Home News Ubuntu Sudah Tersedia di Windows Store, Distro Lain Menyusul

Ubuntu Sudah Tersedia di Windows Store, Distro Lain Menyusul

Install Ubuntu di Windows semudah menginstall aplikasi dari Store

Ubuntu Sudah Tersedia di Windows Store, Distro Lain Menyusul

Di event BUILD 2017 kemarin Microsoft mengumumkan bahwa tiga distro Linux akan dibawa ke Windows Store, yaitu Ubuntu, SUSE, dan Fedora. Setelah SUSE Linux Enterprise Server 12 dan OpenSUSE Leap 42 hadir ke Windows Store lebih dulu, kini giliran Ubuntu yang hadir ke Windows Store.

Ubuntu di Windows Store memungkinkan kamu menggunakan terminal Ubuntu dan menjalankan Ubuntu command line utilities seperti bash, ssh, git, apt, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa Ubuntu di Windows Store ini diperuntukkan bagi Windows 10 Fall Creators Update yang akan dirilis beberapa bulan lagi. Jadi kamu belum bisa mencobanya secara langsung saat ini. Begitu Windows 10 Fall Creators Update dirilis, maka menginstall Ubuntu di Windows semudah menginstall aplikasi dari Store. Kamu hanya perlu mengaktifkan opsi Windows Subsystem for Linux melalui Turn Windows features on or off, lalu install Ubuntu dari Windows Store.

Begitu terinstall kamu langsung bisa menggunakan Ubuntu terminal dan berbagai command line utilities Ubuntu, langsung dari CMD — atau cukup membuka Ubuntu melalui Start Menu.

Tetapi jangan salah paham, Ubuntu yang kamu install dari Store ini bukanlah full distro Ubuntu dengan segala Desktop Environment nya, melainkan hanya developer tool Ubuntu meliputi Termina beserta segala command line utilities didalamnya.

Kini dari 3 distro Linux yang dijanjikan Microsoft hadir ke Windows Store, tinggal Fedora saja yang segera menyusul. Kemungkinan besar Fedora akan dirilis ke Windows Store dalam 1 – 2 bulan kedepan, sebelum Windows 10 Fall Creators Update dirilis resmi ke publik.

Bagi kamu yang penasaran, silakan langsung saja cek Ubuntu langsung dari Windows Store.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.