Dalam beberapa artikel lalu, seperti pada Aplikasi Favorit Saya Selama Tahun 2020 dan 2021 saya pernah mengutip mengenai apliaksi Notes Favorit saya, dimana dalam dua tahun tersebut saya pernah menggunakan Simple Notes dan juga Evernote yang memang menurut saya salah satu aplikasi terbaik untuk menulis catatan.

Nah mengenai hal tersebut, saya cukup tertarik untuk membahas mengenai Empat Aplikasi Notes Rekomendasi Yang Biasa Saya Gunakan, dan mungkin ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat juga untuk kamu yang memang membutuhkan aplikasi Notes yang simple, cepat dan tersingkronisasi dengan semua perangkat yang kamu gunakan.

Oke langsung saja berikut adalah Empat Aplikasi Catatan Rekomendasi Yang Biasa Saya Gunakan

OneNote

Aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang dapat kamu download melalui halaman Microsoft Store (untuk Windows 10 dan Windows 11), juga tersedia versi Mobile-nya di Google Play Store dan App Store untuk iOS.

Untuk review yang lebih medalam mengenai OneNote, dulu sempat saya tulis di Blog saya pada halaman berikut.

Namun secara umum, OneNote itu gratis dan tersinkronisasi dengan akun Microsoft kamu, juga tersinkronisasi dengan layanan Microsoft lainnya, sehingga meski tanpa adanya aplikasi OneNote yang terinstall, kamu masih bisa mengakses dan menggunakan OneNote secara online melalui halaman Microsoft Office Online.

Untuk menu nya sendiri, OneNote itu Simple dan Minimalis, dimana bagian Sidebarnya tidak seberantakan Evernote jika harus saya katakan, dan selain itu batasan Storagenya termasuk besar, yaitu 5 GB Default yang terhubung juga dengan OneDrive, sehingga kamu bisa dengan bebas mencatat apapun di OneNote.

Kekurangannya, aplikasi ini tidak tersedia secara native di Linux jadi terpaksa saya menginggalkan aplikasi ini.

Link : https://www.onenote.com/

Evernote

Selain OneNote dari Microsoft, saya juga pernah menggunakan Evernote, dan jujur saja layanan ini cukup bermanfaat juga untuk saya gunakan mencatat hal hal penting harian saya.

Dari segi fitur, antara OneNote dan Evernote tidak jauh berbeda, namun bagi saya Evernote justru berjalan lebih cepat dibandingkan OneNote, hanya saja kekurangannya cuma satu, versi Free dari OneNote memiliki banyak batasan, salah satunya adalah batasan jumlah Storage termasuk batasan jumlah upload dan harga upgrade ke premium yang cukup mahal bagi saya.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang simpel dan cepat, Evernote mungkin menjadi solusi yang dapat kamu coba, dengan catatan kamu tidak mementingkan kekurangan yang telah saya katakan sebelumnya.

Link : https://evernote.com/

Simple Note

Nah selain OneNote dan Evernote, aplikasi lain yang cukup lama menemani saya adalah Simple note, dimana aplikasi ini adalah aplikasi Open Source dan bukan hanya tersedia di Windows, Mac, Android dan iOS saja, melainkan juga tersedia di Linux.

Selain itu aplikasi ini juga gratis dan tidak memiliki batasan seperti di Evernote, jadi menurut saya ini adalah aplikasi Notes terbaik yang dapat kamu coba. Mengenai aplikasi Simple Note, kebetulan saya juga pernah menuliskan artikel Reviewnya pada halaman Blog saya, yang mana bisa kamu baca pada halaman berikut.

Sejujurnya aplikasi ini cukup baik untuk saya gunakan, dan cukup lama juga saya gunakan karena memang semua kebutuhan saya dalam hal catat mencatat semuanya terpenuhi oleh aplikasi ini, namun tentu ada sejumlah kekurangan dari aplikasi ini, salah satunya adalah tidak mendukung upload gambar seperti di Evernote dan OneNote, juga dukungan Heading yang kurang maksimal menjadikan catatan yang saya tulis di Simple note kurang maksimal.

Tetapi karena saya pengguna Linux juga, aplikasi ini tetap saya pertahankan dan saya install di Linux, Windows dan iOS yang saya gunakan sekarang.

Link : https://simplenote.com/

Notion

Nah aplikasi ini adalah aplikasi Notes baru yang juga saya baru tahu nih, dimana baru hampir 1 bulanan ini baru saya coba, dan sejujurnya tiga aplikasi Notes diatas jadi tampak biasa aja setelah mengenal aplikasi Notion.

Aplikasi Notion sendiri tersedia di Desktop baik Windows, Mac dan Linux via Snap Store, juga tersedia di Android dan iOS, dimana dengan dukungan yang lengkap ini maka nilai Notion dimata saya berhasil mengalahkan simple note.

Selain itu tidak ada batasan upload seperti Evernote dan tampilannya lebih menarik dibandingkan OneNote menambah kesan positif saya setelah menggunakan aplikasi ini, kecuali memang untuk upload file diatas 5 Mb masih dibatasi kecuali kamu upgrade dari Notion gratis ke Pro. Untuk informasi lengkap mengenai fitur Notion akan saya tulis pada artikel berikutnya ya, namun kamu bisa cek pricelist dari Notion berikut untuk spoiler fitur dan batasannya apa saja.

Untuk fitur, Notion menurut saya memiliki fitur paling lengkap dari semua aplikasi Notes yang pernah saya coba, mulai dari sync, bulk export, collaborations, templates, dan fitur lainnya menjadikan aplikasi ini paling mantap yang pernah saya coba.

Nah kamu bisa coba saja Notion jika kamu penasaran.

Link : https://www.notion.so/

Nah itulah Empat Aplikasi Catatan Rekomendasi Yang Biasa Saya Gunakan, dan apakah kamu menggunkan salah satu dari empat tersebut? komen dibawah guys, atau kamu punya rekomendasi lain? komen dibawah.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.