Aplikasi Pendukung Puasa

Sudah beberapa hari berjalan selama bulan Ramadhan. Pasti diantara kamu yang sedang berpuasa sebagai bagian utama ibadah di bulan penuh hikmah bagi umat Muslim tersebut. Untuk kamu yang saat ini sedang menahan lapar, haus, dan hawa nafsu memandangi oshi dan gebetan yang terlihat makin cemerlang lainnya, Winpoin memberikan info tentang aplikasi yang dapat mendukung kamu menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, ‘tugas’ kamu selama bulan puasa ini akan terasa lebih ringan dan tentu saja kehidupan kamu terasa makin cemerlang. Wow!

 

1. Realarm

Aplikasi Pendukung PuasaAplikasi Pendukung Puasa

Apa jadinya jika waktu sahur, sholat, dan buka puasa kamu terlewat gara-gara ketiduran. Jangan khawatir! Kamu bisa memanfaatkan Windows Phone sebagai pengganti jam weker. Realarm adalah aplikasi yang tepat untuk memberi tahu kamu kapan harus bangun ataupun sholat. Penyetelan alarm menggunakan Realarm sangat mudah. Semudah alarm default Windows Phone. Kamu tinggal menekan ikon (+), memilih ringtone untuk alarm, kemudian memilih berapa kali alarm akan dibunyikan. Kamu juga akan mendapatkan beberapa fasilitas lain seperti kalender dan quick alarm. Kalender memungkinkan kamu untuk menyetel alarm untuk jadwal kegiatan beberapa bulan berikutnya.

Aplikasi Pendukung PuasaAplikasi Pendukung Puasa

Quick alarm adalah penyetelan alarm cepat untuk kegiatan yang kamu lakukan dalam waktu singkat. Misalnya, ketika kamu sedang merebus air untuk Indomie yang akan kamu gunakan berbuka puasa. Maka kamu bisa menyetelnya dalam pilihan waktu yang telah ditentukan. Misalnya 15 menit, 20 menit, 30 menit, dan seterusnya. Oh ya, quick alarm akan dapat memulai secara default di waktu yang telah ditetapkan jika kamu memutuskan untuk memasak Indomie selama 30 hari berpuasa. [Oke, jangan lakukan ini. Jangan ragu-ragu meminta bantuan kalau kamu tidak mampu membeli makanan sehat selama sebulan]

Aplikasi Pendukung Puasa

Sayangnya, Realarm memiliki kelemahan. Kamu tidak dapat memasukkan custom alarm ke dalam alarm ini. Tentu saja ini akan sedikit mengganggu jika kamu ingin dibangunkan dengan lagu dari oshi kamu atau mungkin tokoh anime kesayangan yang berseru, “Onii~chan… asa dayo! Ookite kudasai!”

Download Realarm di sini.

 

2. Microsoft Health

Aplikasi Pendukung PuasaAplikasi Pendukung Puasa

Selama bulan puasa, kamu memerlukan informasi kesehatan yang mumpuni sehingga kamu dapat menjaga asupan kamu agar tetap sehat. Microsoft Health menyediakan informasi kesehatan tersebut. Selain itu, jika kamu ingin memantau aktivitas olahraga rutin yang kamu lakukan, atau ingin menjaga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, maka ada fitur khusus untuk itu. Microsoft Health dapat memastikan bahwa tubuh kamu tetap fit dan sehat selama bulan puasa. Kamu harus memilikinya!

Download Microsoft Health di sini.

 

3. Iqro Digital

Aplikasi Pendukung PuasaAplikasi Pendukung Puasa

Untuk kamu yang bersekolah di Madrasah atau sekolah Islam, pasti tidak asing dengan Iqro’. Buku ini adalah tuntunan mudah untuk membaca huruf hijaiyah yang digunakan dalam Al Qur’an. Buku Iqro’ adalah karya dari KH. As’Ad Humam dari Balai Litbang LPTQ Nasional yang diterbitkan oleh Tim Tadarus AMN Yogyakarta. Sistemnya memungkinkan kamu belajar sedikit demi sedikit untuk kemudian menguasai cara baca Al Qur’an.

Jika kamu hingga sekarang merasa belum lancar membaca huruf hijaiyah, maka kapan lagi waktu yang tepat untuk belajar? Bulan puasa ini adalah saatnya! Aplikasi ini cukup sederhana, seperti e-book dengan fasilitas untuk melakukan bookmark, namun cukup untuk menggantikan buku Iqro’ cetak milikmu.

Keistimewaannya? Mungkin kamu tidak akan terlalu malu jika kedapatan baru belajar membaca di usia yang mungkin bukan lagi anak-anak. Memegang ponsel, kamu akan terlihat seperti bermain game atau media sosial. Ini adalah cara belajar dengan gaul! Kamu tidak akan menyesalinya karena jika kamu seorang muslim, banyak tahapan hidup yang memerlukan kamu untuk dapat membaca huruf hijaiyah. Menikah, menghadiri tahlilan dan pengajian adalah sedikit hal di antaranya.

Iqro Digital 1

Iqro Digital 2

Iqro Digital 3

Iqro Digital 4

Iqro Digital 5

Iqro Digital 6

 

4. Al Quran

Aplikasi Pendukung PuasaAplikasi Pendukung Puasa

Salah satu ibadah yang paling utama di bulan Ramadhan adalah membaca Al Qur’an.  Banyak aplikasi di Windows Phone yang menawarkan Al Qur’an digital. Namun salah satu yang paling lengkap adalah Al Quran. Selain menyediakan versi buku secara lengkap beserta terjemahannya (dalam bahasa Inggris), Al Quran juga menawarkan rekaman bacaan berdasarkan Qori’ (pembaca Al Qur’an) yang kamu sukai.

Aplikasi Pendukung PuasaAplikasi Pendukung Puasa

Rekaman ini bisa kamu dengarkan secara streaming, namun jika kamu ingin menghemat koneksi internet kamu, maka kamu dapat mengunduh rekamannya dan menyimpannya secara offline (cache). Jika kamu melakukan hal ini, maka setidaknya kamu memerlukan ruang penyimpanan sebesar 1,2 GB untuk mp3 128 kbps. Tentu saja ini bukan masalah kan, jika kamu memang memutuskan untuk fokus beribadah. Jadi selain membacanya sendiri, di waktu senggang kamu dapat mendengarkan bacaan Al Qur’an yang mungkin menginspirasi kamu untuk melakukan kebaikan tertentu nantinya.

Download Al Quran di sini.

 

Itulah 4 aplikasi yang akan mendukung puasa kamu selama bulan Ramadhan. Punya aplikasi lain yang selalu kamu gunakan untuk mendukungmu di bulan puasa? Sumbangkan di kolom komentar berikut ini!

Dengan dukungan Windows Phone kamu, bulan puasa kali ini akan terasa makin penuh hikmah dan diberikan banyak kemudahan. Oke, selamat berpuasa semuanya ya.

Haruka

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.