Microsoft udah resmi merilis update mayor terbarunya, yaitu Windows 10 May 2019 Update. Ada banyak banget fitur baru yang ditanamkan Microsoft, dan buat kamu yang penasaran, inilah 23+ fitur baru yang keren di Windows 10 May 2019 Update.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno terupdate setiap hari.

Windows 10 May 2019 Update ini kalo kamu cek adalah Windows versi 1903. Jadi kalo Windows 10 kamu udah versi 1903 artinya udah di update yang terbaru ini.

1. Blur di Lock Screen

Pertama kita lihat dulu dari sisi tampilannya, saat mau login — ada efek blur acrylic yang cantik banget di lock screen, ini bikin kamu fokus di login box nya.

2. Light Theme Baru!

Ini merupakan perubahan besar di update mayor kali ini, yaitu adanya tampilan Light Theme yang benar-benar baru. Jadi kalo kamu aktifkan Light Theme, kamu bakal mendapati tampilan cerah yang simple, dan clean banget, dan ini menyeluruh mulai dari warna di taskbar, start menu, action center, dan yang lainnya, semuanya senada. Pemilihan warnanya juga tepat. Kamu bisa lihat di Taskbar, Icon store, mail, dan icon lain yang warnanya putih juga diinvert jadi hitam begitu Light Theme diaktifkan, dan beberapa icon kayak File Explorer, Office, dll ikut dirombak biar tampil cantik di Light Theme ini.

Tampilan start menu juga belum pernah sebersih ini. Begitu juga di search — yang sekarang jadi clean banget. Sayangnya masih ada beberapa inkonsistensi tampilan ya di sana sini, misalkan aja shadow border dari konteks menu taskbar, jump list taskbar, dan konteks menu di start menu, ini masih beda2. Semoga aja tampilan kedepannya semakin konsisten lagi dengan konsep Fluent Design nya ini.

3. Default Wallpaper Baru

Update mayor ini membawa wallpaper default yang baru. Wallpaper ini lebih cerah dibanding sebelumnya, pake warna biru muda, yang match banget dengan Light Theme barunya.

4. Bisa Uninstall Default App

Tampilan sudah, sekarang kita bakal membahas Start Menu, Windows Search, dan Cortana yang juga udah dirombak.

Di Start Menu, sekarang kamu bisa dengan mudah uninstall default apps. Jadi gak perlu lagi ya pake command di powershell kayak dulu. Tinggal klik kanan aja default apps > lalu pilih uninstall. Hampir semua aplikasi default bisa diuninstall — mulai dari calculator, calendar, mail, bahkan juga Movies & TV. Seandainya kamu punya aplikasi andalan lain dan gak butuh aplikasi default ini, tinggal uninstall aja!

5. Search Makin Powerful!

Search di Windows 10 sekarang jadi makin powerful! Pertama Cortana udah dipisah dari search, jadi gak gabung lagi. Search jadi fitur tersendiri dan cortana cuman jadi icon disebelahnya aja. Ini bagus buat kita yang gak pernah pake Cortana, jadi kamu bisa ilangin iconnya dari Taskbar kalo mau

Dan kalo kamu buka, search punya tampilan dan penataan baru, serta lebih powerful untuk menemukan hampir apapun yang ada di PC kamu.

Kamu akan disuguhi Top Apps untuk buka aplikasi yang sering diakses dan deretan recent activity, ini memudahkan banget buat membuka aplikasi yang lagi sering kita gunakan dan melanjutkan aktivitas terakhir yang kita lakukan.

Bergeser ke kanan kamu bisa mencari aplikasi, lalu dokumen, bahkan juga email — dengan cukup ketik aja keyword yang pengen dicari. Hasil pencarian langsung ditampilkan nyaris instan, dan ini memudahkan banget ya kalo lagi cari attachment atau email dari seseorang. Sayangnya untuk email ini, kalo diklik gak langsung kebuka aplikasi Mail, tapi malah kebuka browser Edge — yang menurut saya counter produktif, dibanding langsung ngebuka aplikasi Mail yang sebenarnya juga udah ditanamkan built-in di Windows 10.

Geser lagi kamu bisa mencari web melalui Bing, terus kalo kamu ke more — ada lebih banyak lagi pilihan yang bisa dipilih. Kamu bisa cari folder, music, people, photo, settings, bahkan juga video.

6. Cortana

Untuk Cortana selain sudah dipisah dari Windows Search, sebenarnya masih sama aja kayak dulu. Cuman sekarang Cortana gak bisa pake perintah diketik lagi, cuman bisa pake voice command aja.

7. Windows Sandbox

Ini adalah salah satu fitur baru utama di Windows 10 May 2019 update. Sekarang kamu bisa buka Windows didalam Windows, karena Windows 10 May 2019 Update dilengkapi dengan fitur bernama Windows Sandbox. Ini semacam Virtual Machine yang juga berbasis Hyper-V, tetapi lebih ringan dibanding VM pada umumnya. Kalo VM biasanya memerlukan alokasi RAM, CPU, dan storage tersendiri, tetapi Windows Sandbox ini menggunakan teknologi Windows Container yang menggunakan resource hardware sangat minimal. Ini karena Windows Sandbox bisa menggunakan shared resource dengan OS host nya, karena baik host ataupun VM sama-sama menggunakan OS yang sama.

Kamu bisa pake Windows Sandbox ini untuk testing aplikasi atau software yang kamu download dari internet, atau untuk keperluan lain yang membutuhkan ruang terisolasi, karena apapun yang terjadi di Windows Sandbox tidak akan berimbas ke OS utama. Bahkan apapun yang kamu ubah di Windows Sandbox bakal otomatis hilang begitu VM ini ditutup.

Defaultnya fitur Windows Sandbox ini off, dan bisa kamu aktifkan melalui Turn Windows Features on or off.

Hanya saja Windows Sandbox ini cuman ada di Windows 10 versi Pro, Enterprise, dan Education ya — jadi buat kamu pengguna Windows Home, kamu tidak bisa menikmati Windows Sandbox ini.

8. Performa Naik

Ada peningkatan performa di Windows 10 May 2019 update. Versi ini terasa lebih cepat dan responsif karena ada update di Retpoline dan import optimization, yang mengurangi penurunan performa dari patch Spectre varian 2. Hasilnya kecepatan Windows saat membuka dan menjalankan aplikasi bisa meningkat 25% sampai 2x lipat dibanding sebelumnya.

9. No Disturb Full Screen

Windows 10 sekarang lebih enak dipake buat nge-game, nonton video, atau aktivitas full screen lainnya, karena kalo kamu buka aplikasi dalam mode full screen, maka focus assist bakal otomatis aktif, membuat notifikasi nggak lagi muncul dan mengganggu. Dengan begitu kamu bisa nonton atau main game sepuasnya tanpa gangguan notif.

10. Akses File Linux

Kalo kamu pake bash Linux atau Windows Subsystem for Linux di Windows 10, sekarang kamu bisa dengan mudah membuka file Linux di File Explorer. Tinggal ketik aja path ini \\wsl$ di File Explorer dan folder Linux bakal otomatis terbuka. Kamu bisa explore folder Linux ini layaknya folder Windows pada umumnya.

11. Notepad

Notepad juga tidak ketinggalan mendapatkan update. Jadi sekarang kalo kamu edit file di notepad dan belum disimpan, maka bakal ada tanda asterik atau tanda bintang di nama file nya, dan baru hilang kalo udah kamu save. Ada beberapa shortcut baru juga, seperti CTRL + SHIFT + N untuk buka window notepad baru, CTRL + SHIFT + S untuk buka save dialog, dan CTRL + W untuk menutup notepad window.

12. EMOJI 12

Update mayor ini juga hadir dengan emoji 12 terbaru, kamu tinggal tekan aja Windows + . dan panel emoji akan terbuka. Sekarang panel emoji ini juga bisa kamu geser ke posisi yang kamu inginkan.

13. Default Tab

Di task manager sekarang kamu bisa mengatur tab default yang akan otomatis terbuka begitu task manager dibuka. Misalnya kamu lebih suka tab performance yang jadi tab default, kamu tinggal atur aja default tab ke Performance di Option Task Manager. Nantinya begitu kamu buka Task Manager, maka tab yang terbuka adalah tab Performance.

14. Edit Quick Action

Sekarang kamu bisa dengan mudah mengatur tombol Quick Action langsung dari Quick Action — jadi tidak perlu lagi repot-repot mengaturnya melalui settings. Tinggal edit dan drag n drop aja, gampang banget.

15. Edit Warna Kursor

Sekarang kamu juga bisa edit warna dan ukuran kursor langsung dari Settings > Ease of Acces > dan Cursor & Pointer. Kamu bisa pilih warna hitam atau warna custom sesuai keinginan.

16. Console

Update mayor ini memang belum dilengkapi dengan Terminal baru Windows yang keren dan modern. Tetapi kalo kamu buka Command Prompt atau Windows Powershell, sekarang kamu bisa mendapati tab terminal yang berisi berbagai opsi eksperimental untuk terminal — misalnya aja kamu bisa ubah warna background, foreground, dan yang lainnya.

17. High DPI Update

Sebelumnya kamu mungkin pernah mengalami aplikasi yang tampil blur di Windows — terutama kalo monitor yang kamu pake punya High DPI. Nah di update mayor terbaru ini opsi high DPI support udah diaktifkan secara default, jadi Windows 10 bakal otomatis memperbaiki tampilan aplikasi yang nge-blur di monitor high DPI. Fitur ini udah cukup lama ada sebenernya sejak Windows 10 Creators Update, tetapi baru diaktifkan secara default di May 2019 Update ini.

18. Proses Start Menu Terpisah

Sekarang proses dari Start Menu dipisah sendiri menjadi StartMenuExperienceHost.exe, kalo dulu kan dia nyatu ya di ShellExperienceHost.exe. Ini berguna banget karena kalo seandainya start menu not responding, sekarang kamu bisa end task aja StartMenuExperienceHost.exe dan Start Menu bakal restart dan kembali normal tanpa mempengaruhi yang lain.

19. Automatic Troubleshooting

Tampilan, fitur baru, dan peningkatan di Windows 10 sudah kita bahas — sekarang kita bakal melihat berbagai hal baru yang ditanamkan Microsoft ke Settings Windows 10 May 2019 Update. Windows sekarang otomatis mendeteksi dan memperbaiki masalah secara background, jadi ada fitur automatic troubleshooting untuk memastikan Windows 10 terus berjalan mulus tanpa masalah. Selain itu berbagai troubleshooter sekarang bisa langsung kamu akses jadi satu di Settings > Update & Security > Troubleshoot. Disini ada banyak banget troubleshooter untuk mengatasi berbagai masalah mulai dari koneksi internet, printer, sampai Windows Store.

20. Sync Date & Time

Di pengaturan tanggal dan waktu, sekarang ada tombol Sync untuk sinkronisasi waktu secara online melalui internet. Ditampilkan juga kapan terakhir kali dilakukan sinkronisasi, jadi kalo jam di Windows kamu kurang pas, bisa langsung aja tekan Sync now untuk mengaturnya secara otomatis.

21. Intelligent Active Hours

Untuk menghindari Windows Update di jam2 yang tidak diinginkan, Microsoft menambahkan fitur Active Hours supaya di jam2 aktif Windows tidak restart sendiri karena update. Nah kalo sebelumnya Active Hours ini harus kamu atur sendiri, di Windows 10 May 2019 Update ditanamkan fitur Intelligent Active Hours yang akan otomatis mendeteksi kebiasaan kamu, kapan PC masuk Active Hours, dan akan mencegah Windows restart otomatis di jam-jam tersebut. Defaultnya fitur ini off, jadi kamu bisa On aja melalui Settings.

22. Tamper Protection

Windows sekarang dilengkapi dengan Tamper Protection, ini berguna untuk mencegah aplikasi ataupun malware mengubah security settings Windows tanpa sepengetahuan kamu. Defaultnya fitur ini off, kamu bisa aktifkan aja langsung dari Windows Security Settings.

23. Notifikasi & icon Update

Sekarang tidak hanya pengguna Windows 10 Pro ataupun Enterprise saja, tetapi pengguna Windows 10 Home pun bisa pause Windows Update jika sedang tidak ingin update / tidak ingin terganggu aktivitasnya. Jadi ada opsi untuk pause update sampai 7 hari lamanya di semua versi Windowws.

Fitur yang Masih Absen di Windows 10 May 2019 Update

Berbicara tentang fitur yang belum ada di Windows 10 May 2019 Update, Microsoft Edge berbasis Chromium belum ada — edge nya masih Edge lawas berbasis EdgeHTML. Terminal baru dan WSL 2 juga belum ada karena memang kabarnya bakal baru diperkenalkan akhir Juni nanti.

Kesimpulan

Itu tadi dia 23+ fitur baru di Windows 10 May 2019 Update, kesimpulannya, update ini recommended banget buat pengguna Windows karena ada peningkatan performa, penambahan beberapa fitur menarik, serta tampilan Light Theme yang bener2 fresh. Buat kamu yang belum update, langsung aja cek Windows Update — dan kalo belum kebagian, kamu bisa ikuti panduan cara install Windows 10 May 2019 Update sekarang juga.

Sampaikan di kolom komentar kalo kamu punya pertanyaan, sampai bertemu di ulasan Windows menarik lainnya.