Home News 15 Prediksi Bill Gates di Tahun 1999 yang Menjadi Kenyataan

15 Prediksi Bill Gates di Tahun 1999 yang Menjadi Kenyataan

15 Prediksi Bill Gates di Tahun 1999 yang Menjadi Kenyataan

Seseorang sukses bukan tanpa sebab, begitu juga dengan Bill Gates. Bukan kebetulan dia menjadi orang terkaya nomor satu dunia, dan tetap bertengger disana meskipun sejumlah besar uangnya terus dia sumbangkan bagi kegiatan kemanusiaan. Ada beberapa alasan kenapa dia terkualifikasi sebagai orang terkaya dunia, dan pandai dalam memprediksi trend di masa depan adalah salah satunya.

Di tahun 1999 Bill Gates menulis buku yang berjudul Business @ the Speed of Thought: Succeeding in the Digital Economy, dimana Bill Gates menuliskan 15 prediksinya tentang trend apa yang akan terjadi di masa mendatang. Kini, setelah hampir 20 tahun sejak prediksi Bill Gates tersebut, semua prediksinya ternyata menjadi nyata — dan ini membuktikan bagaimana kemampuan analisa Bill Gates sebagai seorang futurist sangatlah handal.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah 15 prediksi Bill Gates di dalam bukunnya — Business @ the Speed of Thought: Succeeding in the Digital Economy, yang kini semuanya hampir menjadi nyata.

1. Situs Perbandingan Harga

Prediksi Bill Gates: “Situs perbandingan harga otomatis akan dikembangkan, memungkinkan orang untuk melihat harga dari berbagai website, membuat lebih mudah untuk menemukan produk termurah di segala industri.”

Kenyataan saat ini: Kamu bisa menemukan berbagai situs perbandingan harga otomatis seperti Pricepanda, Pricebook, atau bahkan di e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dsb kamu bisa membandingkan harga dari masing-masing penjual dengan sangat mudah.

2. Perangkat Mobile

Prediksi Bill Gates: “Orang-orang akan membawa perangkat mobile berukuran kecil yang membuat mereka saling terhubung dan berbisnis. Mereka bisa membaca berita, melihat tiket penerbangan yang sudah dipesan, mendapatkan informasi dari market finansial, dan melakukan hampir semua hal dari perangkat mobile ini”

Kenyataan saat ini: Smartphone, dan kini smartwatch, bisa melakukan hal tersebut.

3. Pembayaran Online Instan & Pelayanan Kesehatan Online

Prediksi Bill Gates: “Orang akan membayar tagihan, mengatur keuangan, dan berkomunikasi dengan dokter melalui internet”

Kenyataan saat ini: Sekarang berbagai pembayaran bisa dilakukan secara online melalui e-Banking, e-billing, dsb. Bahkan ada rekening online seperti Paypal, BCA KlikPay, dan sejenisnya yang bisa dipakai untuk melakukan pembayaran online.

4. Asisten Personal dan IoT

Prediksi Bill Gates: “‘Kawan personal’ akan dikembangkan. Mereka akan menghubungkan dan mensinkronisasikan semua perangkat dengan cerdas, baik di kantor atau rumah, dan memungkinkan saling bertukar data. ‘Kawan personal’ ini akan melakukan pengecekan email dan notifikasi, dan menampilkan informasi apapun yang anda inginkan. Saat anda ke toko, anda bisa bertanya resep dan akan langsung diberi tahu berbagai hal yang harus anda beli. Selain itu ‘kawan personal’ ini juga bisa memberikan informasi tentang perangkat yang anda pakai untuk membeli dan mengatur jadwal, serta memungkinkan mereka untuk mengaturnya untuk anda”

Kenyataan saat ini: Google Now, Cortana, Siri, sekarang mampu melakukan berbagai hal mulai dari mentracking rutinitas dan mengatur jadwal, membacakan email, menjawab pertanyaan, dan sebagainya.

5. Online Home Monitoring

Prediksi Bill Gates: “Memonitor rumah melalui video akan menjadi hal biasa, dimana bisa menginformasikan siapa yang berkunjung saat anda tidak di rumah”

Kenyataan saat ini: Memang belum ada yang memiliki fungsi spesifik sama, tetapi ada beberapa teknologi yang cukup mendekati. Tahun 2014 Google membeli Dropcam, sebuah perusahaan pembuat kamera monitoring rumah. Ring membuat kammera bel pintu cerdas yang memungkinkan kamu tahu siapa yang ada di depan pintu, serta ada pula Petcube yang memungkinkan kamu mengontrol laser untuk bermain dengan hewan peliharaan saat kamu sedang tidak di rumah.

6. Media Sosial

Prediksi Bill Gates: “Website personal untuk berkomunikasi dan terhubung dengan teman serta keluarga akan populer, memungkinkan kamu untuk chatting dan janjian pergi ke suatu event”

Kenyataan saat ini: Milyaran orang menggunakan Facebook dan Instagram setiap hari untuk chatting dan janjian. Bahkan ada juga aplikasi messenger seperti WhatsApp, Line, dan Facebook messenger yang membuat orang saling terhubung satu sama lain.

7. Tawaran Promo Otomatis

Prediksi Bill Gates: “Software yang tahu kapan kamu memesan tiket penerbangan akan menggunakan info tersebut untuk menawarkan tujuan lokal. Penawaran seperti aktivitas travelling, diskon, dan harga lebih murah untuk berbagai fasilitas akan diberikan secara otomatis.”

Kenyataan saat ini: Google dan Facebook saat ini bisa menampilkan iklan berbasiskan cookies dan history. Jika kamu sedang mencari sebuah produk, maka iklan yang ditampilkan bakal seputar produk tersebut. Hal yang sama juga terjadi di situs travel seperti Expedia dan Kayak yang memberikan penawaran berdasarkan pembelian user sebelumnya.

8. Situs Diskusi Olahraga Secara Live

Prediksi Bill Gates: “Saat menonton kompetisi olahraga di televisi, akan ada layanan yang memungkinkan kamu untuk berdiskusi apa yang terjadi secara live, dan memasukkan polling tentang siapa yang mungkin akan menang”

Kenyataan saat ini: Berbagai sosial media, khususnya Twitter, seringkali dijadikan tempat diskusi live, termasuk juga membuat polling. Bahkan tidak hanya olahraga saja, Pilpres dan Pilgub pun didiskusikan juga disana.

9. Smart Advertising

Prediksi Bill Gates: “Perangkat akan dilengkapi dengan smart advertising. Mereka akan tahu apa yang anda sukai, dan kapan anda biasa belanja, lalu menampilkan iklan berdasarkan preferensi anda tersebut.”

Kenyataan saat ini: Itulah yang saat ini dilakukan oleh Facebook dan Google. Kedua perusahaan ini menampilkan iklan dengan teknologi smart advertising yang mengetahui banyak hal tenteang pengunjung berdasarkan history, cookies, interest, hobby, kota, pola belanja, dan menampilkan iklan berdasarkan preferensi tersebut.

10. Link ke Website di Acara TV

Prediksi Bill Gates: “Televisi broadcast akan menampilkan link ke website dan konten yang melengkapi dengan apa yang anda tonton.”

Kenyataan saat ini: Hampir setiap acara TV saat ini menampilkan link akun Twitter, website resmi, akun twitter presenter, atau sumber berita dari website tertentu.

11. Board Diskusi Online

Prediksi Bill Gates: “Penduduk dari setiap kota dan negara bisa berdiskusi melalui internet tentang berbagai permasalahan yang mereka alami, termasuk politik lokal, perencanaan kota, atau kemananan.”

Kenyataan saat ini: Di Kaskus, Facebook, Twitter, atau sekedar kolom komentar website, mayoritas orang berdiskusi tentang berbagai hal seputar politik dsb. Bahkan hal ini sangat jelas terlihat di momen Pilpres atau Pilgub seperti beberapa waktu lalu.

12. Situs Online Berdasarkan Ketertarikan

Prediksi Bill Gates: “Komunitas online tidak akan lagi berdasarkan kota, melainkan, berdasarkan ketertarikan”

Kenyataan saat ini: Berbagai website dan komunitas online kini fokus ke topik tertentu. WinPoin contohnya, merupakan situs online yang membahas tentang ketertarikan di tema teknologi khususnya Windows dan Microsoft. Ada lagi Reddit dan Kaskus, sebuah portal komunitas besar yang dipecah-pecah menjadi berbagai sub-forum / subreddits berdasarkan ketertarikan pengguna.

13. Project Management Software

Prediksi Bill Gates: “Project manager akan mengumpulkan team secara online, menjelaskan project yang harus dikerjakan, dan menerima rekomendasi tentang siapa saja yang cocok untuk mengerjakannya”

Kenyataan saat ini: Ada banyak sekali Project Management Software saat ini di kalangan enterprise yang memudahkan untuk rekrut pegawai secara online, dan membagi tugas ke masing-masing pagawai. Bahkan solusi serupa hadir juga bagi consumer dalam wujud yang lebih sederhana seperti Trello, Slack, dsb.

14. Bekerja Secara Online

Prediksi Bill Gates: “Orang akan mencari kerja dan peluang secara online dengan menjelaskan ketertarikan, kebutuhan, dan skill spesifiknya”

Kenyataan saat ini: Situs seperti LinkedIn memungkinkan pengguna untuk mengupload resume dan menemukan pekerjaan sesuai dengan interest dan skillnya, pencari kerja juga bisa dengan mudah menemukannya berdasarkan karyawan berdasarkan skillnya. Bahkan ada pula situs freelancing seperti Elance, Freelance, Fiverr, dsb, yang membuat siapapun bisa mencari peluang dan pekerjaan secara online dengan mudah.

15. Software Komunitas Bisnis

Prediksi Bill Gates: “Perusahaan bisa dengan mudah bidding project, entah itu project konstruksi, pembuatan film, atau campaign iklan. Hal ini akan memudahkan perusahaan besar melakukan oursource, bisnis mencari klien, dan korporasi tidak harus mencari provider untuk kebutuhan tersebut”

Kenyataan saat ini: Sama seperti diatas, berbagai situs seperti Elance, Freelance, Fiverr, dan Upwork memungkinkan perusahaan besar mencari freelancer dan melakukan outsource untuk berbagai macam skill, mulai dari desainer, writer, video editor, hingga developer dan engineer.

Nah itulah 15 prediksi Bill Gates yang dia sebutkan di tahun 1999, dan tanpa diduga saat ini hampir semuanya tepat menjadi kenyataan.

Jangan heran jika Microsoft yang dia dirikan menjadi besar, dan berbagai investasi yang dia tanamkan mengungtungkan hingga membuatnya menjadi orang terkaya nomor satu dunia. Rupanya kemampuan analisa Bill Gates akan teknologi dan perkembangan dunia sungguh sangat akurat, tentunya termasuk di bidang perkembangan bisnis juga.

via businessinsider

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.