mendeskripsikan dua modul yang bisa jadi berupa layar, yang bisa digabung maupun dipisah. Contoh penggunannya mungkin kita bisa video skype di layar kiri sambil melihat chat di layar kanan.

 

4. Virtual Keyboard Multi-Sentuh

virtualkeyboard_thumb

 

Paten ini melingkupi sebuah keyboard yang bisa muncul otomatis jika kedua telapak tangan dan jari ada di sebuah layar sentuh. Keyboard akan muncul dan menyesuaikan sesuai posisi tangan secara otomatis.

Selain itu juga kita bisa menutup keyboard dengan sebuah gerakan, yang tentunya mirip seperti di film fiksi ilmiah. Mungkin hal ini bisa diimplementasi di tablet, tapi tidak di ponsel.

 

5. Mengetik Teks dengan Gerakan Mata

Eye-Gaze

Yang satu ini mungkin keren, namun kenyataannya bisa jadi bikin pusing kepala kalau kelamaan memakainya.

Di paten ini, Microsoft mendeskripsikan kita dapat mengetik teks cukup dengan melihat kearah karakter-karakter di keyboard.

Bagaimana pendapatmu dengan paten-paten Microsoft ini ? Untuk part 2 bisa kalian lihat di artikel selanjutnya.

Disadur dari berbagai sumber.

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.