via Reddit

Salah satu masalah pada laptop — terutama dalam penggunaan jangka panjang adalah kerusakan pada bagian engsel. Yups, engsel adalah bagian yang paling sering di gerakan dan bagian yang bergerak, suka atau tidak suka, seiring berjalannya waktu akan semakin rapuh dan pada akhirnya akan mengalami kerusakan juga.

Jadi, berhati-hati dalam pemakaian dari jauh-jauh hari sangatlah penting, akan tetapi itu saja tidaklah cukup. Namun, apa jadinya jika itu sudah terjadi dan menimpa kita? Kira-kira, apa saja hal yang dapat dilakukan bila kamu mengalami hal tersebut? Bisakah diperbaiki?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan coba WinPoin jawab di artikel kali ini!

1. Berhenti menggunakannya sekarang juga!

via CNET

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera berhenti menggunakannya. Tergantung pada model laptop, kerusakan pada bagian engsel dapat menjadi ketidaknyamanan kecil atau malah sebuah bencana.

Jika kamu mengalami kerusakan di bagian engsel, kamu dapat mengorbankan komponen penting lainnya, seperti kabel daya atau kabel video untuk layar. Karena itu, untuk berjaga-jaga jangan menyentuhnya, silakan matikan sekarang juga!

Jika laptop dalam kondisi terbuka, jangan coba-coba untuk menutupnya kecuali kamu tidak punya cara untuk membawanya dan jika sudah tertutup, jangan coba-coba untuk membukanya.

Apabila kamu membuka dan menutup laptop dengan kondisi engsel yang rusak, maka dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada bagian laptop lain dan bahkan mungkin merusak sesuatu yang tidak rusak sebelumnya.

2. Segera bawa ke teknisi

via Jake Billing

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membawanya ke teknisi dan kamu perlu mengevaluasi kerusakan dengan teliti — apakah merembet ke yang lain, seperti sambungan layar misalnya.

Seperti yang WinPoin katakan di langkah sebelumnya, jangan pernah mencoba membuka/menutupnya tanpa bantuan teknisi kecuali benar-benar diperlukan — misalkan untuk membawanya ke tempat service. Jika kamu perlu melakukannya, pastikan untuk sangat berhati-hati.

Mungkin kita akan tergoda untuk terus menggunakannya selama tidak ada masalah dan berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, perlu diingat jika kerusakan akan memburuk seiring berjalannya waktu dan akhirnya memengaruhi fungsionalitas layar — sesuatu yang mungkin tidak kamu inginkan tentunya.  Maka dari itu, pada masalah kali ini kamu perlu saran dari teknisi.

Setelah itu, teknisi akan membongkar laptop kamu dan menilai kerusakannya, serta memberi tahu kamu seberapa layak perbaikannya.

3. Pastikan perbaikannya layak dan terjangkau

Sekarang setelah kamu memiliki pendapat dari seorang teknisi, kamu seharusnya dapat melihat apakah perbaikan dapat dilakukan. Harga rata-rata untuk memperbaiki engsel laptop yang rusak ada dikisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah — tergantung pada usia, kerumitan engsel, kabel internal, dan banyak lagi faktor lainnya.

Meskipun laptop masih dapat bekerja dengan kondisi engsel yang rusak, akan tetapi jauh lebih nyaman untuk memperbaikinya terlebih dahulu dan menggunakannya secara normal. Jika memang pada akhirnya tidak bisa diperbaiki, jangan coba-coba melakukannya di rumah hanya dengan mengandalkan lem super, WinPoin jamin itu tidaklah sepadan dan malah akan menimbulkan lebih banyak masalah daripada solusi.

Yang jadi pertanyaan sekarang, gimana saya menggunakan laptop dengan kondisi tersebut?

Bagaimana kamu menggunakan laptop sekarang ini akan tergantung pada seberapa rusak laptop tersebut. Jika laptop dapat dibuka dan semuanya baik-baik saja (selain engselnya), mungkin kamu dapat meletakkannya di atas meja dan memberinya tempat permanen atau semi-permanen — tambahkan monitor eksternal jika bisa agar lebih aman, karena terkadang kita menginginkan perubahan pada posisi layar.

Jika memiliki baterai yang dapat dilepas, mungkin kamu bisa melepasnya — meletakkannya di tempat permanen berarti kamu harus menghubungkannya dengan daya selama 24/7 dan itu bisa sangat merusak masa pakai baterai laptop.

Perlu diingat, kalau disini WinPoin cuma menyarankan — pilihan terbaik dikembalikan ke tangan kamu. Jadi, pastikan kamu sudah tahu resiko yang akan kamu ambil.

Semoga bermanfaat 😁

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.