Home Editorial 4 Hal yang Seharusnya Segera Kamu Lakukan Pada Komputer Barumu

4 Hal yang Seharusnya Segera Kamu Lakukan Pada Komputer Barumu

4 Hal yang Segera Kamu Lakukan Pada Komputer Baru

Punya komputer baru? Ciee… Selamat, ya!. Laptop Windows 10? Komputer desktop? atau bahkan Surface Book?. Tidak peduli apapun jenis komputermu, yang terpenting adalah ini nih, empat hal yang sebaiknya segera kamu lakukan pada komputer barumu dengan OS Windows 10. Apa sih empat hal tersebut? Yuk, cek disini!

 

Segera Install Antimalware

4 Hal yang Seharusnya Segera Kamu Lakukan Pada Komputer Barumu

Malware atau virus, mbak? Sebenarnya virus itu adalah malware. Bedanya, malware itu software komputer yang dibuat oleh orang dengan tujuan jahat yang dapat mengubah data, menghabiskan bandwith dan hal yang merugikan lainnya. Sedangkan, virus itu merupakan malware yang tidak bisa aktif kalau tidak ada yang mengaktifkannya. Biasanya, user sendirilah yang mengaktifkan virus karena kurang hati-hati dalam mengakses konten tertentu hingga komputer bisa terinfeksi.

Siapa sih orang yang mau komputernya terinfeksi malware? Oleh karena itu, segera install antimalware jika di komputer barumu belum terinstall.

Namun, Windows 10 menawarkan fitur built-in yang menarik untuk menendang jauh malware yaitu Windows Defender. Di fitur tersebut, tentunya windows kamu akan lebih aman dan kamu bisa scanning Windows secara rutin. Belum tau caranya? Kamu bisa baca Cara Scan Windows Secara Rutin dengan Windows Defender

 

Selalu Update Windows

4 Hal yang Seharusnya Segera Kamu Lakukan Pada Komputer Barumu

Windows akan memberikan update berkala untuk meningkatkan performa dan tentunya security buat pengguna setianya. Untuk memeriksanya, cukup klik Start > pilih Settings > Update & Security > Windows Update dan pilih Check for update. Jika Windows kamu sudah up to date, maka kamu memiliki semua pembaruan yang saat ini tersedia.

 

 

Sign Up untuk Layanan Backup Online

4 Hal yang Seharusnya Segera Kamu Lakukan Pada Komputer Barumu

Hubung ke internet, lalu log in atau jika belum mempunyai akun, akmu bisa sign up layanan backup online. Kamu bisa pilih OneDrive, Google Drive, Dropbox, dll untuk menyimpan data-data berhargamu. Online backup adalah pilihan terbaik untuk mengamankan data kamu. Disaat data kamu hilang atau tak sengaja di hapus, kamu bisa mengakses data yang kamu punyai secara online. Atau kamu juga bisa backup data secara offline. Gimana caranya? Berikut Panduan Lengkap Backup Data di PC Kamu

 

Uninstall Program yang Tidak Diinginkan

4 Hal yang Seharusnya Segera Kamu Lakukan Pada Komputer Barumu

Ketika kamu mendapatkan komputer baru, biasanya toko juga sudah menginstall aplikasi bawaan atau aplikasi yang extra banyak. Kamu bisa mencopot program yang tidak kamu perlukan, misalnya aplikasi untuk memainkan media. Si toko telah menginstall banyak sekali pemutar media misal WMV, GOM, KMP Player, Media Player Classic, VLC, dll. Jadi boros ruang, bukan?

Langsung buka Control Panel dan hapus program-program tersebut. Atau kamu juga bisa menggunakan tool dari pihak ketiga. Yang terpenting, segera bebaskan hard drive mu dari beban yang berat, ya?

Buat pemilik komputer baru, jangan lupa untuk segera melakukan 4 hal diatas, ya? Karena adalah hal yang terpenting jika Windows barumu akan bekerja maksimal untuk memudahkan aktivitas kamu. Dan untuk para pemilik komputer lawas, hehe, bisa membagikan pengalamannya di kolom komentar tentang hal apa yang seharusnya segera dilakukan pada komputer baru.

Btw, selamat mencoba dan semoga langgeng dengan komputernya, ya? :)

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

“You can if you think you can” | Computer Science Student